11 Bintang Korea yang Terungkap Melawan Depresi di Tengah Kelamnya K-Pop: Sulli - IU

Ayu Srikhandi | Selasa, 15 Oktober 2019 16:12 WIB
11 Bintang Korea yang Terungkap Melawan Depresi di Tengah Kelamnya K-Pop: Sulli - IU

Kapanlagi.com - Seperti yang diketahui, dunia entertainment Korea memiliki tuntutan yang begitu besar. Bahkan artis-artis Korea harus bertahan di tengah berjuang dengan karir sambil menghadapi komentar jahat netizen, sasaeng fans, jadwal super padat, dan bahkan kadang sampai harus menerima perlakuan tak adil dari agensi maupun banyak pihak lainnya.

Masih jelas teringat bagaimana Sulli sejak beberapa tahun belakangan mengakui kalau ia mengalami gangguan mental, berakhir menyerah. Bintang SM Entertainment ini ditemukan meninggal dunia di rumahnya, Senin (14/10/2019). Selain Sulli, masih banyak lagi bintang Korea yang juga menderita depresi.

 

1 dari 11 halaman

1. Goo Hara

Goo Hara © instagram.com/koohara__
Mei lalu, Goo Hara sempat melakukan percobaan bunuh diri tapi berhasil digagalkan oleh managernya. Diungkapkan sang manager, eks member KARA ini memang sedang melawan depresi sejak beberapa waktu sebelumnya. Saat itu, Goo Hara juga sempat memposting kata terakhir di Instagram yang berbunyi 'Selamat tinggal'.
2 dari 11 halaman

2. Taeyeon Girls Generation

Taeyeon Girls Generation © instagram.com/taeyeon_ss
Lewat Instagram Story-nya, Taeyeon mengungkap kalau dia sedang menderita depresi. Ia pun berharap kalau netizen maupun fans tidak ada yang menyepelekan penyakit mental.

"Aku menderita depresi. Aku bekerja keras untuk menjadi lebih baik melalui perawatan dengan antidepresan," jelasnya.

"Apakah itu depresi atau gangguan bipolar, tolong jangan 'ck' dan memperlakukan orang dengan tidak hormat. Mereka semua adalah pasien yang menderita," sambung Taeyeon.

3 dari 11 halaman

3. Jeon Tae Soo

Jeon Tae Soo © Naver
Jeon Tae Soo aktor yang sekaligus adik dari Ha Ji Won meninggal dunia setelah menderita depresi. Sang aktor sudah mendapat perawatan dan diungkapkan kondisinya membaik dan bahkan sedang diskusi untuk comeback.
4 dari 11 halaman

4. Kim Yoo Jung

Kim Yoo Jung © topstarnews.net
Saat usianya masih 16 tahun, Kim Yoo Jung mengungkapkan kalau juga melawan depresi. Meski berusaha untuk tidak melihat komentar netizen, tapi karena terus menerus jadi target haters kondisinya pun memburuk.
5 dari 11 halaman

5. Jonghyun SHINee

Jonghyun SHINee © credit as tagged
Tak banyak yang mengetahui kalau mendiang Jonghyun SHINee mengalami depresi berat, yang bahkan membuatnya memutuskan untuk meninggalkan dunia ini. Bintang satu ini bahkan memiliki tato yang melambangkan depresi. Jonghyun diketahui meninggal dunia pada 18 Desember 2017.
6 dari 11 halaman

6. G-Dragon

G-Dragon © allkpop
G-Dragon juga merupan idol yang mengaku menderita depresi. Fans pun dibuat khawatir melihat kondisi idol yang selalu menunjukkan sisi dirinya yang kharismatik di atas panggung itu.

GD jatuh depresi setelah dituduh melakukan plagiat atas single-nya yang bertajuk HEART BREAKER. Belakangan kondisi leader Big Bang itu tampak semakin membaik dan bahkan menjadi pembicara untuk mencegah bunuh diri saat menjalani wajib militer.

7 dari 11 halaman

7. B.I

B.I ARENA
B.I diketahui cukup susah mengendalikan emosinya kala tampil di TV WIN: WHO IS NEXT, membuatnya kesulitan membuat tim B bangkit. Bahkan B.I juga diketahui kembali terlihat depresi saat membuat lagu Love Scenario. Eks member iKON ini juga dilanda cemas saat merilis lagu Bling-Bling. Bobby yang mengetahui hal tersebut terus memberikan dukungan untuk B.I.
8 dari 11 halaman

8. Heechul Super Junior

Heechul Super Junior © credit as tagged
Heechul memang terang-terangan mengaku kalau mengalami depresi, hal itu dipicu saat Hangeng memutuskan keluar dari Super Junior. Heechul yang memang begitu dekat, jatuh depresi dan menolak untuk tampil selama 3 bulan.
9 dari 11 halaman

9. Sulli

Sulli © Instagram.com/jelly_jilli
Sulli yang sejak kelas 4 SD judah jadi trainee SM Entertainment mengalami gangguan panik sejak masih kecil. Saat tumbuh dewasa, kondisi Sulli pun memburuk karena terus-terusan mendapat komentar pedas dari netizen.
10 dari 11 halaman

10. IU

IU © instagram.com/dlwlrma
Saat konser, IU buka-bukaan pada penggemarnya kalau ia sempat mengalami depresi di tahun 2014. Saat itu banyak orang yang menyukainya, tapi mendadak merasa minder saking banyaknya pujian. Gara-gara hal itu, ia diserang insomnia, yang membuatnya tidak bisa beraktivitas dengan normal.
11 dari 11 halaman

11. Suzy

Suzy © koreaboo.com
Di balik karirnya yang sukses, Suzy nyatanya juga pernah mengalami depresi. Bahkan saat itu ia tidak bisa mengadu pada siapapun kalau kesehatan mentalnya sedang buruk.

"Aku sedang mengalami depresi dan tidak bisa mengatakan pada siapapun. Aku bahkan berpikir kalau tidak akan bertahan esok hari. Suatu kali, aku sedang mengobrol dengan sahabatku dan tertawa, tapi mendadak aku menangis," curhat Suzy.

Kalau ada orang terdekatmu sedang mengalami depresi dan ada tanda hendak menyakiti dirinya sendiri. Yuk, kita bantu. Sementara hotline pencegahan bunuh diri masih vakum, kamu bisa menelepon ke Konseling Pencegahan Bunuh Diri ke RSJ terdekat dari kota kamu.

1. RSJ Amino Gondohutomo Semarang (024) 6722565
2. RSJ Marzoeki Mahdi Bogor (0251) 8324024, 8324025, 8320467
3. RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta (021) 5682841
4. RSJ Prof Dr Soerojo Magelang (0293) 363601
5. RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang (0341) 423444

(kpl/jje)


Editor:  

Ayu Srikhandi

↑