Joseph Gordon-Levitt

Aktor muda Joseph Gordon-Levitt lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada 17 Februari dengan nama lahir Joseph Leonard Gordon-Levitt. Dia adalah putra pasangan Dennis Levitt dan Jane Gordon. Gordon-Levitt kecil tumbuh di Sherman Oaks bersama kakaknya, Dan.

Gordon-Levitt bergabung dalam sebuah grup teater musikal ketika dia berusia empat tahun dan berperan sebagai Scarecrow dalam The Wizard of Oz. Tak lama setelah itu, seorang produser menawarinya untuk membintangi sejumlah iklan, di antaranya, Sunny Jim, Cocoa Puffs, Pop-Tarts, dan Kinney Shoes.

Gordon-Levitt sempat digosipkan dekat dengan beberapa aktris cantik seperti Julia Stiles, Larisa Oleynik, Evan Rachel Wood, Devon Aoki dan Scarlett Johanson

KARIR
Gordon-Levitt memulai karirnya ketika dia baru berusia enam tahun. Dia tampil di sejumlah film televisi era '80an, dua episode serial Famili Ties, dan juga episode kelima seri keempat Quantum Leap, Permanent Wave.

Pada tahun 1996, ia mulai bermain sebagai Tommy Solomon dalam sinetron komedi berjudul 3rd Rock from the Sun yang membuat namanya mulai dikenal banyak orang. Setelah selesai membintangi 3rd Rock from the Sun, ia memutuskan untuk berhenti berakting untuk sementara waktu karena dia harus menempuh pendidikan di Columbia University. Namun, pada tahun 2004, dia memutuskan untuk berhenti dan kembali berkonsentrasi di dunia akting.

Pada tahun 2004 tersebut, ia bermain dalam film berjudul MYSTERIOUS SKIN. Pada tahun 2005, dia membintangi sebuah film berjudul BRICK dan berperan sebagai Brendan Fyre. Perannya dalam film ini mendapatkan komentar positif yang luar biasa dari sejumlah kalangan.

Selanjutnya, ia bermain dalam film berjudul THE LOOKOUT sebagai Chris Pratt yang dirilis pada 30 Maret 2007. Atas perannya tersebut, The Philadelphia Inquirer berpendapat bahwa ia merupakan aktor yang sangat inspiratif. Pada tahun 2008, ia bermain dalam film KILLSHOT dimana dia berperan sebagai seorang penjahat yang bekerjasama dengan seorang pembunuh bayaran yang diperankan oleh Mickey Rourke.

Satu tahun kemudian, dia bermain dalam film berjudul (500) DAYS OF SUMMER bersama Zooey Deschanel sebagai lawan mainnya. Dari film ini dia dinominasikan dalam Golden Globe Award.

Pada tahun 2010 ini, ia bermain bersama Leonardo DiCaprio dalam film berjudul INCEPTION garapan Christopher Nolan, sebagai Arthur menggantikan James Franco. Film ini menjadi film nomor satu US box office selama tiga minggu berturut-turut dan meraup keuntungan lebih dari 800 juta dollar Amerika. Di tahun yang sama, dia juga membintangi film lainnya berjudul HESHER bersama Natalie Portman.

Filmnya yang akan segera diluncurkan adalah sebuah drama komedi LIVE WITH IT dan PREMIUM RASH. Dalam film LIVE WITH IT ia bermain bersama Seth Rogen dan Anna Rush. Selain itu, ia juga akan berperan sebagai masa muda karakter yang dimainkan oleh Bruce Willis dalam film LOOPER.

Tak hanya itu, Gordon-Levitt merupakan salah seorang produser dari Broadway show, Slava's Snowshow. Di sini, dia bekerjasama dengan Jared Geller yang merupakan stage manager Uncle Bob. Pada tahun 2009, Joseph dinominasikan dalam Tony Award for Best Theatrical Event.

Tahun 2011, Gordon-Levitt kembali menunjukkan akting yang memukau dalam film 50/50. Perannya dalam 50/50 membuatnya masuk nominasi Best Male Performance MTV Movie Awards 2012.

Di tahun yang sama, Christopher Nolan kembali mengajaknya bekerja sama dalam film THE DARK KNIGHT RISES yang dirilis Juli 2012. Ia berperan sebagai John Blake, polisi khusus yang bertugas di bawah komando Komisaris Gordon. Selain berperan sebagai partner Batman, ia juga main dalam film arahan Steven Spielberg berjudul LINCOLN.


FILMOGRAFI:
1988 Stranger on My Land
1988 Family Ties
1989 Settle the Score
1990 Dark Shadows
1996-2001 3rd Rock from the Sun
1999 10 Things I Hate About You
2001 Manic
2002 Treasure Planet
2003 Latter Days
2004 Mysterious Skin
2005 Brick
2009 (500) Days of Summer
2010 Inception
2011 50/50
2012 The Dark Knight Rises
2012 Premium Rush
2012 Looper
2012 Lincoln
2013 Don Jon's Addiction

Lebih Lengkap