Jahmene Douglas


Jahmene Douglas adalah seorang penyanyi asal Inggris. Ia adalah runner up dari ajang THE X FACTOR seri ke-9 di tahun 2012. Pemuda ini lahir di Birmingham, 26 Februari 1991 dari pasangan Mandy Thomas dan Eustace Douglas.

 

Hubungan orang tua Jahmene yang kurang harmonis, membuat Jahmene berkeinginan untuk membantu mereka yang menderita kekerasan dalam rumah tangga. Douglas sudah berencana mendatangi sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan tingkat kesadaran mereka dan mengajarkan seperti apa hubungan yang sehat itu.

 

Douglas merupakan duta pemuda pertama untuk UK Charity Women's Aid, untuk anak-anak dan anak muda. Ia juga seorang Duta Besar Lottery di mana ia mengkampanyekan "Head Start", yang memfokuskan pada pencegahan awal masalah anak-anak sebelum terjadi kekerasan dalam rumah tangga, penyalahgunaan alkohol dan obat, dan masalah lain yang berhubungan dengan keluarga.

 

KARIR
Jahmene memulai karirnya pada 30 Mei 2012 di mana ia mengikuti audisi THE X FACTOR seri kesembilan di London. Saat audisi, ia menyanyikan lagu Etta James "At Last" dengan suara yang sangat powerful sehingga ia mendapatkan empat tombol yes dari juri Louis Walsh, Tulisa Contostavlos, Gary Barlow, dan Nicole Scherzinger. Dengan single Moves Like Jagger, Douglas berhasil membuat Nicole Scherzinger takjub dan berhasil lolos ke babak selanjutnya. Douglas berhasil menembus final bersama James Arthur dan Christopher Maloney. Pada tanggal 8 Desember, dia berhasil menuju ke final bersama James Arthur dan menyelesaikan kompetisi di posisi kedua dengan perolehan 38,9%.


Pada tanggal 19 Desember 2012, Jahmene telah menandatangani kontrak dengan Sony Music. Setahun kemudian, ia menandatangani kontrak dengan RCA Records pada 25 Januari 2013 dan merilis album di bulan Mei. Album pertama Douglas berjudul LOVE NEVER FAIL yang dirilis pada 22 Juli 2013. Debutnya ini menjadi nomor satu di Inggris. Dia juga menyumbangkan lagu keberuntungannya Titanium untuk kampanye anti kekerasan dalam rumah tangga.

 

Pada Agustus 2013, Douglas tampil di RCTI stasiun TV Indonesia dalam rangka ulang tahun RCTI ke-24. Ia juga ditemani oleh Samantha Jade, The Collective, Melanie Amaro, Novita Dewi, dan Fatin Shidqia. Single keberuntungannya Titanium, juga menjadi hit nomor 1 di Indonesia.

 

Di tahun 2014, Jahmene merilis album keduanya yang bertajuk TBA. Dalam album ini, ia bekerja sama dengan nama-nama seperti Diane Warren, Stanley Brown, Andrea Martin, dan Sacha Skarbek.

 

DISKOGRAFI
Album
2013 LOVE NEVER FAILS
2014 TBA

 

Single
2013 Titanium
2013 Forever Young


PENGHARGAAN
2013 Nominasi Best Newcomer pada MOBO Awards
2013 Nominasi Best Male Newcomer pada Urba Music Awards

Lebih Lengkap