15 Agensi Idol K-Pop Paling Cuan Berkat Penjualan Album di Tahun 2020

Iwan Tantomi   | Rabu, 16 Desember 2020 18:15 WIB
15 Agensi Idol K-Pop Paling Cuan Berkat Penjualan Album di Tahun 2020
credit via Big Hit Ent dan SM Ent

Kapanlagi.com - Bagi sebagian besar orang 2020 mungkin menjadi masa yang sulit karena adanya pandemi. Beragam sektor industri pun turut terdampak, tak terkecuali industri hiburan. Namun, pandemi rupanya tak membuat agensi idol K-Pop patah arah.

Dengan segudang inovasi, mereka terus mendebutkan hingga mendorong para artisnya untuk comeback. Hasilnya, agensi idol K-Pop ini tetap bertahan, bahkan tak sedikit yang menerima keuntungan besar.

Berikut urutan agensi idol K-Pop dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi keuntungannya berkat penjualan album di 2020. Kira-kira siapa yang paling cuan tahun ini ya?

1. Source Music

Source Music hanya memiliki satu idol K-Pop yang dinaungi saat ini, yaitu GFRIEND. Sepanjang 2020 GFRIEND sudah merilis 3 album, yaitu Labyrinth, Song of the Sirens dan Walpurgis. Dari ketiga album GFRIEND tersebut, Source Music mampu menjual 234.4 ribu album sepanjang 2020.

2. FNC Entertainment

FNC Entertainment merupakan agensi dari idol K-Pop seperti SF9, AOA, CNBLUE, F.T. Island, N.Flying, Cherry Bullet, dan rookie bernama P1Harmony. Hasil penjualan album terbesar agensi ini disumbang dari SF9 yang merilis dua album tahun ini, yaitu 9loryUS dan First Collection, disusul N.Flying. Total penjualan album FNC Entertainment tahun ini adalah 292.5 ribu.

3. Yuehua Entertainment

Idol K-Pop besutan Yuehua Entertainment di Korea, antara lain NIQ, WOODZ, EVERGLOW, dan Cosmic Girls. WOODZ menyumbangkan penjualan album terbesar bagi agensinya lewat dua album mereka tahun ini, yaitu Equal dan Woops! sebanyak 245 ribu. Ditambah penjualan album EVERGLOW dan Cosmic Girls, agensi ini mampu menjual 324.2 ribu.

4. BE:LIFT

BE:LIFT merupakan perusahaan patungan antara CJ ENM dan Big Hit Entertainment yang baru saja mendebutkan idol K-Pop pertama mereka, yaitu ENHYPEN. Meski begitu, BE:LIFT mampu meraih keuntungan dari penjualan album debut ENHYPEN saja sebanyak 369.5 ribu. Angka ini pun masih diprediksi masih terus bertambah. 

5. Cube Entertainment

Cube Entertainment memiliki beberapa idol K-Pop terkenal, seperti (G)I-DLE, PENTAGON, and CLC. (G)I-DLE menjadi penyumbang penjualan album terbesar Cube Entertainment. Total agensi ini mampu menjual album sebanyak 490.8 ribu sepanjang 2020.

6. Konnect Entertainment

Agensi milik sekaligus yang menaungi Kang Daniel ini cukup sukses dari sisi penjualan album, mengingat Daniel punya popularitas yang tinggi. Dari penjualan album Cyan dan Magenta, agensi ini mampu menorehkan keuntungan sebesar 604.7 ribu unit album pada 2020.

7. RBW

RBW atau Rainbrow Bridge World merupakan agensi hiburan Korea yang menaungi idol K-Pop terkenal, seperti MAMAMOO, ONEWE, dan ONEUS. Tingginya popularitas MAMAMOO membuat idol K-Pop ini menjadi penyumbang penjualan album terbesar bagi agensinya. Total RBW mampu menjual 670.7 ribu sales di tahun 2020.

8. KQ Entertainment

KQ Entertainment hanya punya satu idol K-Pop, yaitu ATEEZ. Meski masih terbiang belia secara usia karir, tetapi popularitas ATEEZ terus meningkat secara signifikan. Hal ini berdampak positif bagi penjualan album mereka. Total penjualan dua album ATEEZ yang dirilis tahun 2020 pun mampu memberikan keuntungan bagi agensinya sebanyak 711.8 ribu.

9. Starship Entertainment

Starship Entertainment menaungi beberapa idol K-Pop terkenal seperti MONSTA X dan CRAVITY. Sebagian besar penjualan album agensi ini disumbangkan oleh MONSTA X. Total keseluruhan penjualan album dari Starship Entertainment dari semua artisnya sebanyak 993.4 ribu pada tahun 2020.

10. Off The Record Entertainment

Off The Record Entertainment hanya menaungi dua idol K-Pop, yaitu IZ*ONE dan fromis_9. Namun, keduanya sukses di penjualan album. Popularitas IZ*ONE sebagai grup bentukan Produce 48, mampu menyumbangkan total penjualan album, termasuk dari fromis_9, sebanyak 1.51 juta unit pada 2020.

11. YG Entertainment

YG Entertainment punya banyak sekali idol K-Pop papan atas, seperti BLACKPINK, TREASURE, iKON, WINNER, Sechskies, dan Mino. Penjualan album BLACKPINK saja mampu tembus 1.25 juta tahun ini. Selain itu, TREASURE juga sukses dengan tiga album yang mampu terjual sebanyak 700 ribu unit tahun ini. Total penjualan album yang ditorehkan YG Entertainment sepanjang 2020 ini sebanyak 2.75 juta.

12. Pledis Entertainment

Pledis Entertainment menaungi SEVENTEEN dan NU'EST. Tahun ini SEVENTEEN sukses besar dengan album Heng:garae yang terjual 1.5 juta. Begitu juga dengan [Semicolon] yang terjual hampir sejuta. Jika digabung dengan NU'EST, hasil penjualan album Pledis tahun ini sebanyak 2.92 juta.

13. JYP Entertaiment

JYP Entertainment memiliki beberapa idol K-Pop terkenal seperti TWICE, GOT7, Stray Kids, ITZY, dan DAY6. Dari sisi penjualan album, TWICE menjadi penyumbang terbesar agensi ini. Disusul GOT7, serta Stray Kids dan ITZY yang sedang pesat-pesatnya mendapatkan popularitas. Total penjualan album yang didapatkan JYP Entertainment sepanjang 2020 ini, termasuk dari DAY6, sebesar 4.07 juta.

14. SM Entertainment

SM Entertainment punya banyak sekali idol K-Pop super populer, seperti EXO, NCT, Red Velvet, SHINee, SuperM, BoA dan beberapa artis solo. Meski EXO tahun tak melangsung comeback, tetapi penjualan album solo dari masing-masing member, seperti Baekhyun, Suho dan Kai mampu mendulang cuan bagi SM Entertainment. Selain itu, comeback yang masif dari NCT, mampu mengukuhkan SM Entertainment dengan penjualan album total tahun ini sebanyak 8.16 juta.

15. Big Hit Entertainment

Adapun agensi idol K-Pop dengan penjualan album tersukses tahun ini adalah Big Hit Entertainment. Agensi ini merupakan rumah bagi BTS dan TXT. BTS sendiri mampu menyumbangkan penjualan album total, dari Map of The Soul: 7 dan BE yang dirilis tahun ini, sebanyak 7 juta. Perilisan ulang album Skool Luv Affair mampu meraih 680 ribu. Sementara TXT mampu menyumbang 800 ribu unit dari penjualan dua album mereka tahun ini. Total, Big Hit Entertainment mampu menjual 10.05 juta unit album di tahun 2020.

Itulah sederet agensi K-Pop yang paling cuan di tahun 2020 berkat penjualan album dari para idol K-Pop yang dinaunginya. Apakah kamu termasuk yang berkontribusi bagi keuntungan para agensi idol K-Pop tersebut, KLovers?

Reporter:   Iwan Tantomi