James Brown
James Joseph Brown, Jr., lahir 3 Mei 1933 dan meninggal pada 25 Desember 2006. Pria yang sering mendapat julukan The Godfather of Soul ini adalah seorang penyanyi dan juga pemusik yang diakui kepopulerannya pada abad ke-20.

Brown tumbuh dan bekembang dalam lingkungan kemiskinan dan kejahatan. Pada usia 16 tahun, dirinya pernah dijatuhi hukuman menjadi buruh kasar selama 16 tahun, setelah terlibat perampokan bersenjata. Pada 1987, untuk kelima kalinya dalam 10 bulan, ia ditangkap karena mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Kasus lain yang menimpa dirinya, adalah tuntutan istrinya, yang menuduhnya telah melakukan penyerangan dan pemukulan. Tidak berhenti di situ, berikutnya, ia dihukum enam bulan penjara atas tudingan telah melakukan percobaan pembunuhan dan bebas pada Februari 1991 dengan syarat ia tak akan lagi menggunakan atau memiliki senjata.

Brown dalam perjalanannya pernah mengeluti musik R&B, funk dan disko selama 50 tahun. Ia meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Georgia (AS), Senin (25 Desember 2005), dalam usia 73 tahun.
Lebih Lengkap