James Blunt

James Hillier Blount lahir pada tanggal 22 Februari1974. Blunt adalah anak pertama dari pasangan Jane A.F dan Charles Blount. Ia memiliki 2 adik perempuan, Emily dan Daisy. Masa kecilnya banyak dihabiskan dengan berpindah-pindah dari Inggris, Cyprus, dan Jerman mengikuti ayahnya yang bekerja sebagai kolonel British Army Air Corps.

Minat pada dunia militer sang ayah menurun pada James Blunt. Sejak kecil sang ayah telah memperkenalkannya pada dunia aeromodeling. Di usianya yang ke 16, James Blunttelah mendapat ijin pilot sejak berusia 16 tahun.

Bluntmelanjutkan sekolahnya di Elstree School di Berkshire sebelum ia melanjutkan sekolahnya ke Harrow School, London. Dari HArrow School ia mendapat beasiswa untuk kuliah di University of Bristol dimana ia pertama kali mempelajari aerospace manufacturing engineering. Tak berapa lama kemudian ia pindah ke jurusan Sosiologi dan lulus pada tahun 1996.

Setelah lulus, sebagai tanggung jawab atas sponsor kuliah dari British Army, Bluntwajib masuk ke dunia militer selama minimal empat tahun. Di tahun 2002, Blunt resmi meninggalkan dunia militer.

Blunt kemudian dikenal sebagai musisi asal Inggris yang tenar lewat lagu hitnya You re Beautiful dan Goodbye My Lover yang merupakan bagian dari album debutnya, BACK TO BEDLAM (2004). Blunt yang telah memenangkah BRIT Award dan lima kali meraih nominasi Grammy Award itu pernah menjalin hubungan dengan penyanyi Camilla Boler (2004-2006) dan Petra Nemcovasejak Juli 2006.

KARIR
Setelah lepas dari dunia militer, Blunt mulai terjun ke dunia musik, Saat itu ia mulai menggunakan nama belakang Blunt agar mudah diucapkan. Blunt kemudian bergabung dengan label EMI dan merilis album pertamanya, BACK TO BEDLAM di tahun 2004. Melalui single pertamanya, High, album ini berhasil meraih puncak Top 100 UK Singles Chart. Namun setelah single You're Beautiful dirilis, penjualan album ini semakin melonjak dan nama James Bluntsemakin mendunia.

Sukses dengan album pertama, di tahun 2007 Blunt kembali masuk ke studio untuk merilis album keduanya ALL THE LOST SOULS. Saat pertama dirilis, album ini berhasil terjual sebanyak 65.000 keping. Single pertamanya 1973 mencatatkan nama Blunt dalam Billboard European HOt 100 Singles Chart. Disusul dengan single Same Mistake dan Carry You Home yang semakin mengukuhkan nama James Blunt sebagai penyanyi solo yang sukses, bukan sekedar penyanyi one hit wonder.

Album ketiganya, SOME KIND OF TROUBLE dirilis pada 8 November 2010. Dalam seminggu, album ini berhasil mencatat penjualan 100.000 keping. Pada Februari 2011, album ini telah laku lebih dari satu juta keping. Single terbarunya, If Time Is All I Havedirilis di Inggirs pada 4 April 2011.

DISKOGRAFI
2004: BACK TO BEDLAM
2006: CHASING TIME: THE BEDLAM SESSIONS (DVD/CD)
2007: ALL THE LOST SOULS
2010: SOME KIND OF TROUBLE

Lebih Lengkap