Teror Hantu Toilet Dari Sekolah

Mahardi Eka Putra | 23 Mei 2014, 11:31 WIB
Teror Hantu Toilet Dari Sekolah
KapanLagi.com - Oleh: Abbas Aditya

Hanya berjarak satu minggu setelah perilisan film garapannya 17 TAHUN KE ATAS, sutradara produktif yang dimiliki Indonesia, Nayato Fio Nuala, merilis film terbarunya. Bila sebelumnya bergenre drama, garapan kedua di bulan Mei ini mengambil tema horor yang diadaptasi berdasarkan kumpulan cerpen berjudul AFTER SCHOOL HORROR karangan Nana R Praptini.

Namun Nayato yang juga bertindak sebagai produser hanya menyukai gagasan dari judul buku terbitan bulan Mei 2013 tersebut. Karena jika ditilik dari source-nya, tidak ada kemiripan atau pengembangan delapan kisah pendek yang tersaji.

Sebuah SMA mengadakan rangkaian jerit malam untuk calon pengurus OSIS yang baru. Pada akhir acara, sebagai pengurus OSIS lama, Rino (Maxime Bouttier) serta pasangan kekasih Andi (Chris Laurent) dan  Vina (Pamela Bowie) menantang salah satu peserta untuk membuka pintu toilet yang sudah lama ditutup dan terkenal angker.

Akhirnya terpilih Sinta (Indah Permatasari), junior yang terpaksa menuruti permintaan konyol itu. Namun efek dari dibukanya pintu tersebut rupanya sangat fatal, karena Rino, Andi, Vina, Sinta dan kakaknya, Arum (Marissa Nasution), mengalami teror dari wanita berbaju pengantin. Siapa wanita tersebut dan apa hubungannya dengan pintu toilet yang terbuka?

AFTER SCHOOL HORROR digarap dengan gaya pencahayaan khas Nayato Fio Nuala. AFTER SCHOOL HORROR digarap dengan gaya pencahayaan khas Nayato Fio Nuala.

Klise? Ya, memang. Karena bukan sekali ini Nayato membesut horor dengan setting sekolah berhantu. Dan penggarapannya pun masih sama dengan horor-horor sebelumnya.

Jika sudah terbiasa menonton film arahan Nayato, tentu kamu akan menjumpai formula repetitif seperti: para pemain yang menoleh ke kiri dan ke kanan saat berjalan atau akan masuk ke suatu tempat, kaca berembun, dihantui dalam mimpi, serta karakter muda-mudi tanpa background jelas.

Padahal jika mau sedikit berinovasi, Nayato dan krunya bisa saja menyajikan hal berbeda. Namun apa daya, ia masih suka dengan ritme seperti ini. Maka, selamat menyaksikan fitur horor dengan tingkat narsis hantu berlebihan yang sudah ada sejak sutradara dengan banyak alter ego ini debut lewat horor berjudul THE SOUL.

(kpl/abs/dka)

Editor:  

Mahardi Eka Putra

BERI KOMENTAR▼
Komentar
↑