Jarwo Kwat
Jarwo Kwat atau sering disingkat JK adalah bintang komedi Indonesia yang juga banyak berperan dalam sejumlah sinetron. Singkatan JK yang selama ini digunakan merupakan 'penggacuan' pada nama Jusuf Kalla (Wakil Presiden) yang juga diperankannya dalam acara parodi, Republik Mimpi yang disiarkan oleh Metro TV.

Pria bernama lengkap Sujarwo bin Ranum ini bersama-sama Butet Kertaradjasa (Si Butet Yogya, SBY) meparodikan Presiden SBY, Burhanuddin Moeloek (Suharta) memparodikan mantan Presiden Suharto, Budi Setyawan (Habudi) memparodikan Mantan Presiden Habiebie, Handojo (Gus Pur) memparodikan Gus Dus dan Sukarti (Megakarti) memparodikan Mantan Presiden Megawati. Mereka bersama-sama tampil dalam acara yang digagas oleh seorang pakar komunikasi dan dosen Universitas Indonesia, Effendi Ghozali itu.

Setelah sekian banyak masalah dihadapi Republik Mimpi, terutama terkait kritik, tema yang disajikan dan bintang tamu yang diundang, pada 7 Januari 2008 Republik Mimpi kembali menghadapi masalah. Kini terkait eksistensi Jarwo Kwat, yang terlibat dalam persoalan 'Cek Kosong'.

JK harus menghadapi pemeriksaan terkait pembayaran dana Kampoeng Bola 2006 atas pelaporan pria bernama Alex Tjockroraharjo, yang mengaku tertipu akibat ulah tersebut. Akibat kasus tersebut Republik Mimpi untuk sementara menghentikan penayangan hingga ada kepastian hukum.

Aktor yang banyak tampil di serial komedi ini kembali menunjukkan kemampuan berakting di layar komedi dengan mengambil tawaran bermain di sitkom produksi Global TV, CHECK IN CHECK OUT.

Tak hanya di layar kaca, JK juga mulai berkiprah di layar lebar. Bersama artis seksi Julia Perez, ia bermain di film produksi PT Virgo Putra Film, SUMPAH INI POCONG.
Lebih Lengkap