Fakta di Balik Kesuksesan STAYC yang Penuh Dengan Perjanjian Kontrak Bersama Agency Bocorkan Biaya Setiap Comeback

Senin, 25 Oktober 2021 15:00
Fakta di Balik Kesuksesan STAYC yang Penuh Dengan Perjanjian Kontrak Bersama Agency   Bocorkan Biaya Setiap Comeback

Popularitas STAYC sudah semakin meningkat sejak mereka memenangi kategori Next Leader pada The Fact Music Awards 2021 pada 2 Oktober kemarin.

STAYC merupakan girl group jebolan High Up Entertaiment yang mengawali debutnya pada 12 November 2020 dengan merilis album STAR TO A YOUNG CULTURE dengan single utama mereka yang bertajuk So Bad. Nama STAYC sendiri merupakan akronim dari Star To A Young Culture, girl group yang digawangi oleh Sumin, Sieun, Isa, Seeun, Yoon, dan J ini rupanya telah dibanjiri tawaran iklan seperti produk LG, Health Care, hingga make-up dan skincare. Namun, tahukah kamu pada setiap comeback STAYC, High Up Entertainment telah menggelontorkan banyak dana demi keindahan MV mereka. Simak informasinya berikut!

Popularitas STAYC sudah semakin meningkat sejak mereka memenangi kategori Next Leader pada The Fact Music Awards 2021 pada 2 Oktober kemarin.
Satu kali comeback STAYC, High Up Entertainment membiayai hingga lebih dari $1,69 juta USD (atau setara dengan 23 miliar rupiah).
Biaya sebesar itu sudah termasuk biaya MV, kostum, make-up, stylish rambut, biaya koreografer, perawatan badan, kebutuhan sehari-hari, dan masih banyak lagi.
Agar agensi tidak bangkrut dalam setiap comeback STAYC, High Up Entertainment harus mendapatkan keuntungan sebesar $2,54 juta USD (atau setara dengan 36 miliar rupiah).
Setiap member menandatangani kontrak, di mana berisi tentang aturan-aturan para idol saat menjadi trainee hingga debut akan dibiayai oleh agensi. Namun, jika idol grup tersebut tidak dapat mengembalikan uang (dengan keuntungan dari setiap comeback) maka akan dihitung sebagai utang.
CEO High Up Entertainment mengatakan jika STAYC sudah berada dipuncak kejayaan mereka. Di mana para member sudah mendapatkan uang dari kerja keras mereka.
Pihak agensi menegaskan jika mereka tidak memotong habis penghasilan STAYC untuk membayar utang para member, namun mereka mengambil bunga besar dari pendapatan STAYC.
Walaupun memiliki jumlah hutang yang besar, setidaknya para idol telah menyicil hutang mereka sehingga tidak akan menjadi beban jika mereka meninggalkan agensi.