Iz
Israel Iz Kamakawiwo ole adalah musisi asal Hawaii. Ia terkenal di luar Hawaii dengan albumnya Facing Future yang dirilis pada tahun 1993. Medlenya yang berjudul Over the Rainbow dan What a Wonderful World di tampilkan di beberapa film, program televisi, dan iklan.

Melalui permainan ukulelenya dan penggabungan beberapa jenis musik seperti jazz dan reggae, Kamakawiwo ole memberikan pengaruh yang besar di musik Hawaiian selama lebih dari 15 tahun.

MASA KECIL
Iz lahir di rumah sakit Kuakini di Honolulu dari pasangan Henry Kaleialoha Naniwa Kamakawiwo ole, Jr., dan Evangeline Leinani Kamakawiwo ole. Ia dibesarkan di komunitas Kaimuki, tempat orang tuanya bertemu dan menikah. Ia mulai memainkan alat musik dengan kakak laki-lakinya Skippy dan sepupunya Allen Thomton pada usia 11 tahun.

Pada usia remajanya, ia belajar di Upward Bound di Uneveristas Hawaii di Hilo. Keluarganya selanjutnya pindah ke Mākaha. Di sana ia bertemu dengan Louis Moon Kauakahi, Sam Gray, dan Jerome Koko. Bersama dengan kakaknya ,Skippy, mereka membentuk Makaha Sons of Ni ihau. Dari tahun 1976-1980an, the band Hawaiian ini mencapai popularitas karena melakukan tour di Hawaii dan di benua Amererika dan merilis 15 album sukses.

Pada tahun 1982, kakak laki-lakinya, Skippy, meninggal dunia akibat serangan jantung. Pada tahun yang sama, Iz menikah dengan teman masa kecilnya, Marlene. Setelah itu mereka memiliki seorang anak perempuan yang bernama Ceslie-Ann Wehi .

KARIR MUSIK
Kamakawiwo ole membentuk group musik Makaha Sons of Ni ihau dengan kakak laki-lakinya Skippy, Louis Moon Kauakahi, Sam Grey dan Jerome Koko. Mereka membuat album No Kristo pada tahun 1976 dan merilis empat album berikutnya, termasuk Kahea O Keale, Kealam Makaha Sons of Ni ihau dan Mahalo Ke Akua, sebelum Skippy meninggal karena serangan jantung pada tahun 1982. Group ini menjadi group musik tradisioanl Hawaii yang paling terkenal dengan album mereka Puana Hou Me Ke Aloha pada tahun 1984 dan Ho ola Kamakawiwo ole pada tahun 1986. Album terakhir mereka adalah Ho oluana pada tahun 1991.

Pada tahun 1990, Kamakawiwo ole merilis album solo mereka yang pertama Ka Ano I yang memenangkan penghargaan Contemporary Album of the Year and male Vocalist of the Year dari Hawaii Academy of recordin Arts (HARA). Facing Future dirilis pada tahun 1983 oleh The Mountain Apple Company. Album tersebut menampilkan lagu popular mereka medley Somewhere Over the Rainbow/ Whay a Wonderful World. Facing Future menempati posisi 25 di Billboard Magazine Top Pop Catalogue Chart . Pada 26 Oktober 2005, Facing Future menjadi album Hawaii pertama yang memperoleh platinum yang terjual lebih dari 1 juta copy di Amerika Serikat. Pada 21 Juli 2006, BBC Radio1 mengumumkan bahwa Somewhere Over the Rainbow/What a Wonderful World akan dirilis sebagai single di Amerika.

Pada tahun 1997, Kamakawiwo ole kembali mendapatkan penghargaan oleh HARA di Annual Nā Hōkū Hanohano untuk Male Vocalist of the Year, Favorite Entertainer of the Year, Album of the Year, dan Island Contemporary Album of the Year. Ia menyaksikan acara penghargaan tersebut dari rumah sakit.

KEMATIAN
Kamakawiwo ole mengalami obesitas dengan berat 757 pound atau sekitar 343 kg. Ia juga menderita beberapa penyakit yang diakibatkan oleh obesitasnya. Pada usia 38 tahun, ia meninggal akibat obeistas di The Queen s Medical Center di Honolulu pada 26 Juni 1997 jam 00.18.
Pada saat pemakamannya di Hawaii dikibarkan bendera setengah tiang pada 10 Juli 1997. Ada sekitar 10.000 orang menghadiri pemakamannya.

DISKOGRAFI
Ka Ano i (1990)
Facing Future (1993)
E Ala E (1995)
N Dis Life (1996)
Iz in Concert: The Man and His Music (1998)
Alone in Iz World (2001)
Wonderful World (2007)

Oleh Miftahur Roifah
Lebih Lengkap