Izaline Calister
Izaline Calister memulai karir menyanyinya di daerah asalnya Curacao, dimana di sana ia menjadi anggota paduan suara anak-anak yang terkenal yaitu Perlitas. Dengan group paduan suara ini ia membuat banyak album dan tampil di acara televisi dan panggung.

Pada usia 18 tahun, Izaline meninggalkan Belanda untuk memperdalam pengetahuan musiknya dengan bersekolah di konservatori di Groningen. Selama masa tersebut, ia mulai bernyanyi di beberapa group dan band yang berbeda-beda, terutama di musik karibean dan salsa.

Pertemuannya dengan pianis dan pemain piano, jasper Van t Hof, selama audisi di konservatori , membuatnya ditawari bergabung dengan band Pili Pili sebagai vokal utama.

Dalam band ini Izaline bekerja dengan Tony Lakatos, Peter Weniger, Annie Whitehead, dan Bo Stief. Dengan Pili-Pili Izaline merekan dua CD dan tour ke Eropa.
Sejak tahun 1997, Izaline juga menjadi anggota German World/Jazz yang bernama Dissidenten. Dengan group ini ia tampil dua kali di festival terkenal di dunia Glastonbury di Inggris. Pada tahun 1998 CD live Dissidenten di Eropa dirilis. Di dalam CD tersebut termasuk rekaman konser di Stuttgart Jazzopen pada tahun 1997, Leverkusener jazztage tahun 1997, festival World Roots tahun 1998 di Amsterdam, festival de la Diversidad tahun 1998 di Barcelona dan tentu saja penampilan di Glastonbury.

Dissidenten kembali dengan sukses dari penampilan mereka di festival Roskilde di Denmark dan mereka melakukan tour ke Brazil pada tahun 2001, dengan lagu mereka Fatamorgana yang menjadi hits.

Sebagai artis solo, Izaline berkolaborasi dengan gitaris Belanda Jan Kuiper. Ia telah merilis album solo pertamanya Soño di un muhé (mimpi seorang wanita). Cd ini telah dirilis di Curacao pada mei tahun 2000 dan sukses. Dalam CD tersebut Izaline menampilkan gayanya yang unik yang dipadankan dengan musik tradisional daerah asalnya Curacao. Album tersebut juga dirilis di Jerman dan di Eropa.

DISKOGRAFI
Soño di un muhé

Oleh Miftahur Roifah
Lebih Lengkap