10 Drama Korea Sad Ending Yang Bikin Berurai Air Mata

Mita Anandayu | 23 Oktober 2018, 17:35 WIB
10 Drama Korea Sad Ending Yang Bikin Berurai Air Mata

Kapanlagi.com - Drama Korea punya beragam cerita seakan tak pernah kehabisan ide. Mulai dari genre drama romantis, komedi romantis, thriller, time travel bahkan sampai adaptasi dari webtoon semuanya bisa kamu nikmati. Nggak melihat genre, drama Korea memang selalu bikin penontonnya puas dengan jalan cerita.

Akhir bahagia sebuah drama memang selalu paling ditunggu dan bikin penasaran. Eh tapi bagaimana dengan drama Korea yang sad ending atau berakhir menyedihkan ya? Ada nih beberapa drama Korea yang sayangnya harus membuat para pecintanya berurai air mata. Ada apa saja?


1. ENDLESS LOVE

Eun Suh meninggal di gendongan Jun Suh dalam drama ENDLESS LOVE © KBS Eun Suh meninggal di gendongan Jun Suh dalam drama ENDLESS LOVE © KBS

Kalau di Indonesia dikenal sebagai ENDLESS LOVE, kalau di Korea sana berjudul AUTUMN IN MY HEART. Drama ini benar-benar membuat sedih para penikmat drama Korea.

Gimana nggak? Drama yang dirilis tahun 2000 ini harus memilih akhir yang tragis bagi kedua pemeran utamanya. Yoon Joon Suh yang diperankan oleh Song Seung Heon harus kehilangan cewek yang dicintainya, Choi Eun Suh yang diperankan oleh Song Hye Kyo.

Eun Suh meninggal karena sakit Leukemia yang dideritanya. Eun Suh meninggal di gendongan Jun Suh saat keduanya menyusuri pantai. Eun Suh berpesan kepada Jun Suh untuk tetap menjalani hidup sepeninggalnya. Namun sayangnya, saat pemakaman Eun Suh, Jun Suh justru mencoba bunuh diri.

Meski tak diketahui akhirnya Jun Suh juga meninggal atau bertahan hidup, tapi drama ini membuktikan soal kekuatan cinta meski harus berakhir menyedihkan.


2. MEMORIES OF BALI

Lee Soo Jung meninggal setelah ditembak oleh Jung Jae Min © SBSLee Soo Jung meninggal setelah ditembak oleh Jung Jae Min © SBS

So Ji Sub dan Jo In Sung kini dikenal sebagai aktor Korea papan atas. Keduanya pun dikenal sebagai aktor yang sukses membintangi drama romantis. Salah satunya MEMORIES OF BALI yang tayang pada tahun 2004. Drama ini jugalah yang membuat kedua nama aktor tersebut semakin dikenal.

Tak hanya karena pemainnya yang ganteng-ganteng, drama ini juga populer di Indonesia karena syuting di Bali, seperti judulnya. Jalan ceritanya juga membuat drama ini meraih rating di atas 30% di Korea!

Namun sedihnya, kecemburuan membuat akhir dari cerita cinta segitiga ini harus berakhir tragis. Bayangkan saja ketiga pemeran utamanya harus mati. Jung Jae Min (Jo In Sung) menembak Lee Soo Jung (Ha Ji Won) dan Kang In Woo (So Ji Sub) setelah melihat keduanya berduaan di kamar. Jae Min dibuat cemburu saat itu hingga tega menembak cewek yang dicintainya.

Tak lama setelah menembak Lee Soo Jung dan Kang In Wook, Jung Jae Min pun menuju pantai dan menembak dirinya dengan pistol yang sama. Ketiganya pun berakhir dengan kematian.


3. I'M SORRY I LOVE YOU

Eun Chae minum racun dan meninggal di samping makam Cha Moo Hyuk dalam drama I'M SORRY I LOVE YOU © KBSEun Chae minum racun dan meninggal di samping makam Cha Moo Hyuk dalam drama I'M SORRY I LOVE YOU © KBS

Tahun 2004 kisah tragis drama Korea nggak berakhir di MEMORIES IN BALI saja dong. Masih ada I'M SORRY I LOVE YOU nih yang juga sad ending. Cinta Song Eun Chae (Im Soo Jung) yang begitu besar kepada Cha Moo Hyuk (So Ji Sub) membuatnya harus bunuh diri dengan meminum racun di sebelah makan Cha Moo Hyuk. Cha Moo Hyuk sendiri meninggal usai terlibat dalam kecelakaan sepeda motor. Apalagi kalau dengerin instrument dari soundtrack drama ini jadi makin sedih, ya nggak?

4. A LOVE TO KILL

Kang Bok Gu dan Cha Eun Suk di episode terakhir drama A LOVE TO KILL © KBSKang Bok Gu dan Cha Eun Suk di episode terakhir drama A LOVE TO KILL © KBS

Rasa cinta yang mendalam ingin dikubur oleh Kang Bok Gu. Namun apa daya kekuatan cintanya untuk Cha Eun Suk begitu besar.

Alasan Bok Gu ingin menghentikan perasaannya ini dikarenakan cewek yang dicintainya adalah mantan kekasih sang kakak. Kakaknya pun hingga kini masih mencintai Eun Suk.

Bok Gu menyimpan dengan Eun Suk karena telah membuat sang kakak lumpuh setelah loncat dari gedung. Bok Gu ingin membuat sang kakak bahagia dengan mempertemukan kembali dengan Eun Suk. Namun sayang, pertemuannya dengan Eun Suk ternyata membuatnya jatuh cinta. Benci itupun berubah menjadi cinta. Eun Suk pun mulai jatuh cinta padanya.

Cinta yang membuat mereka merasa bersalah ini pun akhirnya harus berakhir dengan kematian. Setelah memutuskan berpisah, Bok Gu dan Eun Suk kembali bertemu di tengah salju lebat. Keduanya pun mati bersama karena dingin.

Drama ini dibintangi oleh Rain dan Shin Min Ah di tahun 2005. Soundtrack drama ini berjudul Dream, dinyanyikan oleh K Will yang membawa namanya dikenal hingga sekarang. Lagu Dream sendiri diciptakan oleh JYP.

5. A THOUSAND DAYS PROMISE

Park Ji Hyung dan Seo Yeon di drama A THOUSAND DAYS PROMISE diperankan oleh Kim Rae Won dan Soo Ae © SBSPark Ji Hyung dan Seo Yeon di drama A THOUSAND DAYS PROMISE diperankan oleh Kim Rae Won dan Soo Ae © SBS

Lee Seo Yeon didiagnosa menderita Alzheimer. Perlahan ingatannya pun lumpuh. Namun, di tengah perjuangannya melawan Alzheimer, Park Ji Hyung muncul.

Park Ji Hyung membuktikan cintanya dengan terus berada di samping Seo Yeon. Takdir namun berkata lain, Seo Yeon meninggal dunia hingga meninggalkan duka yang mendalam pada Ji Hyung.

Drama A THOUSAND DAYS PROMISE ini tayang pada tahun 2011 lalu. Pemeran utama yang chemistrynya bikin kamu nggak tahan buat nangis ini adalah Soo Ae dan Kim Rae Won.

6. COME BACK MISTER

Rain berperan sebagai Kim Young Soo di drama COME BACK MISTER © SBSRain berperan sebagai Kim Young Soo di drama COME BACK MISTER © SBS

Drama COMEBACK MISTER sebenarnya menjadi salah satu drama yang underrated. Tapi tahu nggak sih kalau jalan cerita di drama ini benar-benar menyentuh? Meski akhir dari drama ini realistis, tapi nggak bisa kalau nggak nangis.

Jadi ceritanya ada dua orang bernama Kim Young Soo dan Han Gi Tak yang telah meninggal terus nggak sengaja dapat kesempatan untuk tinggal di Bumi lebih lama lagi. Tapi sayangnya mereka terperangkap di tubuh orang lain.

Kedua orang ini pun tentu saja tak bisa bertemu dengan keluarga atau orang yang dicintainya, padahal tujuan mereka untuk ingin tetap hidup adalah agar bertemu dengan keluarga mereka. Mereka pun tak bisa mengungkap identitas mereka karena ada hukuman yang bakal menanti.

Hingga di akhir episode mereka tak pernah mengungkap identitas. Akan tetapi orang terdekat mereka seakan kenal dengan sosok kedua orang ini. Keluarga mereka sadar bahwa ada hal yang tak bisa diungkapkan oleh Kim Young Soo dan Han Gi Tak. Pada episode terakhir keduanya pun harus kembali ke surga setelah menyelesaikan semua urusan mereka di dunia.

7. SCARLET HEART: RYEO

IU dan Lee Jun Ki di drama SCARLET HEART: RYEO © SBSIU dan Lee Jun Ki di drama SCARLET HEART: RYEO © SBS

Sama halnya dengan COME BACK MISTER, SCARLET HEART: RYEO juga punya ending yang realistis tapi membuat sedih nih. Diceritakan Go Ha Jin (IU) yang hidup di abad 21 tiba-tiba terperangkap di tahun 941. Di sana dia bertemu dengan keluarga dari kerajaan. Dimana raja Wang So dan Wang Wook jatuh cinta padanya.

Go Ha Jin pun dibuat jatuh cinta pada Wang So. Tapi sayang pada akhir cerita mereka tak bisa bersatu. Go Ha Jin tiba-tiba saja kembali ke masa kini. Penonton pun benar-benar dibuat baper dengan ending dari cerita Ha Jin dan Wang So.


8. UNCONTROLLABLY FOND

Kim Woo Bin dan Bae Suzy di drama UNCONTROLLABLY FOND. Endingnya sedih banget! © KBSKim Woo Bin dan Bae Suzy di drama UNCONTROLLABLY FOND. Endingnya sedih banget! © KBS

Drama Kim Woo Bin dan Bae Suzy satu ini membuat penontonnya harus menyiapkan tisu di episode terakhir nih. Shin Joon Young (Kim Woo Bin) menderita penyakit mematikan. Pertemuan Shin Joon Young dan Noh Eul (Bae Suzy) membuatnya saling jatuh cinta. Namun sayang, maut harus memisahkan pasangan ini di akhir episode. Joon Young meninggal setelah berjuang melawan penyakitnya. Noh Eul pun melepas kepergian Joon Young dengan tegar.

Joon Young meninggal di pundak Noh Eul. Noh Eul pun mengucapkan kalimat manis di detik terakhir kepergiannya. "Jangan memikirkan apa-apa, tidurlah. Terima kasih, Joon Young. Sampai bertemu besok," ucap Noh Eul saat itu.

9. CHEESE IN THE TRAP

Adegan saat Seol dan Yoo Jung putus di CHEESE IN THE TRAP nih © tvNAdegan saat Seol dan Yoo Jung putus di CHEESE IN THE TRAP nih © tvN

Kisah manis Seol dan Yoo Jung di awal nyatanya tak membuat ending ceritanya bahagia. Yoo Jung yang penuh dengan misteri membuat Seol pada akhirnya kecewa.

Kekecawaan yang diungkapkan oleh Seol membuat Yoo Jung memutuskan untuk putus darinya. Keputusan Yoo Jung ini diambil karena ia berpikir bahwa Seol selama ini berusaha memahaminya dan menerima apa adanya. Namun hal tersebutnya justru membuatnya berat.


10. TIME

Pemakaman Soo Ho di drama TIME © MBCPemakaman Soo Ho di drama TIME © MBC

Pemeran utama cowok dalam drama ini, Soo Ho didiagnosa menderita kanker. Setelah ia tahu bahwa hidupnya tak lama lagi, ia pun membantu memecahkan kasus yang menyeret namanya. Kasus membuat hatinya tersentuh kepada seorang cewek bernama Ji Hyun.

Keduanya pun akhirnya menikah, namun maut pun tetap memisahkan mereka. Soo Ho meninggal setelah menyelamatkan sang istri yang tenggelam di laut.

(kpl/mit)

Editor:  

Mita Anandayu