Deretan Idol K-Pop Ini Terpaksa Harus Bubar Sebelum Tenar

Selasa, 12 Desember 2017 10:31
Deretan Idol K-Pop Ini Terpaksa Harus Bubar Sebelum Tenar

Buat yang suka Boys Before Flowers pasti tahu salah satu soundtracknya yang berjudul 'Paradise'. Ya, OST drama yang satu ini benar-benar booming. Bahkan hingga saat ini soundtrack ini pun masih sering dijadikan background music variety show Korea lho. Meski lagu ini populer, namun ternyata tidak bagi grup yang dibentuk tahun 2007 ini. 3 tahun pasca sukses membawakan soundtrack drama yang dibintangi oleh Lee Min Ho itu, T-Max yang terdiri dari Kim Joon, Shin Min Chul, dan Park Yun Hwan ini sayangnya harus bubar. Tiga personil T-Max ini telah menghabiskan masa training selama kurang lebih 3 tahun sebelum akhirnya debut.

Semenjak tahun 90an, Korea Selatan melahirkan banyak boygroup dan girlgroup. Tercatat tahun 1996 adalah masa dimana grup idola H.O.T yang dibentuk oleh SM Entertainment menjadi booming dan digilai remaja-remaja Korea Selatan. Kepopuleran tersebut kemudian disusul oleh Sech Kies di bawah naungan agensi DSP Entertainment. Kesuksesan grup idola ini akhirnya juga diikuti oleh sederet nama seperti SHINHWA, G.O.D, TVXQ, Super Junior, Girls Generation, KARA, SHINee, sampai EXO, BTS dan Seventeen. Selain mempunyai banyak fans, grup idola ini juga berhasil mendapatkan berbagai penghargaan lewat karya mereka. Lagu mereka juga diketahui banyak orang. Mereka juga selalu menjadi daftar bintang tamu di acara-acara Korea Selatan yang paling ditunggu. Ya, setiap grup idola memang harus dituntut untuk punya banyak talenta. Bahkan mereka harus rela melewati masa training bertahun-tahun sebelum akhirnya bisa menyandang kata 'idola'. Mereka juga harus bersaing bukan hanya dengan senior-senior yang terlebih dahulu debut, namun juga grup idola baru yang juga berjuang agar nama mereka dikenal. Sederetan nama grup idola ini sangat bertalenta, namun sayangnya mereka harus bubar sebelum tenar. Ini juga bisa jadi bukti bahwa betapa susahnya untuk menjadi seorang artis. Siapa saja mereka?

Buat yang suka Boys Before Flowers pasti tahu salah satu soundtracknya yang berjudul 'Paradise'. Ya, OST drama yang satu ini benar-benar booming. Bahkan hingga saat ini soundtrack ini pun masih sering dijadikan background music variety show Korea lho. Meski lagu ini populer, namun ternyata tidak bagi grup yang dibentuk tahun 2007 ini. 3 tahun pasca sukses membawakan soundtrack drama yang dibintangi oleh Lee Min Ho itu, T-Max yang terdiri dari Kim Joon, Shin Min Chul, dan Park Yun Hwan ini sayangnya harus bubar. Tiga personil T-Max ini telah menghabiskan masa training selama kurang lebih 3 tahun sebelum akhirnya debut.
Cukup sulit bagi T-Max untuk bisa dikenal selain lagu yang pernah menjadi nominasi Best OST di Mnet Asian Music Awards di tahun 2009. Meski salah satu personilnya, yaitu Kim Joon juga menjadi populer berkat perannya di Boys Before Flowers, tapi nyatanya tetap tidak membawa T-Max untuk berada di puncak. Belum lagi setelah ditinggal oleh Park Yun Hwa menjalankan wamil, T-Max mencari dua personil pengganti yaitu Park Han Bi dan Joo Chan Yang. Dua personil yang telah training selama kurang lebih 2 tahun ini ternyata tetap tidak membawa nama T-Max semakin memuncak. 
Grup C-Clown menjadi salah satu list idol yang harus bubar sebelum tenar. Grup di bawah naungan agensi Yedang Entertainment debut di tahun 2012 lewat single 'Solo'. C-Clown juga merupakan idol pertama di agensi tersebut.
Rome, leader C-Clown pernah mengungkap pada saat masa training, para member melakukan latihan dance di jam 9 pagi hingga 5 pagi keesokan harinya. Selain dance, para member juga berlatih bernyanyi, akting dan bahasa. Bahkan ada yang mengasah kemampuan menulis lagu. Grup yang terdiri dari 6 member ini sebenarnya pernah menduduki peringkat pertama di Gaon Chart untuk lagu mereka 'Shaking Heart' yang dirilis tahun 2013, namun sayangnya setelah 3 tahun terbentuk, pada 5 Oktober 2015 mereka menyatakan bubar.
Di tahun 2011, Jungle Entertainment membentuk sebuah grup hip hop yang terdiri dari 4 member. Dengan nama M.I.B atau Most Incredible Busters merilis lagu debut mereka yang berjudul Girls, Dreams, Money. Dan disusul dengan rilisan single-single mereka di setiap tahunnya. Namun sayangnya nama M.I.B masih belum bergaung di kalangan penggemar musik di Korea Selatan. M.I.B juga tercatat pernah menjadi artis pembuka di Highlight Festival 2012 bersama dengan Jay Park dan Far East Movement. Disusul dengan penampilannya sebagai artis pembuka di will.i.am's special club di Seoul.
Di tahun 2012, salah satu personil M.I.B bernama Kangnam yang berdarah Jepang-Korea berhasil menarik perhatian warga Korea saat menjadi bintang tamu di acara Korea Happy Together. Dari situ nama Kangnam melejit. Namun sayangnya, kepopuleran pria bernama Jepang Namekawa Yasuo ini tidak membuat grupnya tetap bertahan dan harus bubar di awal tahun 2017.
Salah satu grup yang juga memiliki banyak talenta yaitu Spica. Grup yang dibentuk tahun 2012 ini beranggotakan Kim Boa, Park Sihyun, Park Narae, Yang Jiwon dan Kim Bohyung. Mereka debut dan menunjukkan suara yang luar biasa lewat single Russian Roulette. Beberapa member Spica tercatat juga pernah menjadi kontestan Super Star K. Member bernama Yang Jiwon juga direncanakan akan debut sebagai grup Five Girls bersama Yubin (Wonder Girls), Uee (After School), Hyosung (Secret), G.Na. Bahkan salah satu member bernama Kim Bo Hyung mengungkap bahwa ia pernah menjadi trainee YG Entertainment selama 2 tahun untuk debut bersama 2NE1 namun gagal. Grup ini juga pernah dinominasikan sebagai Best New Female Artist di Mnet Asian Music Awards tahun 2012. Sayangnya, setelah 5 tahun menunjukkan talentanya grup ini harus bubar di awal tahun 2017 lalu.
SPEED dibentuk di tahun 2012 oleh MBK Entertainment. Sebelumnya, grup ini merupakan member laki-laki dari grup Co-Ed School yang memiliki member laki-laki dan perempuan yang terbentuk di tahun 2010. Untuk grup perempuannya sendiri tergabung dalam 5Dolls. SPEED debut lewat lagu Lovey Dovey Plus yang merupakan remake dari senior mereka dari satu agensi yaitu T-ara.
SPEED juga sempat berganti member yaitu Shin Jongkook dan kemudian disusul Yuhwan dan Taeha. Di tahun 2012 grup ini mengeluarkan single It's Over yang diciptakan oleh pencipta lagu populer Korea yaitu Shinsadong Tiger. Lagu ini juga yang membawa mereka memenangkan Cyworld Digital Music Awards untuk kategori Rookie of The Month di tahun 2013.
Pada 2014, SPEED lagi-lagi menunjukkan skill dance-nya lewat lagu Don't Tease Me! dengan konsep circus. Dalam behind the scene yang dirilis, terlihat bagaimana perjuangan mereka berlatih untuk koreografi sampai bisa terlihat sempurna saat penampilan di music show nantinya.
Sayangnya tak lama setelah sang leader Taewoon yang juga kakak kandung Zico member Block B, di tahun 2015 grup ini menyatakan bubar. Adakah salah satunya grup favorit kamu?

Topik Terkait