James Ingram

James Ingram adalah seorang musisi soul asal Amerika. Ia paling dikenal sebagai seorang vokalis. Ia juga seorang musisi yang bermain piano, gitar, bass, drum, dan keyboard. Selain itu ia juga berprofesi sebagai produser dan penulis lagu.

KARIR
Ia memulai karirnya pada tahun 1970 sebagai bagian dari band Revelation Funk dengan Bernard Lawson, Sr. yang juga berasal dari Akron. Pada saat itu, Ingram membangun reputasi sebagai seorang vokalis di Los Angeles dan menarik perhatian seorang penulis lagu dan produser mantan Motown, Lamont Dozier. Dozier meminta Ingram untuk mengkontribusikan vokalnya pada beberapa materi lagu, salah satunya yaitu Love s Calling .

Pada tahun 1981, Ingram menyanyikan lagu Just Once dan One Hundred Ways di album Quincy Jones, The Dude. Ia memenangkan Grammy Award sebagai Best R&B Vocal Performance untuk album tersebut. Album perdana Ingram It s Your Night dirilis pada tahun 1983, termasuk lagu baladanya There s No Easy Way . Ia juga bekerja sama dengan artis R&B terkenal lainnya yaitu Ray Charles, Anita Baker, Viktor Lazlo, Nancy Wilson, Natalie Cole, dan Kenny Rogers. Pada tahun 1990 ia menempati posisi pertama di Pop Charts dengan lagu baladanya I Don t Have the Heath dari album It s Real .

Namun Ingram lebih dikenal selama beberapa decade untuk hit-hit kolaborasinya. Ia menempati posisi pertama di Pop Chart dengan Patti Austin dalam lagu Baby, Come to Me , sebuah lagu yang terkenal di televisi General Hospital. Duet kedua Austin-Ingram How Do You Keep the Music Playing? ditampilkan dalam film Best Friends dan meraih nominasi Oscar. Beberapa tahun kemudian, ia memenangkan 1985 Grammy Award untuk lagunya Yah Mo B There yang berduet dengan Michael McDonald.

Pada tahun 1987, ia bekerja sama dengan vokalis asal Amerika Linda Ronstadt, dan menempati posisi 2 di US Pop dengan single Somewhere Out There yang menjadi theme song film animasi An American Tail . Lagu tersebut menjadi nominasi untuk Grammy dan Academy Award dan mendapatkan sertifikat emas karena terjual lebih dari 500.000 copy di Amerika.

Pada tahun 1990, ia berkolaborasi lagi dengan Quincy Jones di lagu The Secret Garden yang juga menampilkan Barry White, El Debarge, dan Al B. Sure!

Pada tahun 1994, komposisinya yang berjudul The Day I Fall in Love yang berduet dengan Dolly Parton menjadi theme song film Beethoven s 2nd dan menajdi nominasi di Academy Award sebagai Best Original Song.
Selama musim panas tahun 2004, Ingram ikut berpartisipasi dalam reality show di televisi Amerika Celebrity Duets . Pertunjukan ini menggabungkan beberapa vokalis professional dari jenis musik yang berbeda.

DISKOGRAFI
Album Studio
1983 IT'S YOUR NIGHT
1986 NEVER FELT SO GOOD
1989 IT'S REAL
1993 ALWAYS YOU
2008 STAND (IN THE LIGHT)
Lebih Lengkap