Jack Johnson

Jack Johnson adalah penyanyi kelahiran Amerika, pada 18 Mei 1975 yang mengusung genre folk rock. Pada Tahun 2001 dia memperoleh kesuksesan secara komersil pada debut albumnya Brushhfire Fairytales.

Di telinga para kritikus album ini dinilai sangat baik dan mengantarkan dia pada industri musik. Kesuksesan ini juga diikuti dengan album keduanya On And On yang di produseri sendiri melalui labelnya, The Moonshine Records yang kemudian berganti nama menjadi Brushfire Records.

Sebelum terjun bermusik, Jack lebih dulu terjun ke dunia film dan memproduseri serta berperan di beberapa film. Saat bersekolah dia mengambil jurusan sinematografi di Universty of California.

Meski karir filmnya sukses, namun Jack tak ingin ada pada satu titik saja. Hasrat bermusiknya coba dikembangkan dengan membuat sebuah lagu. Jack sendiri belajar bermain gitar pada usia 8 tahun dan mulai menulis lagu pada usia 12. tahun.

Pengagum Jimi Hendrix ini sempat membuat band bernama Soil saat kuliah. Namun tak ada keseriusan dan memaksa band ini bubar. Selain musik Jack yang kelahiran Hawaii ini juga memiliki hobi surfing hingga tingkat profesional. DI kala senggang dia sering ikut berlomba dan berkali-kali memboyong pulang piala.

Jack dikenal sebagai musisi yang berhati mulia di mana dia terlibat dan mendirikan program amal. Titik balik ini diilhami dari peristiwa yang nyaris merenggut nyawanya saat menggelar tur di Jepang. Gempa dan tsunami yang melanda Jepang nyaris merenggut nyawa dirinya dan keluarganya yang saat itu berada di hotel. Jack pun menunda semua rangkaian turnya dan mendonasikan sebagian hartanya untuk korban tsunami Jepang.

Diskografi:
- Brushfire Fairytales (2201)
- On and On (2003)
- In Between Dreams (2005)
- Sleep Through The Static (2008)
- To The Sea (2010)
- From Here To Now To You (2013)

Lebih Lengkap