GI DLE
(G)I-DLE adalah girlband Korea Selatan yang dibentuk oleh Cube Entertainment pada tahun 2018. Awalnya Grup ini terdiri dari enam anggota: Miyeon, Minnie, Soojin, Soyeon, Yuqi, dan Shuhua. Namun di tahun 2021 Soojin memutuskan untuk hengkang dari Girlgroup yang telah membesarkan namanya.

Mereka memulai debut pada 2 Mei 2018 dengan album mini pertama berjudul I AM, (G)I-DLE dijuluki monster rookie tahun 2018 dan telah dianggap sebagai salah satu grup wanita Korea Selatan paling sukses. Sejak debut, grup ini telah merilis enam drama diperpanjang dan delapan single termasuk Latata, Hann (Alone), Senorita, Uh-Oh, Lion, Oh My God, Dumdi Dumdi, dan Hwaa. (G)I-DLE juga menonjol karena keterlibatan langsung dalam musik mereka, dengan pemimpin mereka, Soyeon, dan anggota Minnie dan Yuqi menulis dan ikut memproduksi materi mereka.

Sehubungan dengan rilis album mini ketiga mereka I TRUST pada tahun 2020, grup ini menandatangani kontrak dengan label rekaman Amerika Republic Records untuk mengejar ekspansi ke pasar AS. Setelah dirilis, grup ini mencetak rekor tertinggi untuk grup wanita Korea Selatan di puncak tangga lagu iTunes Album Teratas dan grup wanita keempat yang menjual 100.000 kopi di minggu pertama penjualan. Album tunggal 2020 mereka, dumdi dumdi memecahkan rekor penjualan album tunggal, menjadikannya album tunggal grup wanita terlaris kedua sepanjang masa. (G)I-DLE juga menjadi grup K-pop pertama yang diwawancarai oleh Forbes China. Pada bulan September, grup ini tampil pertama kali di KCON di Thailand.

 

Lebih Lengkap