Kasabian

Kasabian adalah sebuah grup band asal Inggris yang dibentuk pada tahun 1999 di Countesthorpe, Leicestershire. Band ini mengusung lagu-lagu dengan aliran Alternative rock, Space rock, Neo-psychedelia, dan Electronica.

Pada awal pembentukannya, band ini beranggotakan empat orang, yakni Tom Meighan (vokalis), Christopher Karloff (guitarist dan keyboardist), Sergio Pizzorno (guitarist dan backing vocalist), serta Chris Edwards (bassist).

Band ini awalnya bernama Saracuse dan mulai melakukan rekaman di Bedrock Studio di Leicesters. Semua anggota asli band ini diambil dari Countesthorpe dan Blaby. Saat pembentukan band ini, Pizzorno dan Meighan sedang menempuh pendidikan mereka di Countesthorpe Community College.

KARIR
Pengaruh dari The Stone Rose terlihat di penampilan mereka yang pertama. Mini album mereka ini diproduksi oleh Scott Gilbert dan diserahkan pada band ini pada tanggal 24 Desember 1999. Mereka tampil perdana di depan publik untuk merayakan ulang tahun Chris yang ke-18 di Vipers Rugby Club. Setelah penampilan pertama mereka ini, mereka pun mulai dikenal dan akhirnya mengganti nama mereka menjadi Kasabian setelah salah seorang anggota dari Charles Manson (Manson family) bernama Linda Kasabian membukakan jalan untuk mereka.

Album perdana mereka dirilis pada tanggal 13 September 2004 di UK. Album ini memiliki judul yang sama dengan nama band mereka, yakni Kasabian. Album ini meraih sukses dengan jumlah penjualan yang cukup memuaskan dan mendapat respon positif dari sejumlah kalangan. Kasabian sempat tampil di Glastonbury Festival 2005 di panggung Other Stage.

Setelah mengusung dua lagu pertama dari album perdana mereka, Processed Beats dan Reason Is Treason, Kasabian pun mengeluarkan lagu ketiganya yang berjudul Club Foot. Lagu ketiga ini akhirnya mampu menghadiahi kesuksesan untuk Kasabian dengan mampu menduduki salah satu posisi di dalam tangga lagu. Lagu ini pun menjadi lagu andalan mereka dan hampir selalu dinyanyikan di setiap konser mereka semenjak lagu ini dirilis.

Tak hanya itu, lagu ini juga dijadikan lagu tema sejumlah game bernama Tony Hawk's Project 8, Pro Evolution Soccer, dan WRC: Rally Evolved. Selain itu, lagu ini juga menjadi soundtrack film The Guardian dan Goal!. Sedangkan lagu kedua mereka, Reason Is Treason ada di dalam game bernama Gran Turismo di PlayStation 2 dan Shaun White Snowboarding di Xbox 360. Single mereka yang lainnya yang berjudul L.S.F (Lost Souls Forever) ada di dalam game FIFA 2004 yang juga ada di Playstation 2.

Selama selang waktu ini, sejumlah drummer seperti Ben Kealey, DJ Dan Ralph Martin, Mitch bersaudara, dan Ryan Glovers sempat bermain bersama Kasabian. Hal ini dikarenakan Kasabian tidak memiliki drummer tetap. Ketika band ini melakukan rekaman di Bristol, mereka bertemu dengan Ian Mattews, yang akhirnya ikut bermain bersama mereka dalam sejumlah lagu, seperti Processed Beats, Buthcer Blues, dan Beneficial Herbs. Mattews pun diajak untuk ikut dalam tur mereka pada tahun 2004 dan akhirnya menjadi anggota tetap Kasabian pada April 2005.

Selama proses rekaman album kedua Kasabian yang berjudul Empire, Christopher Karloff yang merupakan salah satu penulis lagu untuk Kasabian dinilai memiliki sejumlah perbedaan ide dan akhirnya diminta untuk keluar dari band tersebut. Hal ini dinyatakan dalam website Kasabian. Namun, ada sebuah bukti yang menunjukkan bahwa alasan mengapa Karloff meninggalkan Kasabian adalah karena adanya masalah pribadi.

Album kedua ini akhirnya dirilis di UK pada tanggal 28 Agustus 2006. Lagu dengan judul yang sama dengan albumnya, Empire, dirilis sebagai single pertama dan mampu menempati posisi kesembilan UK Charts. Lagu mereka yang berjudul Shoot the Runner meraih peringkat ke-17 di Brithish Charts. Single ketiga mereka yang berjudul Me Plus One dirilis pada tanggal 2 Januari 2007. Di tahun yang sama dengan perilisan single ketiga tersebut, Kasabian meraih penghargaan dengan predikat Best Live Act dari 2007 NME Awards.

Kasabian mulai mengerjakan album ketiga mereka di akhir tahun 2007 dengan Dan the Automator sebagai produsernya. Judul album tersebut dinyatakan pada tanggal 5 Maret 2009, yaitu West Ryder Pauper Lunatic Asylum dan dirilis pada tanggal 8 Juni 2009. Pada tanggal 14 Juni 2009 album ini meraih peringkat pertama di UK Top 40 Charts dan mampu bertahan selama dua minggu. Tak hanya itu, album ini pun masuk sebagai nominator dalam Mercury Prize 2009 dan mendapatkan penghargaan dari Q Awards 2009 dengan predikat Best Album. Pada tahun 2010, band ini memenangkan penghargaan dari Brit Awards 2010 sebagai Best Group. Di tahun yang sama, band ini kembali meraih penghargaan dari Q Awards dan mendapat predikat Best Act In The World Today. Selain itu, lagu mereka yang berjudul Fire juga digunakan sebagai lagu tema Barclays Premier League musim 2010-2011.

Bulan November 2010 kemarin, Kasabian mulai mengerjakan album keempat mereka dan sejumlah lagu telah selesai ditulis. Kasabian akan tampil sebagai penutup acara Isle of Wight Festival dan juga tampil dalam festival Rockness pada bulan Juni 2011.

DISKOGRAFI
Studio Album:
2004 KASABIAN
2006 EMPIRE
2009 WEST RYDER LUNATIC ASYLUM


Nominasi dan Penghargaan:

Brit Awards:
2005 Best British Rock Act
2007 Best British Live Act
2010 Best British Group


Q Awards:
2004 Best New Act
2009 Best Album
2010 Best Act In The World Today


NME Awards:
2007 Best Live Band
2010 Best Album
2010 Best Album Artwork


MOJO Awards:
2010 Bets Album
2010 Songn of the Year
2010 Best Live Act
Lebih Lengkap