Gugun Gondrong

Gugun Gondrong memiliki nama asli Gunawan Hendromartono adalah seorang model, presenter dan juga bintang akting.

Gugun dikenal sebagai sosok kreatif, dan nama Gondrong identik dengan rambut panjangnya yang tak pernah dipotongnya. Bahkan dalam sejarah hidupnya mengaku hanya tiga kali memotong rambutnya. Namun pada tahun 2004, Gugun akhirnya memotong pendek rambut gondrongnya yang telah dipanjangkan selama 20 tahun.

Gugun yang pernah menjalin asmara dengan Susan Bactiar, Rheina 'Ipeh' Maryana dan artis sinetron Joe Marcella, menikah dengan gadis belia Anna Marissa. Anna yang 16 tahun lebih muda itu, dinikahi pada 23 Desember 2007 di Pusat Primata Schmutzer, Kebun Binatang Ragunan.

Gugun dilarikan ke RS Medistra pada tanggal 13 September 2008 pagi, karena tak sadarkan diri sejak sore hari sebelumnnya. Hasil pemeriksaan dokter bedah ahli syaraf menyebutkan ada tumor di otak bagian kiri depan, dan penggumpalan atau pembendungan cairan otak yang menekan batang otak. Operasi pertama Gugun pada tanggal 16 September 2008 berjalan sukses.

Sebagai bentuk rasa peduli, para artis sahabat Gugun menggelar Malam Dana untuk Gugun Gondrong, di Resto Planet Hollywood, Jakarta tanggal 17 September 2008. Dana yang terkumpul pada malam itu mencapai Rp1 Miliar.

Perlahan namun pasti, kondisi Gugun semakin membaik. Bahkan sang istri diketahui telah mengandung anak pertamanya. Dan Jumat (16/10/09) sang istri, Anna melahirkan anak pertama mereka yang diberi nama Lionel Gunaevan Cuarvo. Anak pertama mereka dilahirkan pada pukul 10.00 WIB di RS Omni Medical Center, Pulomas, Jakarta Timur.

Kesehatan Gugun pun berangsur-angsur membaik dengan dirayakannya ulang tahun Gugun yang ke-41 pada 30 Januari 2010. Banyak kerabat dan teman yang menghadiri perayaan hari bahagia yang dilangsungkan setelah kepulangan Gugun dari Singapura untuk check-up.

Walaupun kondisi kesehatan Gugun sudah jauh membaik, namun ada beberapa masalah yang masih menghambat aktivitas Gugun. Pria yang tenar karena rambut gondrongnya ini dilaporkan masih mengalami rabun jika dirinya terlalu lelah beraktivitas. Hal ini disebabkan efek samping operasi yang berakibat ke saraf mata.

Kabar tidak sedap menerpa rumah tangga Gugun yang dibinanya bersama Anna Maria, yang berusia 16 tahun lebih muda, pada awal Juli 2010. Anna Maria, yang telah melahirkan satu putra , menggugat cerai Gugun yang baru saja pulih dari sakitnya. Dikabarkan alasan perceraian yang diajukan Anna adalah percekcokan yang terjadi sejak awal mereka menikah, Sakit Gugun rupanya menunda niat Anna Maria, yang semakin tidak tahan dengan temperamen Gugun yang sering meledak sesudah sakit.

Sudah sejak tiga bulan sebelumnya, Anna kembali tinggal bersama orang tuanya, untuk menunggu sidang perceraian yang akan digelar pada 20 Juli 2010.

Selama proses perceraian, Gugun masih mendapat banyak dukungan dari lingkungan Istana yang juga masih teman-teman sealmamater Gugun ketika berkuliah di UGM (Universitas Gajah Mada). Beberapa orang ini adalah Andi Arief (Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam), Denny Indrayana (Staf Khusus Presiden Bidang Hukum), dan Felix Wanggai (Staf Khusus Presiden Bidang Pembangunan). Mereka direncanakan akan mengadakan penggalangan dana untuk semua jasa Gugun yang telah banyak berkiprah di Indonesia, terutama Jakarta.

Gugun Gondrong akhirnya resmi bercerai dari Anna Marissa pada Selasa (31/08/2010). Pengadilan Agama Jakarta Selatan telah mengabulkan gugatan yang diajukan Anna atas Gugun yang telah diproses sejak awal Juli 2010.

Kemungkinan banding akan tetap ada, meskipun akan berjalan lambat karena keterbatasan Gugun menerima dan menyampaikan informasi.

Terbukti, pada awal September 2010, Gugun mengajukan banding terkait keputusan pengadilan soal hak asuh anak yang jatuh pada sang mantan istri. Gugun menuntut hak kunjung sebagai ayah, agar paling tidak seminggu sekali sang anak dipertemukan dengan sang ayah.

Sayangnya, tanggapan belum muncul dari pihak Anna Marissa, yang membuat keputusan ini menjadi mengambang. Ketika mengajukan tuntutan ini, Gugun sendiri juga sudah cukup lama tidak bertemu dengan sang anak.

KARIR
Karirnya diawali lewat dunia model dengan menjadi model Majalah Aneka. Karirnya di dunia hiburan banyak diwarnai sebagai pembawa acara televisi dan aktor.

Pria yang juga pendiri Jakmania (Persija Fans Club) itu kini aktif sebagai direktur PBIJ (Pusat Berita Infotainment Jakarta), selain sebagai artis dan publication manager NAGASWARA. Gugun juga menjadi manager SFC (Selebritis Football Club), Ketua Umum (Asosiasi Artis Pebilyar Indonesia) dan juga aktif di sebuah partai politik.

Gugun pernah bermain dalan film Kamulah Satu-satunya sebagai pemain pendukung (sebagai suporter Jakmania).

FILMOGRAFI
KAMULAH SATU-SATUNYA (2007)
DETIK TERAKHIR (2005)
Lebih Lengkap