Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

12 Rekomendasi Film Korea dari Kisah Nyata, Ada Cerita Pembunuhan dan Penculik - Sebuah Perjuangan

Dhia Amira   | Jum'at, 05 Agustus 2022 13:22 WIB
12 Rekomendasi Film Korea dari Kisah Nyata, Ada Cerita Pembunuhan dan Penculik - Sebuah Perjuangan
Rekomendasi Film Korea dari Kisah Nyata (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Tidak semua film Korea mempunyai cerita yang fiksi ya KLovers. Ya, beberapa rekomendasi film Korea dari kisah nyata ini menjadi salah satunya. Kalian, pecinta film hingga drama Korea, wajib banget deh nonton rekomendasi film Korea dari kisah nyata ini.

Bukan hanya memberikan kisah nyata yang menarik saja, namun kalian akan dibuat tercengang hingga emosi dengan beberapa rekomendasi film Korea dari kisah nyata ini. Ada yang diambil dari kisah pelecehan seksual anak, hingga pembunuhan yang tragis.

Nah, apa saja ya rekomendasi film Korea dari kisah nyata tersebut? Berikut ini 12 rekomendasi film Korea dari kisah nyata yang bisa bikin kalian emosi jiwa. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. MEMORIES OF MURDER (2003)

Gambar

Rekomendasi film Korea dari kisah nyata yang pertama ada, MEMORIES OF MURDER. Film ini berkisah tentang tiga detektif yang sedang memecahkan serangkaian pembunuhan brutal dan misterius di sebuah desa kecil. Mereka hanya memiliki sedikit petunjuk untuk dilanjutkan.

Para detektif ini tahu si pembunuh hanya membunuh saat hujan, saat korban mengenakan pakaian merah, dan saat lagu tertentu diputar di radio. Film yang juga menjadi film terbaik Bong Joon-ho setelah Parasite ini hadir dengan sangat baik dari komedi ke misteri dan kadang-kadang ke horor.

Dalam beberapa adegan sering sulit sekali ditebak dan dapat menampilkan hal-hal yang tak terduga sama sekali. Dan menjadi salah satu rekomendasi film Korea dari kisah nyata yang wajib ditonton.

2. VOICE OF THE MURDERER (2007)

Gambar

VOICE OF THE MURDERER menjadi salah satu rekomendasi film Korea dari kisah nyata selanjutnya. Ya, film ini merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata yang pernah terjadi di Korea Selatan pada 1991. Mengisahkan putra Han Kyung-bae, seorang pembawa berita terkenal yang diculik oleh seseorang tanpa jejak.

Penculik tersebut segera menghubungi Oh Ji-sun dan meminta 100 ribu dollar sebagai tebusan. Kyung-bae dan Ji-sun bersama polisi segera menyusun rencana untuk menyelamatkan anaknya yang diculik. Namun, sang penculik selalu berhasil mengecoh jebakan polisi dan meminta Kyung-bae dan istrinya untuk segera meletakkan uangnya.

Selama nonton film ini, kalian akan merasakan ketakutan dan ketegangan yang luar biasa loh KLovers. Kalian akan dibuat bingung, apakah sang anak memang masih hidup atau apakah sudah mati. Kalian juga akan merasa gregetan dengan setiap adegan yang ada di film ini.

3. CHILDREN (2011)

Gambar

Rekomendasi film Korea dari kisah nyata yang lainnya yaitu ada film berjudul CHILDREN. Film CHILDREN dirilis tahun 2011 silam yang memiliki genre crime dan thriller. Film ini diperankan oleh sejumlah bintang senior populer seperti Dong-il Sung, Seung Ryrong Ryu, Kim Yeo-jin dan sebagainya.

Film CHILDREN berkisah mengenai hilangnya lima orang anak di Gunung Waryong sejak tahun 1991 silam. Usai belasan tahun, ditemukan tulang yang ternyata memiliki identitas para anak yang hilang. Kemudian para detektif berusaha mengungkap kasus dibalik kematian anak-anak tersebut.

Apalagi sebelumnya ditemukan kejanggalan saat ada pemuda misterius yang juga pergi ke gunung ketika para anak tersebut dinyatakan hilang. Film CHILDREN ini bahkan didasarkan pada kisah nyata kasus pembunuhan yang belum terungkap loh KLovers.

4. SILENCED (2011)

Gambar

SILENCED juga menjadi salah satu rekomendasi film Korea dari kisah nyata wajib yang perlu KLovers tonton. Film ini diangkat dari kisah nyata yang pernah terjadi di Gwangju Inhwa School, sebuah sekolah berkebutuhan khusus di Korea Selatan. Film SILENCED mengisahkan Kang In-ho, seorang guru seni di Benevolence Academy di kota fiksi Mujin, Provinsi Jeolla Utara yang baru saja masuk.

Namun, sampai kemudian In-ho tahu bahwa para muridnya telah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan para guru dan staf administrasi. Selama menonton film ini kalian akan dibuat marah hingga akhirnya kasus ini dibuka kembali dan dilakukan penyelidikan.

Selain itu, pada Oktober 2011, Majelis Nasional Korea Selatan menghapus undang-undang pembatasan kejahatan seks terhadap anak di bawah umur dan orang berkebutuhan khusus. Namun, diketahui bahwa, para penjahat ini tidak mendapatkan hukuman yang setimpal.

5. AS ONE (2012)

Gambar

Setelah pengeboman udara yang dilakukan oleh Korea Utara pada Korean Air Penerbangan 858 pada tahun 1987, sebuah Konferensi Tingkat Tinggi diadakan antara Korea Utara dan Korea Selatan agar meredakan ketegangan yang ekstrem di semenanjung Korea. KTT berakhir dengan kesepakatan yang dibuat secara cepat untuk membentuk tim olahraga Korea bersatu.

Dan tenis meja menjadi pilihan mungkin yang dipilih sebagai pemersatu simbolik. Secara ringkas, tim Korea Utara-Selatan pertama yang pernah bersatu di bawah naungan sederhana "KOREA" dibentuk untuk bersaing di Kejuaraan Tenis Meja Dunia 1991 di Chiba, Jepang. Dan film AS ONE ini menceritakan peristiwa sejarah tersebut.

Dimana dua pemain yang selama ini hanya pernah bertemu di meja sebagai musuh bebuyutan, tiba-tiba harus menjadi mitra sejati dan rekan tim pada waktu ke tahap terbesar dari Kejuaraan Dunia. Mengesampingkan ambisi masing-masing, para perempuan ini harus mengumpulkan setiap tetes keberanian dan anugerah untuk mengalahkan tim Tiongkok yang sudah memiliki gelar Kejuaraan Dunia yang ke-9 secara berturut-turut.

6. WISH (HOPE) (2013)

Gambar

Selanjutnya ada film WISH (HOPE), sebagai salah satu rekomendasi film Korea dari kisah nyata yang wajib kalian tonton. Sama seperti film SILENCED, film WISH (HOPE) juga menjadi kisah dimana kekerasan seksual pada anak di bawah umur. Diangkat dari kisah nyata dalam Kasus Mayoung yang terjadi pada tahun 2008.

Film ini menceritakan tentang seorang gadis berusia delapan tahun bernama Na-young di Korea Selatan yang diperkosa dan disiksa oleh seorang laki-laki berusia 57 tahun di sebuah toilet umum. Dalam film ini, kalian akan melihat perjuangan Na-young dan keluarga untuk kembali bangkit dari rasa trauma.

7. HAN GONG JU (2013)

Gambar

Film HAN GONG JU ini juga diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi di Miryang, Korea Selatan tahun 2004 silam. Film HAN GONG JU menceritakan kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh geng anak-anak SMU di Miryang yang berlangsung selama 11 bulan yang menimpa korban sebanyak 41 orang.

Gong-ju adalah salah satu korbannya yang saat itu masih berusia 14 tahun. Gong-ju adalah potret ketidakberdayaan korban pemerkosaan terutama bagi mereka yang masih anak-anak. Ia mendapat ancaman dari pelaku yang merekam kejadian dan mengancam akan menyebarluaskan rekaman tersebut jika Gong-ju buka suara.

Alih-alih mendapatkan bantuan dari keluarganya, Gong-ju berusaha sendiri untuk mencari bantuan. Dan film HAN GONG JU ini menjadi salah satu rekomendasi film Korea dari kisah nyata yang bisa kalian tonton.

8. THE CLASSIFIED FILE (2015)

Gambar

THE CLASSIFIED FILE juga menjadi salah satu rekomendasi film Korea dari kisah nyata yang lainnya. Film ini menceritakan tentang kasus penculikan 33 hari di Busan pada 1978. Diceritakan, Eun-joo yang merupakan seorang gadis tiba-tiba hilang.

Sampai dua minggu kemudian, polisi berasumsi bahwa Eun-joo sudah meninggal dunia. Namun, ibu Eun-joo tidak percaya begitu saja. Hingga akhirnya ia pergi ke Kim Joong-san, seorang peramal terkenal dan menyatakan bahwa putrinya masih hidup.

Peramal Joong-san kemudian membawanya kepada Gong Gil-yong, seorang detektif veteran dan segera menemukan Eun-joo. Dengan segala upaya memecahkan teka-teki, dua orang tersebut harus berhadapan dengan hal yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

9. NORTHERN LIMIT LINE (2015)

Gambar

NORTHERN LIMIT LINE berkisah tentang kisah heroik para prajurit laut yang turut menjadi korban dalam pertempuran tersebut. Kopral Park Dong-hyuk yang baru saja menjadi anggota Angkatan Laut Republik Korea ditugaskan di kapal patroli PKM 375.

Di saat Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama Jepang dalam penyelenggaraan Piala Dunia FIFA. Korea Utara mengerahkan kapal pukat ikan dengan mata-mata untuk melintasi Garis Batas Utara yang menjadi garis demarkasi laut. Kapal PKM 357 akhirnya menangkap seluruh penumpang tersebut hingga akhirnya dibebaskan atas instruksi pemerintah.

Sebulan kemudian, kejadian pengintaian yang dilakukan oleh Angkatan Laut Rakyat Korea berulang kali masuk dalam perairan Korea Selatan. Situasi semakin memanas hingga 29 Juni 2002, Pertempuran Yeonpyeong kedua dimulai dengan serangan mendadak terhadap PKM 357 oleh kapal patroli Korea Utara.

10. NEW TRIAL (2017)

Gambar

Rekomendasi film Korea dari kisah nyata yang lainnya yaitu ada film berjudul NEW TRIAL. Film ini mengisahkan kisah pilu yang dialami oleh Jo Hyun-woo setelah melihat pembunuhan seorang sopir taksi. Alih-alih menjadi saksi dalam kasus tersebut, Hyun-woo malah dituduh melakukan pembunuhan tersebut.

Joon-ho terpaksa mengakui pembunuhan yang tidak pernah ia lakukan karena dianiaya polisi. Ia pun divonis 10 tahun penjara. Setelah menjalani 10 tahun di penjara, Joon-ho pun bertemu Lee Joon-young, seorang pengacara yang banyak utang untuk membersihkan namanya di mata hukum.

11. DARK FIGURE OF CRIME (2018)

Gambar

DARK FIGURE OF CRIME merupakan film yang terinspirasi oleh episode ke-869 dari Unanswered, sebuah program televisi investigasi Korea Selatan, yang menceritakan kisah nyata yang terjadi di Busan.

Dalam program tersebut diceritakan bahwa pembunuhan tidak pernah dilaporkan, mayat tidak pernah ditemukan, dan investigasi tidak pernah terjadi. Film ini mengisahkan Kim Hyung-min, seorang detektif Busan yang tidak peduli dengan promosi jabatan di kepolisian, tetapi punya dedikasi tinggi untuk menyelesaikan kasus yang ditanganinya.

Suatu waktu, ia bertemu Kang Tae-oh, seorang informan yang ternyata membawa Hyung-min pada sebuah kasus pembunuhan korban tanpa identitas. Dan menjadi salah satu rekomendasi film Korea dari kisah nyata yang sayang untuk dilewatkan.

12. ESCAPE FROM MOGADISHU (2021)

Gambar

Dan rekomendasi film Korea dari kisah nyata yang terakhir ada film berjudul ESCAPE FROM MOGADISHU. Film ini merupakan adaptasi dari peristiwa nyata saat dua wakil kedutaan dari Korea Selatan dan Korea Utara terjebak di Perang Saudara di Somalia pada akhir 1980-an dan awal 1990-an.

Dikisahkan sebuah upaya dan kerja sama dari dua kedutaan tersebut untuk bisa melarikan diri dari konflik tersebut. Kerja sama tersebut menjadi hal yang menakjubkan di tengah kondisi negara yang punya hubungan diplomatik kurang akur.

Itulah beberapa rekomendasi film Korea dari kisah nyata yang bisa KLovers tonton. Bukan hanya memberikan kisah yang sedih dan tragis saja, beberapa rekomendasi film Korea dari kisah nyata ini juga memberikan kisah yang penuh haru hingga traumatis.

Editor:   Dhia Amira