Gigi Leung
Gigi Leung Wing-kei (lahir 25 Maret 1976) adalah penyanyi Cantopop sekaligus aktris asal Hong Kong. Ketika lahir, dia diberi nama Leung Bik-Zi, namun pada usia 7 tahun namanya diganti menjadi Wing-Kei dengan alasan mistis. Saat itu dia sering menderita penyakit asma, sehingga dengan perubahan nama tersebut, diharapkan kesehatannya akan membaik. Dia juga memiliki saudara kembar bernama Keith Leung

Gigi Leung pernah mengenyam pendidikan di Maryknoll Convent School, Hong Kong Polytechnic, dan School of Design. Sejak duduk di bangku kuliah, bakat akting Leung telah menarik perhatian sutradara film Lee Chi-Ngai sehingga dia ditawari bermain film DOCTOR MACK (1995). Setelah berhasil memerankan dalam film tersebut, karirnya berlanjut ke film selanjutnya FULL THROTTLE (1995). Atas perannya dalam film tersebut, Leung menerima penghargaan dalam Hongkong Film Award 1995 dengan kategori pendatang baru terbaik.

Karir bernyanyinya dimulai pada tahun berikutnya dengan debut album LOVE MYSELF (1996). Sejak itu dia mulai menyanyikan lagu-lagu Kanton dan Mandarin. Selain sebagai penyanyi Cantopon Mandapop, dia juga dikenal sebagai penulis lagu dan penulis lirik. Dia juga menandatangani kontrak dengan Warner Music Hong Kong untuk pembuatan 12 album. Leung telah tampil di beberapa konser besar yang salah satunya berjudul Funny Face pada tahun 2003. Pada tahun 25 Maret 2008 ia menandatangani kontrak baru dengan Big Artiste Manajemen, yang merupakan anak perusahaan Mei Ah Entertainment.

Sejak tahun 1995 hingga sekarang, Leung telah membintangi lebih dari 20 film. Karir film dan bermusiknya mengantarkan pada kesuksesan karir yang menuntun pada berbagai penghargaan. Selain sibuk dalam karir, Gigi juga sangat aktif dalam kegiatan amal. Selain menjabat sebagai duta bagi berbagai badan amal yang berbeda, Leung juga membantu mendirikan 7 sekolah di China, serta membantu anak-anak miskin di China. Karenanya dia mendapat salah satu penghargaan dalam Ten Most Outstanding Youth Award.
Lebih Lengkap