Kate Ford
Personal
Kate Ford adalah seorang aktris asal Inggris yang terkenal lewat perannya sebagai Tracy Barlow dalam sebuah opera sabun ITV berjudul Coronation Street sejak tahun 2002 hingga 2007. Dia kembali bermain dalam Coronation Street pada tahun 2010. Wanita ini sempat menempuh pendidikan di Queen Elizabeth School, Kirkby Lonsdale, Cumbria dan juga Blackpool and Fylde College di Lancashire.

Terkait kehidupan pribadinya, pada Februari 2007, Ford mengumumkan pada media bahwa ia telah bertunangan dengan seorang produser televisi bernama Jon Connerty. Mereka pun akhirnya menikah pada tanggal 13 Oktober 2007. Dari pernikahannya, ia dikaruniai seorang putra bernama Otis James Roger Connerty yang lahir pada bulan Juni tahun 2008. Mereka kini tinggal di Dulwich, South London.

Karir
Pada tahun 2002, dia tampil dalam sebuah opera sabun BBC1 berjudul EastEnders sebagai dua karakter, yaitu Ricky Butcher dan Bianca Jackson. Di tahun yang sama, Ford mengambil peran sebagai Tracy Barlow dalam Coronation Street. Dia merupakan aktris keempat yang memainkan peran sebagai Tracy Barlow setelah sebelumnya Christabel Finch, yang memerankan tokoh ini sejak kelahirannya pada tahun 1977 hingga 1985.

Holly Chamarette kemudian mengambil alih peran ini dan mulai memerankannya dari tahun 1985-1988. Setelah itu, peran sebagai Tracy Barlow dimainkan oleh Dawn Acton (1988-1999). Ketika Ford memerankan tokoh ini, dia membawakan sisi gelap tokoh ini, dimana dia harus menampilkan kesan sebagai wanita yang lebih murahan dari penokohan yang dibawakan oleh artis-artis sebelumnya.

Pada tahun 2004 dan 2005, dia mendapatkan penghargaan dari British Soap Award dengan predikat sebagai Best Bitch lewat perannya dalam Coronation Street. Tak lama kemudian, ia muncul sebagai profil untuk PETA. Pada tahun 2007, dia diberi dua pengahragaan sekaligus oleh British Soap Award sebagai Best Actress dan Best Storyline, bersama Samia Smith dan Bill Ward.

Ford akhirnya meninggalkan Coronation Street setelah kontrak kerjanya habis pada April 2007. Dua bulan kemudian, Juni 2007, Ford tampil dalam sebuah film drama detektif berjudul Blue Murder yang merupakan peran pertamanya setelah ia meninggalkan Coronation Street.

Tak hanya aktif di dunia peran, Ford juga merupakan anggota aktif sekaligus suporter dari sebuah gerakan bernama Anti Fur Trade In China. Dia juga berpartisipasi dalam sebuah kampanye organisasi bernama PETA (People for the Ethical Treatment of Animals) yang bertajuk boycott all fur . Selain itu, ia juga merupakan suporter dari Green Party of England and Wales.

Pada Januari 2010 kemarin, Ford diberitakan akan kembali berakting dalam Coronation Street secara permanen pada tahun 2010. Selain itu, ia pun kembali ke dunia perfilman pada tanggal 8 Maret 2010.

Oleh: Lusiana Distika Sari
Lebih Lengkap