Perbedaan PENGABDI SETAN Versi 1980 & 2017, Serupa Tapi Tak Sama

Rabu, 11 Oktober 2017 09:35
Perbedaan PENGABDI SETAN Versi 1980 & 2017, Serupa Tapi Tak Sama

Di film Pengabdi Setan tahun 1980, pemeran utamanya bernama Rita, dinarasikan sebagai anak gaul pada masanya yang doyan dugem dan pulang malam. Sedangkan pada versi terbarunya, pemeran utama bernama Rini, seorang gadis yang terpaksa putus kuliah karena terhalang biaya dan menjadi pengganti ibu untuk mengurus kebutuhan adik-adiknya.

Sudah nonton film PENGABDI SETAN? Film yang digadang-gadang jadi film horor terseram tahun ini memang banyak sekali peminatnya. Tak heran kalau hingga detik ini, film tersebut hampir tembus angka 2 juta penonton. Film PENGABDI SETAN memang bukan lagi tontonan generasi millenial, banyak juga generasi ayah ibu kalian yang penasaran sama film ini. Pasalnya, film besutan sutradara Joko Anwar ini memang direboot dari versi lamanya di tahun 1980. Wah, jadi penasaran nih, emang secara garis besar perbedaannya apa aja sih?

Di film Pengabdi Setan tahun 1980, pemeran utamanya bernama Rita, dinarasikan sebagai anak gaul pada masanya yang doyan dugem dan pulang malam. Sedangkan pada versi terbarunya, pemeran utama bernama Rini, seorang gadis yang terpaksa putus kuliah karena terhalang biaya dan menjadi pengganti ibu untuk mengurus kebutuhan adik-adiknya.
Pada film lawasnya, kondisi keluarga Mawarti digambarkan sebagai keluarga yang kaya raya dengan rumah besar, punya mobil serta pembantu. Sedangkan di film terbarunya, mereka terpaksa pindah ke rumah nenek yang terpencil karena rumah mereka sudah digadaikan. Sejak saat itu, mereka harus hidup pas-pasan agar kebutuhan tercukupi.
Dalam film PENGABDI SETAN tahun 1980, Rita memiliki kekasih bernama Herman. Ngga beda jauh dengan Rita, Herman ini ternyata juga doyan dugem bahkan mereka kerap ke diskotik sama-sama, lho. Nah, di filmnya yang baru, Rini didekati oleh anak Pak Ustadz yang bernama Hendra. Selain lemah lembut, ia juga rajin beribadah dan sayang keluarganya, tipe-tipe lelaki idaman gitu deh!
Di filmnya yang lama, teror keluarga diakibatkan oleh kelakukan iblis yang menyamar sebagai pembantu keluarga, Darminah. Sedangkan di film terbarunya, teror datang sejak Ibu meninggal namun sosok Darminah justru tidak ada. Wah, lalu terornya dari siapa dong?
Ada satu sosok yang memiliki kesamaan meskipun beda gender. Sosok nenek di Pengabdi Setan terbaru dan Pak Karto, penjaga kebun, di film lawasnya sama-sama memiliki penyakit asma dan sakit-sakitan. Mereka juga menjadi saksi kunci atas teror yang terjadi di rumah tersebut. Wah, makin penasaran ya?
Seolah turut menggalakkan program Keluarga Berencana, keluarga Mawarti di Pengabdi Setan 1980 hanya memiliki dua anak, Rita dan Tomi. Sedangkan di versi terbarunya, ada empat anak: Rini, Tony, Bondi dan Ian. Psst, kamu harus liat akting si kecil Ian di PENGABDI SETAN terbaru, dijamin bikin gemas!
Karakter ini sama-sama memiliki peran besar yakni sebagai adik laki-laki dari pemeran utama. Namun kalau diperhatikan, sifat mereka jauh banget. Tomi di film PENGABDI SETAN 1980 digambarkan sebagai anak yang suka ngamuk, banting barang, doyan baca primbon, sama berguru ilmu hitam. Sedangkan karakter Tony dibuat lebih lovable, sayang keluarga terutama ibunya, rela motornya dijual buat keluarga, duh.. anak soleh banget deh.