Perjalanan Menyentuh Tuhan

Mahardi Eka Putra | 03 Oktober 2014, 13:01 WIB
Perjalanan Menyentuh Tuhan
KapanLagi.com - Oleh: Abbas Aditya

Mada (Abimana Aryasatya) melakukan pemberontakan terhadap Tuhan. Ia merasa sakit hati atas takdir yang digariskan padanya setelah harus kehilangan ibunya, kini ia juga kehilangan cinta dari seorang wanita yang diharap menjadi ibu dari anak-anaknya kelak.

Sikap tersebut membawa Mada meninggalkan Indonesia. Ia ingin menjauh dari kenangan-kenangan hidupnya yang lama, juga perintah Tuhan.

Namun semakin jauh kaki Mada melangkah, ia dipertemukan pada banyak hal tentang betapa Tuhan tak pernah meninggalkannya dan tetap menuntunnya. Berhasilkah Mada merasakan sentuhan Tuhan lewat orang-orang yang kemudian hadir dalam perjalanan?

Lewat perjalanan ke sembilan negara, Mada berusaha menemukan Tuhan.Lewat perjalanan ke sembilan negara, Mada berusaha menemukan Tuhan.

HAJI BACKPACKER merupakan proyek ambisius rumah produksi Falcon Pictures yang sukses dengan COMIC 8. Bagaimana tidak ambisius bila selain Indonesia, tepatnya Surabaya, film besutan Danial Rifki ini melakukan proses pengambilan gambar di delapan negara Asia mulai dari Thailand, Vietnam, China, India, Tibet, Nepal, Iran sampai Arab Saudi.

Pemilihan negara tersebut tidak sia-sia karena sangat bersinergi dengan jalan cerita di mana Mada yang diperankan oleh Abimana melakukan pencarian Tuhan mulai dari Thailand sampai Arab Saudi lewat perjalanan darat dan laut.

Sebagai sutradara sekaligus menulis naskah bersama Jujur Prananto, Danial Rifki berhasil menyajikan film ini dengan sangat cantik dan bernas. Baik dari segi gambar, tone warna, pemilihan lokasi sampai alur maju mundur yang digunakan (karena akan terasa datar bila memakai alur maju).

Begitu pula dengan para pemain yang berhasil mencuri perhatian di setiap penampilan mereka. Terutama Abimana selaku pemain utama dan Laura Basuki dengan gestur dan vokal yang sangat meyakinkan sebagai gadis asal China.

Pesan yang ingin disampaikan kepada penonton sangat lembut. Tidak menggurui namun berhasil mengena kepada masing-masing individu secara tepat dan seketika membuat hati menjadi hangat dan basah bahwa: Tuhan tak akan meninggalkan kita.

Satu lagi film Indonesia yang layak diapresiasi. Memang terkesan mengikuti tren road movie yang tengah marak digarap sineas lokal belakangan ini, tapi HAJI BACKPACKER mampu mencuri dengan caranya yang santun untuk menyentuh hatimu. 



(kpl/abs/dka)

Editor:  

Mahardi Eka Putra

BERI KOMENTAR▼
Komentar
↑