Gong Li
Pertemuan Gong Li dengan sutradara Zhang Yimou dalam pementasan drama di sekolahnya, mejadi awal kesempatan baginya untuk menjadi aktris besar. Bersama Zhang Yimou juga, Li kemudian mendapat pengakuan internasional lewat debut film RED SORGHUM (1987). Dalam film itu, Li memerankan perempuan perkasa yang harus berusaha sekuat mungkin untuk mengambil-alih kekuasaan yang direbut musuh dari suaminya yang telah meninggal. Dan sukses tersebut kemudian diulangnya lewat film TO LIVE (1994).

Gong Li telah bermain dalam banyak film garapan sineas China. film yang dibintanginya di antaranya JU DOU (1990), RAISE THE RED LANTERN (1991) dan film komedi heroik THE STORY OF QIU JU (1992), di mana dalam film tersebut dirinya berperan sebagai petani yang berniat membalas dendam pada prilaku suaminya yang tidak adil. Pada 1993, Li berperan dalam film FAREWALL TO MY CONCUBINE yang kemudian megantarkan dirinya meraih Palme d'Or pada festival Cannes untuk kategori film terbaik.

Film aktris kelahiran Shenyang, 31 Desember 1965 ini yang lain di antaranya SHANGHAI TRIAD (1995) dan bersama aktor Chen Kaige dia juga membintangi TEMPTRESS MOON (1996), film berbahasa Inggris pertamanya CHINESE BOX, PIAO LIANG MA MA (Breaking the Silence, 1999), yang kemudian mengantarkan dirinya masuk dalam daftar nominasi Oscar untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik (2000).

Gong Li semakin berjaya dan menempatkan dirinya sebagai bintang dunia dan menempatkan filmnya THE EMPEROR AND THE ASSASSIN (1999), menjadi film termahal di Asia. Film epik bersetting masa feodal China pada 3 SM itu, menceritakan penguasa pertama di China (Li Xuejian) yang akan membunuh sang penguasa (Zhang Fengyi) dan wanita yang dicintainya, yang diperankan Gong Li.

Pada 2003 Gong Li benar-benar mendunia, dan banyak digaet sutradara dunia. Film ZHOU YU'S TRAIN (2003), THE HAND (2003) dan EROS (2004), digarap Wong Kar Wai, Steven Sodenbergh dan Michelangelo Antonioni yang notabenenya sutradara sekaliber dunia. Gong Li juga bekerja bersama dengan Wong Kar Wai dalam film epik berjudul 2046 (2005), IN THE MOOD FOR LOVE (2001) dan film terkenalnya MEMOIRS OF A GEISHA (2005), yaitu film kontroverisal yang bercerita tentang gadis Jepang miskin yang menerima banyak pendidikan untuk memikat para pria.

Li seperti menjadi cahaya bagi Asia dan menyusul bintang-bintang Asia yang bersinar di Hollywood, bersama aktor Jamie Foxx dan Colin Ferrell membintangi film MIAMI VICE (2006) dan BEHIND THE MASK (2006).
Lebih Lengkap