Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

10 Tahun Debut, Ini Sederet Prestasi EXO yang Tak Boleh Kamu Lupakan

Jum'at, 08 April 2022 15:05 WIB
10 Tahun Debut, Ini Sederet Prestasi EXO yang Tak Boleh Kamu Lupakan
Berbagai Prestasi EXO dalam 10 Tahun Debutnya credit: SM Entertainment

Kapanlagi.com - EXO yang debut pada 8 April 2012, dalam 10 tahun karirnya telah merilis berbagai lagu-lagu hit, dengan penampilan yang luar biasa, seperti MAMA, Wolf, Growl, Overdose, CALL ME BABY, LOVE ME RIGHT, Monster, Lotto, Ko Ko Bop, Power, Tempo, Love Shot, Obsession.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. ‘Worldwide Hit’ -> Menjadi Million-seller, Membuka Paradigma Baru dalam Industri Musik!

Gambar

Sejak debut, EXO berhasil menarik perhatian publik dengan menghadirkan identitas dan konten yang berbeda, berdasarkan pandangan dunia dari para anggotanya, di mana mereka memiliki superpower. EXO memikat penggemar di seluruh dunia dengan cerita pandangan dunia mereka melalui berbagai konten, seperti lagu, video musik, dan penampilan. Kesuksesan EXO memberikan dampak yang kuat, di mana mereka berhasil membuat pandangan dunia artis menjadi sesuatu yang universal di dunia musik.

Selain itu, EXO juga mendapatkan predikat million seller dengan full-length album pertama 'XOXO (Kiss&Hug)' yang dirilis pada tahun 2013, dan kembali membuka era penjualan album yang melampaui 1 juta copy. Kemudian dilanjutkan dengan full-length album ke-2 'EXODUS', full-length album ke-3 'EX'ACT', full-length album ke-4 'THE WAR', hingga full-length album ke-5 'DON'T MESS UP MY TEMPO', EXO berhasil meraih lebih dari 1 juta copy penjualan album. Secara khusus, special album 'DON'T FIGHT THE FEELING' yang dirilis pada tahun 2021 berhasil meraih penjualan 1,08 juta album dalam 1 minggu setelah perilisan. EXO berhasil menjadi artis pertama yang debut setelah tahun 2000 yang mencapai 10 juta penjualan album di Korea Selatan.

2. 5 Tahun Berturut-turut Mendapatkan ‘Grand Prize’ (Daesang)

Gambar

Dalam tahun pertama setelah debut, EXO berhasil memenangkan penghargaan 'Rookie Awards' dalam berbagai acara penghargaan akhir tahun. Setelah itu, EXO berhasil memenangkan penghargaan 'Best Song of the Year' di '2013 Melon Music Awards (MMA)'. Kemudian, dimulai dengan penghargaan 'Album of the Year' di '2013 Mnet Asian Music Awards (MAMA)', EXO berhasil menerima 'Grand Prize' yang merupakan penghargaan tertinggi di acara penghargaan tiap tahunnya. Secara khusus, EXO berhasil menjadi artis Korea Selatan pertama yang masuk dalam daftar Guiness Book of World Records setelah memenangkan 'Grand Prize' di 'Mnet Asian Music Awards' dari 2013 hingga 2017, sebagai pemenang terbanyak.

EXO juga menghadiri upacara penutupan 'Olimpiade Musim Dingin 2018 Pyeongchang' sebagai penyanyi perwakilan Korea dan menunjukkan penampilan panggung yang luar biasa. Lagu EXO 'Power' pun juga digunakan sebagai musik latar di babak semi-final Piala Dunia 2018 di Rusia, dan dipilih sebagai lagu Korea pertama untuk 'Dubai Fountain Show', yang merupakan salah satu dari tiga pertunjukkan air mancur terbesar di dunia.

3. Grup -> Individual… Spektrum Aktivitas yang Tidak Terbatas!

Gambar

EXO tidak hanya mendapatkan popularitas dengan kegiatan grup dan unit, tapi juga melalui kegiatan individual mereka yang menunjukkan warna musik mereka; seperti CHEN, BAEKHYUN, dan XIUMIN yang tergabung dalam EXO-CBX, juga SEHUN dan CHANYEOL yang tergabung dalam EXO-SC. LAY, CHEN, BAEKHYUN, SUHO, KAI, dan D.O. secara individual juga mendapatkan banyak cinta dengan album solo yang menunjukkan warna musik mereka sendiri.

Secara khusus, BAEKHYUN dengan mini-album 'Delight' yang dirilis pada tahun 2020 dan 'Bambi' yang dirilis pada tahun 2021 berhasil meraih penjualan lebih dari 1 juta copy, menjadikannya sebagai million seller sebanyak 8 kali, juga menjadi penyanyi yang berhasil mendapatkan predikat million seller tidak hanya bersama dengan grup, tapi juga individu dalam 20 tahun terakhir setelah Seo Taiji. BAEKHYUN juga berhasil memenangkan penghargaan 'Male Artist' selama 3 tahun berturut-turut di 'Mnet Asian Music Awards'.

Selain itu, EXO tidak hanya aktif dalam bermusik, tapi juga dalam dunia akting, hiburan, dan musikal. Dengan berbagai spektrum dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anggota EXO, ekspektasi yang tinggi diberikan untuk kegiatan mereka di masa depan.

4. Akan Menggelar Anniversary ke-10

Gambar

Sementara itu, EXO akan mengadakan '2022 Debut Anniversary Fan Event : EXO' untuk merayakan 10 tahun debut mereka pada 9 April 2022, pukul 17.00 WIB di Jamsil Arena, Seoul. Acara ini juga akan disiarkan secara langsung di seluruh dunia melalui platform Beyond LIVE.

https://www.newshub.id/interactive2/3103