James Arthur

Pemilik nama asli James Andrew Arthur ini merupakan seorang penyanyi dan musisi Inggris yang telah memenangkan THE X FACTOR edisi ke sembilan tahun 2012. James Arthur lahir di Middlesbrough, England, pada 2 maret 1988.

 

Penyanyi bergenre pop, RnB ini adalah seorang dari anak dari seorang ibu dari Inggris, Shirley Ashworth, dan ayahnya yang dari Skotlandia, Neil Arthur. Sang ayah adalah seorang sopir jasa pengiriman barang, tetapi terkadang dia juga menjadi seorang DJ dan drummer dalam beberapa tahun. Kemudian sang ibu juga tak kalah menariknya, dia adalah seorang model yang kemudian menjadi seorang yang profesional dalam bidang pemasaran dan penjualan.

 

Namun, ketika Arthur berumur 5 tahun, ayah dan ibunya berpisah. Mereka berpisah secara baik-baik, dan kemudian keduanya menikah dengan pasangannya yang baru setelah beberapa tahun kemudian. Hampir 20 tahun, mereka tidak saling berbicara satu sama lain, namun jika Arthur mengikuti beberapa audisi mereka sepakat harus mendukung impian anaknya itu.

 

Ketika dia berumur sembilan tahun, Arthur pindah bersama ibu dan ayah tirinya, Ronald Raffety ke Bahrain dan kemudian dia bersekolah di British School of Bahrain selama 4 tahun. Kemudian di umurnya yang 14 tahun, Arthur, pindah kembali ke Inggris bersama ibunya dan ketiga saudaranya Sian, Jasmin, dan Neve. Mereka tinggal di Coast Road di Redcar.

 

Setelah kembalinya Arthur ke Inggris, dia melanjutkan sekolahnya di Rye Hills School di Redcar. Pria tampan ini akhirnya memiliki dua orang kakak yaitu, Sian Arthur, kakak perempuannya dan kakak laki-lakinya Neil Arthur, dan juga memiliki tiga orang adik perempuan bernama, Jasmin Rafferty, Neve Rafferty dan Charlotte.

 


KARIR

Sebelum memenangkan ajang kontes bernyanyi, Arthur telah menulis dan merekam lagu di beberapa band, sejak umurnya masih 15 tahun. Band yang pernah berkolaborasi dengannya adalah Moonlight Drive yang aktif pada tahun 2005-2008, dan Arthur menjadi vokalis band tersebut.

 

Cue The Drama yang aktif pada tahun 2005-2008. Kemudian pada tahun 2009, Save Arcade, yang saat itu Arthur menjadi seorang vokalis dan gitaris. Emerald skye, adalah band keempat yang dibentuk pada maret 2011, dan Arthur kembali menjadi seorang vokalis dan gitaris. Kemudian dia banyak mengunggah lagu-lagunya melalui YouTube maupun SoundCloud.

 

Pada tahun 2011, Arthur mengikuti audisi THE VOICE UK dan berhasil masuk menjadi seorang kontestan, namun kemudian itu tidak berlanjut lama. Pada awal tahun 2012, dia merekam lagu untuk The James Arthur Band. Band ini kembali menghadirkan Arthur sebagai seorang vokalis dan gitaris.

 

Kemudian di tahun yang sama, band ini merilis CD dengan sembilan lagu bergenre RnB, soul dan hip hop. kemudian paa tahun 2012, dia mengikuti ajang kontes bernyanyi THE X FACTOR (UK SERIES 9). Arthur yang telah memiliki banyak sebelumnya, akhirnya dia membawa kemenangan dan mulai saat itu namanya banyak dikenal dunia.

 

kemudian dia mengcover lagu dari Shontelle yang berjudul Impossible. Lagu yang dia bawakan menjadi sejarah baru bagi X Faktor, karena lagu tersebut mampu mencapai angka download 255.000 dalam 48 jam dan lebih dari 490.000 di setiap pekan. Kemudian di tahun 2013, dia mengeluarkan singlenya yang berjudul You're Nobody 'till Somebody Loves You, yang juga mampu menyedot perhatian pencinta musik dunia.

 

Arthur juga banyak melakukan tour negara ditengah kesibukannya mengeluarkan album dan single miliknya. Nama Arthur sangat dikenal di dunia, bahkan hingga saat ini namanya juga masih banyak diperbincangkan dalam industri musik dunia.

 

 

DISKOGRAFI

*JAMES ARTHUR (2013)
*ALL THE WORLD'S A STAGE (2014)

 

 

PENGHARGAAN

*Best International Song "Los Premios 40 Principales (2013)
*International Breakthrough of The Year "NRJ Music Awards" (2013)

Lebih Lengkap