12 Bukti SM Entertainment Langganan Salah Ketik di Merchandise Idol, Ada yang Sadar?

Renisya Satya Putri   | Selasa, 14 April 2020 12:56 WIB
12 Bukti SM Entertainment Langganan Salah Ketik di Merchandise Idol, Ada yang Sadar?
© SM Entertainment

Kapanlagi.com - Membuat kesalahan sekali dan dua kali merupakan suatu hal yang wajar, tetapi bagaimana jadinya ketika kesalahan tersebut terjadi berulang kali? Hal ini dialami oleh SM Entertainment yang kini dikenal suka langganan salah ketik di merchandise resmi para artisnya. Bagi kalian penggemar idol yang berada di bawah naungan SM Entertainment, mungkin ada yang belum menyadari hal ini. Berikut adalah 12 buktinya, simak yuk!

1. Nama Ten

Merchandise tas bergambar logo SuperM tentu keren dipakai jalan-jalan atau ke sekolah. Tapi setelah diperhatikan nama-nama personilnya, SM Entertainment salah ketik nama Ten menjadi Tae tuh!

2. Nama Taemin

Ten bukan satu-satunya korban salah ketik tim merchandise SM Entertainment. Nama Taemin berubah menjadi Taenin pada merchandise konser solo keduanya T1001101.

3. Judul Lagu TVXQ

Dompet kecil berwarna merah khas fandom TVXQ, Cassiopeia, ini menggemaskan banget kan. Tunggu dulu, seharusnya judul lagu dalam album THE CHANCE OF LOVE adalah Fate, bukan Faith.

4. Alamat Pre-Recording

SM Entertainment juga pernah salah ketik alamat lokasi pre-recording. Alamat sebenarnya adalah Goyang-si (Kota Goyang) diketik menjadi Goyang-ee (kucing dalam bahasa Korea).

5. Tulisan NCT DREAM

Sekarang giliran nama salah satu boy grup yang menjadi korban salah ketik SM Entertainment. Alih-alih bertuliskan NCT DREAM, nama yang terpampang di clapperboard ini adalah NTC DREAM.

6. Merchandise Girls' Generation

Mereka juga pernah salah ketik '11th Year Anniversary' Girls' Generation jadi '11th Yrar Annivrrsary'. Wah wah, mungkin tombol 'E' keyboard-nya lagi rusak.

7. Lagi-Lagi Girls' Generation

Di merchandise lain malah nama grupnya yang kena salah ketik. Harusnya Girls' Generation jadi Girls' Generration. Kebanyakan nih huruf 'R'-nya.

8. Nama Baekhyun

Dalam album KOKOBOP, semua penulisan nama Baekhyun diketik sebagai Backhyun sampai-sampai mereka menambahkan sticker nama buat memperbaiki kesalahan tersebut. Ada-ada aja ya.

9. Salah Intro

Intro konser EXO'luXion nyelip di daftar lagu yang ada di DVD SHINEE WORLD IV. Kesalahan ini bikin para penggemar kecewa dan meminta SM Entertainment untuk meralatnya.

10. Salah Lirik

SM Entertainment juga pernah salah ketik lirik panduan fan chant untuk lagu Umpah Umpah yang dipopulerkan oleh Red Velvet. Verse pertama dan kedua harusnya memiliki lirik yang berbeda, tetapi mereka menuliskan lirik untuk verse 1 di kedua bagian.

11. Salah Boy Group

Nama TVXQ mendadak muncul di tengah-tengah pengumuman panduan yang sebenarnya membahas tentang EXO. Kok bisa ya?

12. Poster Yesung

Terakhir, SM Entertainment salah ketik judul album solo perdana Yesung Super Junior yang seharusnya HERE I AM menjadi HEAR I AM di poster super besar yang dipajang di depan gedung Coex. KLovers pernah menemukan salah ketik semacam itu juga nggak?

Editor:   Renisya Satya Putri