Kelly Clarkson
Kelly Brianne Clarkson lahir di Fort Worth, Texas, Amerika Serikat pada tanggal 24 April 1982 dari orang tua keturunan Wales, Yunani, Irlandia, dan Jerman. Dia adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu asal Amerika Serikat yang namanya melejit setelah menjadi juara pertama American Idol musim pertama. Hingga tahun 2006, Kelly Brianne Clarkson telah berhasil mengeluarkan 2 album. Sewaktu kecil, ia bercita-cita menjadi ahli biologi kelautan, namun setelah menonton film JAWS,ia berubah pikiran akibat ngeri melihat monster-monster laut yang ganas. Saat duduk di sekolah menengah, seorang guru mendengarnya sedang menyanyi.Karena terkesan dengan suara Kelly, sang guru mengajaknya mengikuti koor di sekolah. Setelah beberapa saat mengikuti koor, akhirnya dia mulai tertarik ke dunia musik.

Lulus dari sekolah menegah, Kelly bekerja serabutan. Dia sempat bekerja sebagai pelayan "cocktail", gadis promosi untuk Red Bull,di bioskop (di mana film perdananya, From Justin to Kelly, ditayangkan), di farmasi, di kebun binatang Fort Worth, sebagai "telemarketer", sebagai sales "door-to-door" untuk penyedot debu "Kirby" selama sehari, dan pekerjaan lainnya. Namun dia juga sempat mencicipi dunia televisi dengan bekerja pada sebuah stasiun televisi.

Kelly mengukuti audisi acara American Idol musim pertama di tahun 2002 dan sebelum menjadi pemenang, ia sudah mendapatkan pujian dalam penampilannya. Pada 4 September 2002, Kelly memenangkan kompetisi tersebut dengan 58% suara pemilih atas Justin Guarini. Di antara kontestan musim lainnya, hanya Kelly, David Cook, dan Carrie Underwood yang berhasil menghindari peringkat tiga terbawah tiap pekan. Kelly dan Carrie kemudian menjadi juara sedangkan Clay menempati posisi kedua. Mereka semua kemudian keluar sebagai juara.

Awalnya, Kelly diarahkan sebagai seorang penyanyi pop, sebagimana karakter musik yang terlihat dalam album THANKFUL (2003). Namun, seiring perjalannya di dunia musik, ia berkembang menjadi penyanyi rock. Hal tersebut terlihat dalam album keduanya yang berjudul BREAKAWAY (2004), dimana genre musik yang mendominasi lagu-lagunya adalah musik rock. Walaupun berbeda aliran, namun kedua album tersebut sama-sama sukses di pasaran dan berhasil meraih predikat platinum di berbagai negara, selain itu single-single Kelly juga senantiasa berada pada peringkat atas dalam berbagai tangga album. Secara mengejutkan, ia juga berhasil meraih 2 penghargaan Grammy Award pada tahun 2006 untuk kategori Best Female Pop Vocal Performance dan Best Pop Vocal Album.

Pada tahun 2005, ia berhasil memenangkan penghargaan Teen Choice, American Music Awards, dan 2 penghargaan MTV VMA (Video Music Awards). Di tahun 2006, ia berhasil memenangkan 2 Grammy Awards, TRL Awards, MTV Asia Awards, Kids Choice Awards, Teen Choice Awards, dan 1 penghargaan VMA. Kelly juga dinominasikan dalam Radio Music Award 2005 dan MTV Australia Video Music Awards.

Video Clip-nya, Behind These Hazel Eyes berhasil memecahkan rekor TRL (Total Request Live) mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Britney Spears. Bulan November 2005, Kelly mengadakan tour ke Australia dan New Zealand. Namun akhirnya ia membatalkan tur ke New Zealand. Tanggal 3 Oktober 2005, Video Klip Because OF You yang menceritakan masa kecil Kelly Clarkson ditayangkan pertama kali oleh TRL

FILMOGRAPHY
2002 SABRINA THE TEENAGE WITCH
2002 THAT '80S SHOW
2002 ISSUES 101
2002 MADTV
2003 FROM JUSTIN TO KELLY
2003-2004 AMERICAN DREAMS
2004 TIDINGS OF COMFORT AND JOY
KING OF THE HILL
2005 SATURDAY NIGHT LIVE
DAMAGE CONTROL
2007 REBA
2009 SATURDAY NIGHT LIVE


DISCOGRAPHY
THANKFUL (2003)
BREAKAWAY (2004)
MY DECEMBER (2007)
ALL I EVER WANTED (2009)
Lebih Lengkap