Fira Basuki

Fira Basuki lahir di Surabaya, pada 1972 dengan nama lengkap Dwifira Maharani Basuki.Selepas SMA, ia melanjutkan pendidikan jurnalistik di Pittsburgh State University, Amerika Serikat dan mengambil gelar master di Wichita State University. Saat ini ia menjabat sebagai pemimpin redaksi di majalah Cosmopolitan.

25 November 2011 Fira menikah dengan Hafez Agung Baskoro. Hampir empat bulan menikah, Pada tanggal 16 Maret 2012 sang suami meninggal karena gangguan pembuluh darah. Bulan Agustus 2012, Fira melahirkan putri cantik bernama Kiad Sastra Baskoro.

Sebelumnya Fira pernah menikah dengan Palden Tenzing Galang, seorang produser dari Singapura namun bercerai pada tahun 2004. Dari pernikahan ini Fira dikaruniai seorang putri bernama Syaza Calibria Galang.

KARIR
Fira menaruh minat pada bidang sastra sejak usia sekolah dasar. Saat itu ia sudah rajin menulis puisi dan rajin merangkai kata-kata di buku pelajarannya. Kebiasaan susah tidur siang yang dimilikinya membuatnya mengisi waktu dengan menulis. Karya pertamanya yang dimuat dalam majalah HAI adalah sebuah cerpen berjudul Andri, Kamu Nyentrik Deh pada tahun 1986.

 

Minatnya terhadap sastra dan jurnalistik tidak luntur ketika SMA. Saat itu Fira sering menjuarai lomba menulis yang pernah diselenggarakakan oleh majalah Tempo dan GADIS.

 

Lulus SMA, ia melanjutkan kuliahnya di Amerika Serikat. Selama kuliah, ia juga bekerja sebagai kontributor majalah Kanza milik Pittsburg State University dan Morning Sun. Selain itu, ia juga pernah menjadi pembawa acara pada CAP-3 TV di Kansas. Setelah kuliahnya selesai, ia kembali ke Indonesia dan memulai karirnya sebagai reporter di majalah Dewi.

 

Tahun 2001, Fira mulai aktif menulis novel. Novel pertamanya berjudul JENDELA-JENDELA yang bercerita tentang liku-liku permasalahan suami istri dalam rumah tangga. Novel tersebut meraih sukses di pasaran dan dibuat seri lanjutannya berjudul PINTU (2002) dan ATAP(2003).

 

Fira terbilang produktif dalam urusan karya. Sampai tahun 2012, ia telah merilis lebih dari 20 judul buku. Di antara semua buku tulisannya, ia juga pernah berduet menulis bersama Wimar Witoelar dalam buku berjudul WIMAR WITEOLAR: "HELL, YEAH!". Fira juga mengajak anaknya, Syaza untuk menulis buku bertema anak-anak berjudul MANDY & MAMI. Buku ini telah dirilis dalam 3 seri yang berjudul MANDY & MAMI: NAMAKU MANDY, AKU SAYANG MAMI, MANDY & MAMI: IYUT YANG LUCU, dan MANDY & MAMI: SEKOLAH BARUKU.
 

BIBLIOGRAFI
JENDELA-JENDELA
PINTU
ATAP
BIRU
BROWNIES
ROJAK
MANDY & MAMI: NAMAKU MANDY, AKU SAYANG MAMI
MANDY & MAMI: IYUT YANG LUCU
MANDY & MAMI: SEKOLAH BARUKU
ASTRAL ASTRIA
PARIS PANDORA
MS.B: COOL CUCUMBER
MS.B: JANGAN MATI
MS.B: JADI MAMI
MS.B: WILL U MARRY ME
MS.B: PANGGIL AKU B
PEREMPUAN HUJAN
CINTA DALAM SEPOTONG ROTI
WIMAR WITEOLAR: "HELL, YEAH!"
ALAMAK
KAPITAN PEDANG PANJANG
140 KARAKTER

 

 

Lebih Lengkap