PENGABDI SETAN Wajib Masuk Daftar Nontonmu, Ini Alasannya

Sabtu, 30 September 2017 17:31
PENGABDI SETAN Wajib Masuk Daftar Nontonmu, Ini Alasannya

Reboot Film Terseram di Jamannya 'Pengabdi Setan' adalah film horor Indonesia yang diproduksi tahun 1980, sedikit lebih tua daripada film horor Susanna. Berbeda dengan film horor Indonesia lainnya yang sering menyelipkan adegan komedi seperti pada film Malam Satu Suro dan Sundel Bolong, film ini justru digarap dengan atmosfer lebih serius dan mencekam. Pengabdi Setan adalah film horor Indonesia yang bisa disebut legendaris. Film ini menjadi tolak ukur ketakutan masyarakat pada jaman dulu tentang pintu yang terbuka dan tertutup sendiri, hantu wanita yang tiba-tiba muncul di kamar mandi sampai mayat berkafan yang tergeletak di lantai.

Pengabdi Setan merupakan film horor arahan sutradara Joko Anwar yang sedang tayang di penghujung bulan September. Diperankan Tara Basro, Bront Palarae, Dimas Aditya, dan Ayu Laksmi, film horor ini akan menghadirkan kengerian yang tidak kalah seperti versi klasiknya di tahun 1980-an. Buat kamu yang masih ragu untuk nonton, nih ada beberapa fakta mengapa Pengabdi Setan layak masuk watch-list kamu.

Reboot Film Terseram di Jamannya
'Pengabdi Setan' adalah film horor Indonesia yang diproduksi tahun 1980, sedikit lebih tua daripada film horor Susanna. Berbeda dengan film horor Indonesia lainnya yang sering menyelipkan adegan komedi seperti pada film Malam Satu Suro dan Sundel Bolong, film ini justru digarap dengan atmosfer lebih serius dan mencekam. Pengabdi Setan adalah film horor Indonesia yang bisa disebut legendaris. Film ini menjadi tolak ukur ketakutan masyarakat pada jaman dulu tentang pintu yang terbuka dan tertutup sendiri, hantu wanita yang tiba-tiba muncul di kamar mandi sampai mayat berkafan yang tergeletak di lantai.
Film Yang Dibuat Tanpa Efek CGI
Karena ingin dibuat serealistis mungkin, alih-alih menggunakan efek komputer, Sutradara A Copy of My Mind ini justru menyiapkan practical effect yang lebih 'organik'. Hal ini membuat horor yang ditampilkan terasa begitu nyata. Bahkan, test riasan wajah pun dilakukan selama berminggu-minggu untuk menyempurnakan penampilan para makhluk halus.
Tidak Melulu Mengandalkan Jumpscare
Pengabdi Setan membangun cerita melalui plot dan karakter. Tak seperti film horor lain yang mengandalkan adegan seram melalui kemunculan hantu yang tiba-tiba disertai sound effect mengejutkan, Joko justru membuat atmosfer yang tidak nyaman untuk penontonnya. Rasa takut justru akan pelan-pelan masuk ke kulit, membuat kurang nyaman dan kepikiran terus menerus. Hii..
Lokasi Syuting Yang Mumpuni
Butuh waktu yang cukup lama mendapatkan rumah yang tepat untuk digunakan sebagai setting film ini. Rumah pun perlu direnovasi karena tidak layak huni, mulai dari lantai rumah yang jebol hingga banyaknya sarang burung dan kelelawar. Rumah ini sempat direnovasi oleh tim produksi dengan menambahkan sumur buatan. Lokasi syuting sendiri dilakukan di daerah Pengalengan, Jakarta, dan Sentul selama 18 hari dengan persiapan 2 bulan.
Pemain Utamanya: Tara Basro
Siapa yang tidak kenal Tara Basro? Artis berparas cantik ini sudah tak bisa diremehkan lagi sepak terjangnya di dunia film. Bahkan, ia sampai menyabet penghargaan pemeran utama wanita terbaik FFI 2015. So, bisa dibayangkan dong totalitas aktingnya seperti apa?