[Review] '9 SUMMERS 10 AUTUMNS', Mimpi Dari Kota Apel

Adi Abbas Nugroho | 26 April 2013, 19:11 WIB
[Review] '9 SUMMERS 10 AUTUMNS', Mimpi Dari Kota Apel

KapanLagi.com - Oleh: Adi Abbas Nugroho

Tak ada yang salah dalam memiliki mimpi. Karena dari mimpi itulah seseorang mempunyai semangat untuk hidup dan meraihnya. Kira-kira seperti itu gambaran film terbaru arahan Ifa Isfansyah bertajuk 9 SUMMERS 10 AUTUMNS.

Film yang diadaptasi dari buku berjudul sama karya Iwan Setyawan ini berkisah tentang Iwan (Ihsan Tarore) yang dengan tekad sekuat baja, berhasil menaklukan mimpi-mimpi kecilnya.

Namun mewujudkan mimpi tersebut tak semudah memejamkan mata. Karena Iwan harus berjibaku dengan kehidupan keluarganya yang serba kekurangan.

Biasanya, jika film diadaptasi dari buku populer ada kencenderungan untuk membandingkan. Meski hematnya, buku dan film adalah media yang berbeda.

Namun di tangan Ifa dan lini penulisan naskah yang melibatkan Iwan Setyawan serta Fajar Nugros, film ini terasa pas sesuai bayangan. Materi yang ada dalam buku secara utuh tercakup. Bahkan, ada beberapa sempalan yang memberi warna tersendiri.

Ifa berhasil memperlakukan 9 SUMMERS 10 AUTUMNS dengan hati. Lihat saja dari caranya meng-handle para pemain utama seperti Dewi Irawan, Alex Komang dan Ihsan Tarore. Hingga beberapa nama pemeran pembantu yang meski peranan cukup kecil tapi dihadirkan dengan berkesan.

Tak lupa kolaborasi sutradara peraih Piala FFI 2011 berkat SANG PENARI tersebut dengan sinematografer Gandang Warah yang mampu meng-capture keindahan Batu, Bogor dan New York, serta detail-detail kecil dengan cara begitu indah.

Sayang, pace yang sedikit lambat cukup menjadi kekurangan tersendiri. Beruntung berkat kerja keras tim, kekurangan tersebut mampu tertutupi dengan baik. Ifa sukses membawa penonton ke dunia Iwan secara fasih. Dari mimpi kecil di kota Apel hingga berhasil meraih segalanya setelah menjadi direktur di New York. Serta kehangatan keluarga yang membuat hati tersentuh.

(kpl/abs)

Editor:  

Adi Abbas Nugroho

BERI KOMENTAR▼
Komentar
Latest
↑