Kronologi Skandal Bintang Top China Zheng Shuang, Diduga Telantarkan Dua Anak yang Lahir dari Surrogate Mother

Jum'at, 22 Januari 2021 10:10
Kronologi Skandal Bintang Top China Zheng Shuang, Diduga Telantarkan Dua Anak yang Lahir dari Surrogate Mother

Nama Zheng Shuang saat ini menjadi pembicaraan netizens di China hingga berbagai negara. Ia diduga menelantarkan dua anaknya yang terancam diambil oleh panti asuhan. Buat yang penasaran, begini kronologi kisahnya.

Zheng Shuang dikenal sebagai salah satu aktris top China. Ia dikenal lewat drama Meteor Shower dan Love 020. Sayangnya kini ia malah dibicarakan karena sebuah skandal yang baru saja terungkap. Zheng Shuang diduga sudah menelantarkan anaknya. Buat yang penasaran, begini klarifikasinya!

Nama Zheng Shuang saat ini menjadi pembicaraan netizens di China hingga berbagai negara. Ia diduga menelantarkan dua anaknya yang terancam diambil oleh panti asuhan. Buat yang penasaran, begini kronologi kisahnya.
Zheng Shuang diketahui pacaran dengan Zhang Heng pada 2013 tapi putus setahun kemudian. Tahun 2018 mereka pacaran lagi dan bersama-sama ke Amerika Serikat. Di sana lah mereka disebut menikah diam-diam.
Zheng Shuang dan Zhang Heng lalu memutuskan punya anak dengan cara menyewa surrogate mother di AS. Jadi benih Zheng Shuang dan Zhang Heng dititipkan pada rahim wanita lain. Mereka bahkan menyewa dua surrogate mother sekaligus. Pembuahan dalam kedua janin itu berbeda 15 hari.
Ketika kehamilan dua surrogate mother memasuki usia 7 bulan, Zheng Shuang dan Zhang Heng memutuskan berpisah. Sejak saat itu, Zheng Shuang tak mau tahu lagi dengan kedua anak yang ada di kandungan surrogate mother. Padahal nama Zheng Shuang terdaftar di buku dokumen.
Kedua bayi itu akhirnya lahir dengan beda jarak 15 hari saja. Zhang Heng pun memutuskan untuk merawat kedua anak tersebut. Karena anak itu lahir di AS lewat surrogate mother, mereka pun punya kewarganegaraan Amerika Serikat. Oleh karena itu, Zhang Heng pun bersedia tinggal di negara itu.
Sayangnya surat izin tinggal Zhang Heng akan berakhir pada Juni 2021. Untuk memperpanjang masa tinggal di AS dan dapat izin merawat dua anaknya yang berkewarganegaraan Amerika Serikat, Zhang Heng perlu tanda tangan Zheng Shuang yang namanya tercatat sebagai ibu di dokumen sah. Tanda tangan Zheng Shuang juga dibutuhkan untuk pembuatan paspor anak-anak.
Sayangnya Zheng Shuang menolak memberikan tanda tangan karena dia sama sekali tidak mau berurusan dengan kedua anak tersebut. Akibatnya, Zhang Heng terancam dideportasi serta anak-anaknya yang tak punya paspor harus diserahkan pada panti sosial atau diadopsi orang lain.
Kasus ini semakin ramai saat rekaman suara antara Zheng Shuang dengan orangtuanya dan orangtua Zhang Heng tersebar di Internet. Rekaman itu terjadi saat Zheng Shuang akan bercerai dengan Zhang Heng.
Dalam rekaman itu, ortu Zheng Shuang menyarankan agar bayi yang dikandung surrogate mother diaborsi saja. Tapi Zheng Shuang bilang kandungan mereka sudah memasuki usia 7 bulan. Ortu Zheng Shuang meminta anak-anak itu diadopsikan saja. Mereka juga minta Zheng Shuang untuk tidak ada urusan dengan anak-anak itu.
Gara-gara skandal ini, Zheng Shuang dihujat penggemar dan kehilangan kontrak iklan. Badan organisasi penting China juga bilang kalah surrogate mother di negara mereka dilarang. Biarpun juga melakukan itu di AS, bukan berarti Zheng Shuang dan Zhang Heng tidak melanggar peraturan.