FOTO: Curhat Dorce Mengenai Isu Transgender dan Masa Lalu

Sabtu, 21 April 2018 12:02
FOTO: Curhat Dorce Mengenai Isu Transgender dan Masa Lalu

Setibanya kami di tempat yang dijanjikan, Bunda Dorce langsung menyambut dengan senyuman manis di bibirnya. Beliau tampak anggun nan santun dalam balutan hijabnya.

Kamis, 5 April 2018, KapanLagi.com® mendapat kesempatan untuk bertemu dan berbincang ringan dengan Dorce Gamalama. Kala itu, kami menemui Bunda Dorce yang tengah menjalani perawatan kecantikan di sebuah salon di daerah Cikini. Sambutan hangat dari beliau membuat suasana perbincangan kita semakin akrab dan intim. Banyak sekali topik yang kita kupas habis pada kesempatan itu. Yuk simak foto-fotonya.. (Semua aset termasuk teks, foto dan video dalam konten ini adalah eksklusif milik KapanLagi Youniverse (KLY). Dilarang menggunakan tanpa izin tertulis dari Kapanlagi.com. Menghilangkan sebagian kecil atau besar detail konten merupakan pelanggaran hak cipta yang dilindungi oleh Undang-Undang dan akan kami proses sesuai hukum yang berlaku).

Setibanya kami di tempat yang dijanjikan, Bunda Dorce langsung menyambut dengan senyuman manis di bibirnya. Beliau tampak anggun nan santun dalam balutan hijabnya.
Setelah berkenalan singkat, kami langsung menata kamera dan video, tanda jika perbincangan intim kita akan segera dimulai.
Belum sempat melempar pertanyaan, Bunda Dorce sudah menebak kedatangan kami, yakni bertanya mengenai sosok Lucinta Luna yang tengah ramai jadi bahan perbincangan.
Bunda Dorce sedikit berkomentar mengenai sosok Luna. Tapi bukan itu maksud kedatangan kami. Kami ingin membahas hal lain yang lebih mendalam.
Ya, kita ingin membahas tentang fenoma pergantian jenis kelamin yang masih dianggap tabu oleh mayoritas penduduk Indonesia. Dan Bunda Dorce adalah sosok yang tepat untuk diajak ngorbol, mengingat beliau dulu juga pernah menjalani proses transisi gender.
Bunda Dorce, 55 tahun, sudah hidup dengan tenang dan bahagia bersama ke-4 anak angkatnya. Beliau juga punya 600 anak yatim yang tinggal di yayasan Halimatussa'diyah miliknya.
Namun perjuangan Bunda Dorce hingga sampai titik ini sangatlah panjang, terjal dan penuh lika-liku. Tak jarang sesekali bintang film 'DORCE SOK AKRAB' itu menceritakan bagaimana dirinya dulu dihujat karena keputusan mengganti jenis kelamin.
Dorce akhirnya sudah terbiasa dengan omongan miring publik. Dirinya kini lebih tegar dan kebal terhadap hal-hal negatif yang tak berhubungan dengan kebahagiaannya.
Ada satu kesempatan di mana Bunda Dorce keceplosan jika dirinya kini tengah dekat dengan seorang pria. Sayangnya, beliau enggan membeberkan siapa sosoknya.
Penasaran dengan perbincangan lengkap kami bersama Bunda Dorce? Simakl cerita lengkapnya di SINI.