Anak Sultan Kaya Fix No Debat, Ini 14 Artis Korea yang SPP Sekolahnya Paling Mahal

Selasa, 27 Juli 2021 07:01
Anak Sultan Kaya Fix No Debat, Ini 14 Artis Korea yang SPP Sekolahnya Paling Mahal

Di peringkat ke-13 ada Winwin WayV/NCT yang menimba ilmu di Beijing Dance Academy semasa sekolah dan kemudian melanjutkan kuliah ke The Central Academy of Drama yang menghasilkan sederet bintang top China. Biaya SPP yang harus dibayar Winwin totalnya mencapai 31,49 won atau sekitar Rp 395,4 juta.

Sederet idol Korea ini bikin tercengang saat terungkap biaya SPP mereka selama sekolah. Mulai dari angka ratusan juta hingga menembus Rp 3,6 miliar, ini 14 bintang Korea dengan biaya SPP paling mahal seperti yang dilansir TMI News. Yuk cek, apakah idolamu masuk jajaran anak-anak sultan ini?

Di peringkat ke-13 ada Winwin WayV/NCT yang menimba ilmu di Beijing Dance Academy semasa sekolah dan kemudian melanjutkan kuliah ke The Central Academy of Drama yang menghasilkan sederet bintang top China. Biaya SPP yang harus dibayar Winwin totalnya mencapai 31,49 won atau sekitar Rp 395,4 juta.
Di posisi ke-12 ada aktor Choi Woo Shik yang sejak SD hingga SMA kemungkinan SPP-nya gratis karena bersekolah di Canada. Ia kemudian melanjutkan kuliah di Simon Fraser University selama satu tahun dan kemudian pindah ke Korea untuk belajar Culture Studies di Chung-Ang University. Kalau ditotal biaya SPP Choi Woo Shik selama kuliah sebesar 45 juta won atau Rp 564,8 juta.
Selanjutnya ada Jake ENHYPEN yang sekolah Australia, sebelum pergi ke Korea ia mengenyam pendidikan di St. Peters Lutheran College, sebuah sekolah yang menempati posisi 10 tertatas. Bicara soal SPP-nya diperkirakan mencapai 51,9 juta won atau Rp 651,5 juta untuk pendidikan setingkat SMP.
Masuk ke peringkat 10 besar, dimulai dari Sieun STAYC yang meski nggak pernah sekolah di luar negeri biaya SPP-nya juga sangat mahal. Jika ditotal sekolah sejak SD hingga SMA, SPP yang harus dibayarkan oleh Seiun mencapai 55,29 juta atau Rp 694,1 juta.
Berlanjut ke Dohyon BAE173 yang meski kedua orangtuanya asli Korea, di lahir dan tumbuh dengan berpindah-pindah negara dari Jepang, Denmark, dan Korea. Dohyun menghabiskan 2 tahun waktu SMP di St. Mary s International School yang terletak di Setagaya, sebuah daerah yang dikenal ditinggali orang-orang kaya. Dohyon kemudian melanjutkan sekolahnya ke Hanlim Arts High School, jika ditotal biaya SPP-nya hingga sekarang mencapai 65,9 juta won atau Rp 827,3 juta.
Di peringkat ke-8 ada G-Dragon yang sudah terbukti kaya dan genius musik sejak kecil. Sekolah di SD elit, SPP GD saat di SD saja mencapai 55 juta won atau Rp. Jika ditotal sejak sekolah SD hingga S2, SPP yang harus dibayar leader Bigbang ini untuk pendidikannya mencapai 85,86 juta won atau Rp 1,08 miliar.
Kwon Hyun Bin menempati posisi ke-7, ia pernah 3 tahun sekolah di Aoba-Japan International School dengan SPP total selama masa pendidikannya sebesar 79,59 juta won atau Rp. Jika ditambahkan dengan SPP kuliahnya, yang yang dikeluarkan Kwon Hyun Bin untuk pendidikan diperkirakan setidaknya 87,49 juta Won atau Rp 1,1 miliar.
Masuk ke peringkat 6 ada Aron NUEST, meski saat SD dan SMP sekolah di sekolah negeri yang gratis biaya di LA, saat SMA ia memilih sekolah elit Loyola High School. Nggak hanya tes masuknya super susah, SPP untuk sekolah di sini juga nggak murah. Selama masa 4 tahun sekolah, biaya total SPP Aron mencapai 99 juta won atau Rp 1,2 miliar.
Masuk ke lima besar biaya SPP termahal idol, ada Jaehyun Golden Child. Saat SD, Jaehyun sekolah di sekolah swasta paling mahal di Korea dengan biaya SPP total selama 6 tahun mencapai 69,42 juta won. Setelah lulus SD, Jaehyun sekolah ke luar negeri dengan biaya minimal 33,5 juta won. Ia kemudian melanjutkan sekolah di Hanlim Arts High School, di mana banyak seleb Korea yang mengenyam pendidikan di sini. Biaya pendaftaran dan SPP selama tiga tahun mencapai 12,9 juta won. Jika ditotal, SPP Jaehyun selama sekolah sebesar 115,82 juta Won atau Rp 1,45 miliar.
Krystal Jung menempati posisi ke-4, di mana karakter Bona yang diperankannya di The Heirs mirip banget dengan kehidupannya saat sekolah. Di usia 10 tahun, Krystal pindah ke Korea dan sekolah di Korea Kent Foreign School. Selama SD - SMP, biaya SPP Krystal totalnya mencapai 122,5 juta Won. Ia kemudian melanjutkan ke Hanlim Arts High School, dan kuliah di Sungkyunkwan University. Jika ditotal SPP untuk pendidikan Krystal mencapai 144,2 juta won atau Rp 1,8 miliar.
Di peringkat ke-3 ada Wendy Red Velvet yang pernah sekolah di Amerika dan Canada. Mengenyam SMP di Shattuck-Saint Mary yang merupakan boarding school, biaya SPP-nya mencapai 184 juta won selama 3 tahun sekolah di sana. Wendy kemudian melanjutkan sekolah di Richmond Hill High School, Canada, dengan SPP 21,40 juta won. Jika ditotal untuk biaya sekolahnya hingga SMA, SPP Wendy mencapai 206,16 juta won atau Rp 2,6 miliar.
Jackson Wang dari GOT7 menempati posisi kedua dengan SPP 234 juta won atau Rp 2,9 miliar untuk kelas 2-12 di The American International School. Ibu Jackson bekerja lebih keras untuk membiayai sekolah sang putra karena jauh lebih mahal dari biaya normal sekolah di Hong Kong. Jackson pun kini membayar perjuangan orangtuanya dengan kesuksesan luar biasa.
Juaranya adalah Ten WayV/NCT sebagai artis Korea dengan SPP sekolah paling mahal. Ten sekolah di Shrewsbury International School, salah satu sekolah termahal di Thailand selama 10 tahun. Jika ditotal, biaya SPP sekolah Ten di sana mencapai 280 juta Won! Jika ditambahkan dengan biaya pendaftaran dan lain-lain, totalnya ada di angka 288 juta won atau Rp 3,6 miliar.
Honorary mention untuk Henry Lau yang menghabiskan masa sekolahnya di Canada, meski sekolah di tempat yang cukup elit Henry tidak perlu membayar SPP karena sekolah Negeri di sana gratis. Saat kuliah, diperkirakan biaya yang harus dibayarkan Henry saat mengenyam pendidikan di Berklee College of Music bisa menghabiskan biaya lebih dari 300 juta won atau sekitar Rp 3,8 miliar. Tapi musisi yang debut di Super Junior-M ini mendapat beasiswa penuh karena bakat geniusnya di dunia musik!