10 Isu yang Terjadi di Dunia K-Pop Sepanjang Tahun 2019: Kasus Hukum, Bunuh Diri, Sampai Idol Pacaran dan Keluar Grup

Jum'at, 10 Januari 2020 19:31
10 Isu yang Terjadi di Dunia K-Pop Sepanjang Tahun 2019: Kasus Hukum, Bunuh Diri, Sampai Idol Pacaran dan Keluar Grup

Skandal Burning Sun - Pertama ada skandal burning sun yang menyeret nama-nama seperti Seungri sampai Jung Joon Young. Disebutkan mereka terlibat dalam sebuah grup chat yang membagikan dan merekam video seksual sampai tindakan pemerkosaan.

Dunia K-Pop memang begitu menarik untuk diikuti. Bukan hanya talenta dari para grup dan solois, berbagai hal yang terjadi juga begitu ramai jadi topik perbincangan. Di tahun 2019 sendiri, banyak isu yang terjadi dan mengundang perhatian fans serta publik. Mulai dari kasus hukum melibatkan bintang K-Pop sampai Idol dikabarkan pacaran. Nah, berikut ini ada deretan isu yang terjadi sepanjang tahun 2019 di dunia K-Pop.

Skandal Burning Sun - Pertama ada skandal burning sun yang menyeret nama-nama seperti Seungri sampai Jung Joon Young. Disebutkan mereka terlibat dalam sebuah grup chat yang membagikan dan merekam video seksual sampai tindakan pemerkosaan.
Produce X 101 - Ajang kompetisi Produce series memang ramai jadi perbincangan di 2019, selain musim terbarunya, ada kabar soal kasus dugaan penyuapan. Hal ini membuat X1 (kini sudah bubar) dan IZONE menghentikan segala aktivitas mereka di dunia hiburan.
SuperM Debut - Selain kontroversi, ada pula beberapa kabar bahagia di 2019. Salah satunya ada sub-unit dari SM Entertainment yakni SuperM yang debut di pasar Amerika. Kehadiran mereka memang disambut meriah oleh para penggemar. Bahkan mereka disebut sebagai Avengers of K-Pop.
Idol Keluar Dari Grup - Tahun 2019 dirasakan oleh fans sebagai tahun yang paling buruk. Pasalnya, ada setidaknya 15 Idol yang memutuskan untuk keluar dari grup dengan berbagai alasan berbeda. Contohnya ada Woojin keluar dari Stray Kids, B.I keluar dari iKON sampai Wonho keluar dari Monsta X.
Idol Hiatus - Selain keluar dari grup, ada beberapa Idol yang juga memutuskan untuk hiatus dan istirahat. Tentunya alasan mereka juga berbeda-beda. Salah satunya ada Mina dari TWICE yang mengalami anxiety dan Kang Daniel mengaku terkena depresi.
Sulli dan Goo Hara - 2019 juga menjadi tahun di mana dunia K-Pop kehilangan dua artis yang penuh bakat. Seperti yang diketahui, Sulli telah meninggal karena tindakan bunuh diri. Sedangkan Goo Hara sendiri ditemukan tak bernyawa di kediaman-nya beberapa bulan setelah Sulli meninggal.
BTS - Yup, di tahun 2019 ini memang banyak grup yang bersinar. Namun yang paling terlihat tentunya BTS. Dengan berbagai prestasi seperti penjualan sampai dapat penghargaan, gaung nama BTS memang semakin keras. Belum lagi mereka kini sudah begitu dikenal di Hollywood.
Grup di Pasar Amerika - Bukan hanya BTS, ada banyak grup yang melebarkan sayap mereka ke pasar Amerika. Salah satunya ada BLACKPINK yang juga menunjukkan prestasi istimewa mereka sendiri. Salah satunya adalah menjadi grup K-Pop pertama yang tampil di acara musik bergengsi yakni Coachella.
Idol Pacaran - Tentunya dunia hiburan tak akan menarik tanpa kisah asmara antar selebriti. Di awal tahun 2019, kita disajikan dengan berita pacaran antara Kai EXO dan Jennie. Beberapa bulan kemudian, ada pasangan Jihyo TWICE dan Kang Daniel yang muncul di berbagai media berita.
Kecelakaan Gayo Daejeon - Acara penghargaan SBS Gayo Daejeon 2019 memang belum lama ini menarik perhatian. Pasalnya, ada banyak kecelakaan yang terjadi menimpa beberapa Idol. Paling parah ada Wendy yang jatuh dari panggung saat sedang latihan. Disebutkan kalau ia mengalami patah tulang pinggul dan pergelangan tangan serta luka pada wajah.