Kaiser Chiefs
Kaiser Chiefs adalah sebuah grup band beraliran rock alternative, post-punk revival, dan new wave asal Leeds, West Yorkshire, Inggris. Band ini dibentuk pada tahun 1997 dan beranggotakan lima orang, yaitu Ricky Wilson, Andrew Whitey White, Simon Rix, Nick Peanut Baines, dan Nick Hodgson.
Sebelum membentuk sebuah band, Nick Hodgson, Nick Baines, dan Simon Rix adalah teman satu kelas di St. Mary s School, Menston Bradford. Setelah menyelesasikan sekolah mereka, Rix dan Baines melanjutkan studi mereka ke universitas pada tahun 1996, sedangkan Hodgson masih tetap tinggal di Leeds. Hodgson akhirnya bertemu dengan Andrew White dan Ricky Wilson. Ketiganya akhirnya membentuk sebuah band bernama Runston Parva yang merupakan nama plesetan dari sebuah daerah kecil di East Yorkshire, Ruston Parva. Namun band ini gagal membuat rekaman dan memutuskan untuk membentuk ulang band mereka sekembalinya Rix dan Baines dari studinya. Benar saja, setelah Rix dan Baines kembali dari studinya, mereka berlima pun membentuk ulang bandnya dan berhasil tampil hingga ke luar wilayah Leeds serta mampu membuat sebuah rekaman dan dikenal masyarakat. Sayangnya, setelah Beggars Banquet perusahaan tempat mereka rekaman -- tutup, mereka tak bisa melanjutkan karir bermusiknya setelah merilis album perdana mereka yang berjudul 22, dan tiga single lainnya, Heavy, Good Bad Right Wrong, dan Hessles.
Setelah tak lagi bekerjasama dengan Beggars Banquet, mereka memutuskan untuk mengganti nama band mereka menjadi Kaiser Chiefs yang diambil dari nama sebuah klub sepak bola asal Afrika Selatan, Kaizer Chiefs. Nama tersebut sengaja diambil, karena kapten kesebelasan Leeds United, Lucas Radebe, pernah bermain di dalamnya.

Pada tahun 2003, Sean Adams, pendiri Drowned in Sound, mengirimi copy lagu Kaiser Chiefs kepada seorang manajer bernama James Sandom dan membujuknya untuk melihat penampilan mereka secara langsung. Sandom pun tertarik, dan memutuskan untuk menjadi manajer Kaiser Chiefs. Setelah itu, band ini mulai bekerjasama dengan B-Unique Records. Tak hanya itu, Atlantic Records juga memberi penawaran pada mereka untuk bekerjasama.
Pada awal tahun 2005, Kaiser Chiefs bergabung dalam NME Awards Tour. Dari sini, mereka mulai meraih sukses karena mereka berhasil menyita perhatian para pecinta musik rock.

Pada bulan Maret 2005, grup band ini merilis album perdana mereka, Employment, yang diinspirasi oleh musik new wave dan punk rock tahun 70an. Album mereka ini mendapat apresiasi positif dari para pengamat musik, yang menyatakan bahwa album mereka sangat menarik dari awal hingga akhir. Album ini pun mampu menempati peringkat kedua UK Albums Chart dan mendapatkan platinum sebanyak lima kali. Di tahun yang sama dengan perilisannya, Employment dikandidatkan dalam sebuah ajang penghargaan musik tahunan, Mercury Prize, untuk album terbaik asal Inggris dan Irlandia.
Single pertama mereka dari album Employment, Oh My God, yang dirilis pada tahun 2004, berhasil menempati posisi keenam UK Singles Chart. Pada tahun 2007, lagu tersebut dinyanyikan kembali oleh Mark Ronson dan Lily Allen dalam album milik Ronson yang berjudul Version. Tak lama setelah perilisan single pertama, single kedua mereka yang berjudul I Predict a Riot juga dirilis. Masih di tahun 2007, single kedua mereka berhasil menempati posisi ke-36 di NME Greatest Indie Anthems Ever . Dua single lainnya yang berjudul Everyday I Love You Less and Less dan Modern Way juga dirilis di akhir tahun 2005. Kaiser Chifes juga sempat tampil di Philadelphia Live Eight Concert pada tahun 2005.
Pada tahun 2006, band ini meluncurkan buku yang berjudul A Record Of Employment yang dilengkapi dengan sejumlah foto yang menunjukkan perjalanan karir mereka mulai dari ketika mereka masih belum menjadi apa-apa hingga mereka meraih sukses di Brit Awards tahun itu. Tak lama kemudian, DVD yang berjudul Enjoyment juga dirilis. DVD ini mendokumentasikan konser mereka mulai dari yang pertama.

Album kedua mereka yang berjudul Yours Truly, Angry Mob dirilis pada Februari 2007. Penggarapan album ini dilakukan pada bulan September dan Oktober 2006 di Hook End Studio di Oxfordshire, Inggris. Album ini diinspirasi oleh karya-karya Led Zeppelin dan sejumlah musik rock Amerika dan berhasil merekam lebih dari 22 lagu.

Tak seperti album mereka sebelumnya, album kedua mereka ini tak begitu mendapatkan apresiasi positif dari sejumlah pengamat musik. Meskipun begitu, album Yours Truly, Angry Mob ini mampu menduduki peringkat teratas UK Albums Chart dan posisi ke-45 di Billboard 200 Albums Chart.

Ruby, single pertama di album kedua mereka ini menempati peringkat pertama di UK. Sedangkan single keduanya, Everything Is Average Nowadays, menempati posisi ke-19 di UK.

Pada 20 Oktober 2008, Kaiser Chiefs merilis album ketiga mereka yang berjudul Off with Their Heads dengan single pertama berjudul Never Miss a Beat yang dirilis pada 6 Oktober 2008. Band ini juga merilis sebuah DVD yang berisi penampilan mereka di Elland Road pada 24 Mei 2008. DVD ini memuat tayangan penuh mulai dari tempat asal mereka di Leeds United dan juga penampilan mereka di BBC Electric Proms 2007.

Kaiser Chiefs melakukan tur keliling UK pada bulan Oktober 2008 bersama grup band asal Castle Donington, Inggris, Late of the Pier dan The Hair. Tur mereka ini dimulai di Leeds Academy dan berlanjut ke Manchester Academy, Southampton Guildhall, Reading Rivermead, Glasgow Barrowlands, Leicester De Montfort Hall, dan London Forum.

Pada 16 Juli 2009, mereka tampil di Marés Vivas, Vila Nova de Gaia, Portugal. Di sini mereka tampil bersama Republic of Loose. Kaiser Chiefs juga tampil sebagai pembuka penampilan grup band Green Day mulai tanggal 27 Juli 2009 hingga 7 Agustus 2009. Selain itu, mereka juga tampil di dalam acara Reading and Leeds Festival 2009 bersama Kings of Leon.

Discography:

Album Studio:
2005 Employment
2007 Yours Truly, Angry Mob
2008 Off with Their Heads

Single:
2004 I Predict a Riot
2005 Everyday I Love You Less and Less
2007 Ruby
2008 Never Miss a Beat

Video Album:
2005 Enjoyment
2008 Live at Elland Road

Oleh: Lusiana Distika Sari
Lebih Lengkap