Guillermo Del Toro
Sutradara film HELLBOY dan BLADE II ini punya ketertarikan pada bidang makeup dan special effect. Mengawali karir sebagai makeup supervisor selama 10 tahun bahkan sempat memiliki perusahaan special effect sendiri membuat laki-laki ini cukup paham soal yang satu ini.

Di saat yang sama, Guillermo Del Toro yang dilahirkan di Guadalajara Jalisco, Mexico juga mulai menyutradarai beberapa serial TV di Meksiko. Ia bahkan sempat menjadi pengajar seni peran di sana.

Walaupun sudah berkecimpung di dunia peran sejak tahun 1986, namun baru sekitar tahun 1993 ia baru mendapat kesempatan untuk mencuri perhatian dunia dengan film CRONOS yang sempat meraih 9 Academy Award di Meksiko. Film yang juga sempat memenangkan penghargaan film di Cannes ini mengantar Guillermo Del Toro ke Hollywood dengan film pertamanya MIMIC tahun 1997.

Sayangnya film MIMIC ini sempat membuat Guillermo trauma berhubungan dengan aktor dan aktris Hollywood. Ia memutuskan untuk kembali ke Meksiko walaupun ini tak bertahan lama. Gemerlap Hollywood membuat Guillermo memutuskan sekali lagi mencoba keberuntungan di Hollywood dengan film BLADE II.

Pengalaman nonton film THE TEXAS CHAIN SAW MASSACRE sempat membuat pria yang tinggal di Los Angeles ini menjadi vegetarian walaupun hanya bertahan 4 tahun saja.

Tak kurang dari 9 film sudah dikerjakan sutradara ini termasuk film HELLBOY II: THE GOLDEN ARMY yang dirilis Juli 2008 nanti.
Lebih Lengkap