Banyak Dibahas, Ini Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Met Gala

Jum'at, 05 Mei 2017 08:00
Banyak Dibahas, Ini Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Met Gala

1946 merupakan tahun pertama diselenggarakannya Met Gala. Sejak saat itu, acara ini terus berkembang dan berganti kepemimpinan. Saat ini Met Gala diketuai oleh Anna Wintour yang juga merupakan editor-in-chief Vogue. Sejak Anna memimpin, Met Gala lebih banyak mengundah selebritis daripada sebelumnya. Tak heran jika acara ini jadi heboh diperbincangkan.

Senin (1/5) kemarin acara tahunan Met Gala kembali digelar. Acara tersebut berlangsung meriah dan tentu saja dihadiri oleh para pesohor dunia. Mulai dari model, pemain film, penyanyi, atlet, dan desainer semua kumpul meramaikan acara tersebut. Tak heran jika acara tersebut menjadi heboh diperbincangan di seluruh dunia. Hanya saja, masih banyak yang belum tahu benar detail acara yang saat ini diketuai oleh Anna Wintour itu. Tak jarang juga, mereka hanya mengerti bahwa Met Gala merupakan acara penggalangan dana. Well, kalau kamu juga pengin tahu, yuk simak deh fakta-fakta seputar Met Gala ini!

1946 merupakan tahun pertama diselenggarakannya Met Gala. Sejak saat itu, acara ini terus berkembang dan berganti kepemimpinan. Saat ini Met Gala diketuai oleh Anna Wintour yang juga merupakan editor-in-chief Vogue. Sejak Anna memimpin, Met Gala lebih banyak mengundah selebritis daripada sebelumnya. Tak heran jika acara ini jadi heboh diperbincangkan.
Met Gala sendiri merupakan acara penggalangan dana yang digelar untuk membiayai Costume Institute. Hasil dari sumbangan tersebut salah satunya digunakan untuk mendanai pameran yang menampilkan koleksi kostum dan aksesoris dari belahan dunia hasil karya desainer top. Acara ini juga menandai dimulainya pameran tersebut yang biasanya berlangsung hingga Agustus atau September setiap tahunnya.
Setiap tahunnya (sejak 2005), Met Gala berturut-turut diselenggarakan tepat pada hari Senin pertama di bulan Mei. Untuk tahun ini, acara diselenggarakan pada 1 Mei. Untuk lokasinya selalu sama. Yup! Di mana lagi kalau bukan Metropolitan Museum of Art, Costume Institute, New York.
Acara ini menghadirkan tema-tema tertentu yang digunakan acuan para pesohor yang datang mengenakan busana yang tepat. Tahun lalu, tama yang diusung adalah Manus x Machina: Fashion in an Age of Technology. Dan di tahun ini, temanya Rei Kawakubo/Comme des Garçons: Art of the In-Between. Tema ini dipilih untuk menghormati desainer asal Jepang Rei Kawakubo. Itu juga alasan mengapa banyak selebritis yang tampil dengan rambut pendek.
Penggalangan dana di acara ini bukan didapat dari pemberian seikhlasnya, melainkan dari 'jual kursi'. Yup! Para selebritis yang datang harus membayar, untuk tahun ini tiket dihargai US$ 30 ribu (sekitar Rp 400 juta) per kursi atau US$ 275 ribu (sekitar Rp 3 miliar). Tapi, meskipun kalian punya uang sebanyak itu bukan berarti bisa datang seenaknya. Melainkan orang yang sudah dipilih oleh Anna Wintour. Jadi meskipun artis Hollywood pun tak bisa seenaknya datang.
Tapi faktanya, nggak semua artis yang datang di sana membayar sebanyak itu. Ada beberapa desainer top yang membeli satu meja sekaligus dan mengundang beberapa artis secara gratis. Contohnya Joe Jonas, Ashley Graham, & Stella Maxwell dengan outfit H&M. Dengan catatan mereka harus mengenakan hasil rancangan sang desainer. Menariknya, sang desainer pun tak boleh sembarangan memilih artis untuk datang. Artis yang dipilih harus mendapat persetujuan dulu dari Anna Wintour.
Setiap tahunnya, acara ini berhasil mengumpulkan sumbangan dalam jumlah yang fantastis. Tahun lalu misalnya yang mendapatkan US$ 13.5 juta atau sekitar Rp 180 miliar rupiah.
Di tahun lalu, acara ini dihadiri sekitar 600 orang. Namun di tahun ini jumlahnya lebih sedikit. Hal itu sengaja dilakukan untuk menciptakan suasana pesta yang lebih intim. Selain itu, pihak Met Gala juga sudah menerapkan larangan selfie atau menyebarkan foto-foto di dalam gedung selama acara berlangsung agar Met Gala tetap eksklusif. Tapi nyatanya, ada saja yang 'nakal', seperti Kylie Jenner dengan foto selfienya.
Lalu bagaimana susunan acaranya? Setelah melewati red carpet, para tamu undangan akan melewati koleksi kostum dari pameran yang akan diadakan selama beberapa bulan ke depan. Setelah itu mereka akan menuju ke ruangan cocktail party. Di sana mereka bisa relax sejenak. Kemudian acara dilanjutkan dengan dinner.
Selain itu, ada juga sedikit sambutan dan tentunya hiburan. Di tahun ini, Celine Dion jadi penampil. Sedangkan Katy Perry, Gisele Bundcen, Tom Brady, Pharrell William, dan Anna Wintour sendiri menjadi host.