Jack Palance

Palance lahir di Volodymyr Palahniuk, Pennsylvania, dan merupakan anak pasangan Anna dan Ivan Palahniuk, seorang penambang batu bara. Orang tua Palance adalah imigran asal Ukraina. Ia bekerja di penambangan batu bara sebelum menajdi petinju.

Pada akhir tahun 1930, Palance memulai karir sebagai seorang petinju profesioanal dengan nama Jack Brazzo.

Dengan meletusnya Perang Dunia ke II, karir palance sebagai petinju berakhir dan ia memasuki dunia militer sebagai anggota dari United States Army Forces.

Palance, lulus dari universitas Stanford pada tahun 1947 dengan gelar Bachelor of Arts pada jurusan drama. Selama masa-masa perkuliahannya, ia sempat bekerja sebagai pelayan, dan fotografer.

Palance menikah dengan istrinya yang pertama, Virginia baker, dari tahun 1949-1968. Mereka memiliki tiga anak, Holly (seorang aktris), Brooke, dan Cody.

Pada Mei 1987, Palance menikah lagi dengan Elaine Rogers. Pada tahun baru 2003, istri pertamanya Virginia Baker mengalami kecelakaan mobil dan meninggal di Los Angeles.

Pada 10 November 2006, Palance meninggal dalam usia 87 tahun karena usianya memang sudah tua.

KARIR
Pada tahun 1947, Palance memulai debut pertamanya yang kemudian diikuti dengan debut layar lebarnya di film Panic in the Streets pada tahun 1950. Pada tahun yang sama, ia juga tampil di Hall of Montezuma yang menceritakan tentang angkatan laut Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Bakat akting Palance kemudian banyak dikenal orang dan ia menjadi popular sebagai aktor. Ia meraih nominasi Oscar sebagai Lester Blaine di Sudden Fear.

Palance meraih moninasi Oscar yang kedua saat berperan sebagai Jack Wilson di Shane pada tahun 1953.

Pada tahun 1957, Palance memenangkan Emmy sebagai Best Actor untuk perannya di Playhouse 90 yang diproduksi oleh Rod Serling.

Pada tahun 1960an, Palance juga merilis album country western music di Warner Bros Records. Ia membintangi 24 episode serial Bronk dari tahun 1975-1976 di MGM Television. Ia juga menajadi host dengan anak perempuannya, Holly Palance, di serial televisi Ripley s Believe It or Not!

Pada tahun 2001, Palance kembali ke dunia rekaman sebagai bintang tamu di album temannya, Laurie Z s, yang berjudul Heart of the Holidays.

FILMOGRAFI
PANIC IN THE STREETS
HALLS OF MONTEZUMA
SUDDEN FEAR
SHANE
MAN IN THE ATTIC
SECOND CHANCE
THE SILVER CHALICE
THE BIG KNIFE
PLAYHOUSE 90
REQUIEM FOR A HEAVYWEIGHT (TV)
AUSTERLITZ
BARABBAS
CONTEMPT
THE PROFESSIONALS
DR. JEKYLL AND MR. HYDE
(TV)
THE MERCENARY
JUSTINE
CHE!
COMPAñEROS
MONTE WALSH
DRACULA
ANGELS' BRIGADE
HAWK THE SLAYER
BAGDAD CAFé
GOR
YOUNG GUNS
BATMAN
GUTLAW OF GOR
TANGO & CASH
SOLAR CRISIS
CITY SLICKERS
CITY SLICKERS II:
THE LEGEND OF CURLY'S GOLD
THE SWAN PRINCESS
COPS AND ROBBERSONS
EBENEZER
TREASURE ISLAND
Lebih Lengkap