26 Vokalis Utama di Tiap Grup Produksi SM Ent, Ganteng Cantik Bersuara Merdu

Rahmi Safitri | Senin, 13 Mei 2019 13:20 WIB
26 Vokalis Utama di Tiap Grup Produksi SM Ent, Ganteng Cantik Bersuara Merdu

Kapanlagi.com - Pecinta K-Pop pastinya tahu dong kalau di tiap boyband atau girlband itu ada pembagian posisi di antara para membernya. Ada yang berperan sebagai leader, vokalis utama, dancer utama, rapper utama, hingga visual.

Sebenanya sih semua member grup K-Pop itu harus bisa nyanyi dan ngedance karena itu hal utama yang mereka jual dalam bermusik. Tapi tetap ada satu sampai tiga orang biasanya di dalam grup yang berperan sebagai vokalis utama di mana suara mereka akan mendominasi di sebuah lagu dan biasanya dapat bagian menyanyi di nada-nada tinggi.

Kali ini kita bahas yuk vokalis utama di tiap grup yang ada / pernah ada di agensi SM Entertainment. Kenapa SM? Selain mereka sudah melahirkan banyak grup populer, agensi ini juga terkenal dengan kualitas vokalis utamanya. Kita urutkan dari yang debut pertama kali sampai terbaru!

 

1 dari 14 halaman

1. Kangta

Kangta Kangta © SM Entertainment
H.O.T. adalah boyband generasi pertama yang sukses luar biasa dan disebut sebagai grup yang melahirkan budaya fangirling-an. Boyband ini debut tahun 1996 dan bubar di 2001 serta sukses mempopulerkan lagu seperti Candy, We Are The Future, Hope dan sebagainya. Mereka reuni dan menggelar konser bersama pada 2018 lalu.

Kangta dikenal sebagai vokalis utama di H.O.T.. Sampai sekarang pun pria berusia 39 tahun ini masih sering masuk ke dalam daftar vokalis terbaik K-Pop. Kangta masih aktif sebagai penyanyi sampai MC. Ia juga menjadi staf pengurus SM Entertainment.

2 dari 14 halaman

2. Bada

Bada Bada © SM Entertainment
S.E.S adalah girlband pertama bentukan SM Entertainment yang beranggotakan Bada, Eugene, dan Shoo. Mereka debut di 1997 dan bubar lima tahun kemudian. S.E.S menjalani reuni pada 2016 lho dan sempat merilis lagu baru bertiga.

Selain sebagai leader, Bada adalah vokalis utama. Ia punya suara unik yang bisa bernyanyi di segala genre. Bada masih aktif bernyanyi sebagai solois, tampil di berbagai acara musik dan kini sering cover lagi di channel YouTube-nya.

3 dari 14 halaman

3. Shin Hyesung

Shin Hyesung Shin Hyesung © Shinhwa Company
Setelah sukses dengan H.O.T, SM kemudian mendebutkan Shinhwa di 1998. Buat pecinta drama pasti sudah nggak asing lagi nih dengan leader Shinhwa, siapa lagi kalau bukan Eric, yang sukses besar sebagai aktor. Shinhwa sampai sekarang masih bertahan lho. Setelah meninggalkan SM di 2002, mereka gabung dengan Good Entertainment. Lalu di 2012, mereka bikin Shinhwa Company yang bertahan sampai sekarang.

Vokalis utama di Shinhwa adalah Shin Hyesung. Pria berusia 39 tahun itu juga penyanyi solo yang merilis album baik di Korea maupun Jepang.

4 dari 14 halaman

4. Jaejoong, Junsu, Changmin

Jaejoong, Junsu, Changmin Junsu, Jaejoong, Changmin © Istimewa
TVXQ bukan cuma boyband dengan jumlah fangirl luar biasa. Tiap membernya juga seakan berbakat semua dalam menyanyi dan ngedance. Tapi tentu saja mereka punya vokalis utama. Ketika masih berlima, Jaejoong dan Junsu adalah sang main vocalist. Kini keduanya sudah keluar dan membentuk JYJ bersama Yoochun. Jaejoong sukses sebagai penyanyi solo terutama di Jepang. Sedangkan Junsu sering jadi pemeran utama drama musikal. Suara mereka masih sering disebut sebagai salah satu yang terbaik di K-Pop.

Setelah tiga member keluar, Changmin kini menjadi vokalis utama di TVXQ. Pria berusia 31 tahun ini dikenal punya suara melengking dan mampu bernyanyi nada tinggi dengan sangat baik.

5 dari 14 halaman

5. Lina dan Dana

Lina dan Dana Lina dan Dana dari The Grace © SM Entertainment
Sebelum sukses dengan Girls Generation, SM punya grup cewek penuh bakal CSJH The Grace yang debut di 2004. Sempat bersinar, sayangnya mereka kemudian redup karirnya. Grup ini punya dua vokalis yaitu Lina dan Dana.

Lina kini aktif sebagai aktris musikal. Ia adalah istri dari Jang Seung Jo, yang berperan sebagai mantan suami Song Hye Kyo di drama Encounter. Sedangkan Dana kini dikenal sebagai guru vokal para trainee di SM Entertainment. 

Perlu diketahui The Grace sampai sekarang belum bubar meskipun lama vakum.

6 dari 14 halaman

6. Yesung, Ryeowook, Kyuhyun

Yesung, Ryeowook, Kyuhyun Yesung, Kyuhyun, Ryeowook © SM Entertainment
Sebelum tahun 2010, Super Junior punya jumlah 13 member, yang punya bakat di berbagai bidang. Semua bisa menyanyi, tapi mereka punya tiga vokalis utama yang suaranya disukai banyak fans K-Pop. Mereka adalah Yesung, Ryeowook, dan Kyuhyun.

SM bahkan mempercayakan ketiganya membentuk sub unit dengan nama Super Junior-KRY yang debut di 2006. Mereka semua juga penyanyi solo dan sering jadi langganan menyanyikan lagu tema drama.

7 dari 14 halaman

7. Taeyeon dan Jessica

Taeyeon dan Jessica Taeyeon dan Jessica © SM Entertainment
Girls Generation yang juga dikenal dengan SNSD, sejak debut sudah menarik perhatian dengan kecantikan dan suara para membernya. Tentu saja vokalis utama mereka pun langsung punya banyak penggemar setelah debut di 2007. Mereka adalah Taeyeon dan Jessica Jung. Harmonisasi mereka kala nyanyi dulu buat banyak fans menggila.

Taeyeon sudah dipercaya menjadi penyanyi soundtrack drama. Lagu If yang menjadi soundtrack drama Hong Gil Dong di 2008 bahkan jadi hits pada masanya. Jessica punya suara unik yang bikin tenang saat didengarkan. Sayangnya Jessica keluar dari SNSD di 2014. Kini keduanya juga dikenal sebagai penyanyi solo.

8 dari 14 halaman

8. Onew dan Jonghyun

Onew dan Jonghyun Onew dan Jonghyun © SM Entertainment
SHINee adalah boyband yang didebutkan oleh SM Entertainment di 2008. Sampai sekarang mereka masih bertahan dan bahkan disebut sebagai grup di mana semua membernya bisa nyanyi dan ngedance. Tapi vokalis utamanya adalah Onew dan Jonghyun.

Selain sebagai leader, Onew yang bersuara unik dipercaya sebagai vokalis utama. Pria yang juga aktor ini kini sedang menjalani wajib militer. Sedangkan Jonghyun selalu masuk daftar vokalis terbaik K-Pop. Jonghyun yang juga penyanyi solo dan komposer ini meninggal dunia pada Desember 2017 setelah mengakhiri hidupnya dengan menghirup karbon monoksida.

9 dari 14 halaman

9. Luna f(x)

Luna f(x) Luna © TV Daily
Pastinya nggak lupa dong kalau SM juga punya girlband f(x) yang debut dengan lima member di 2009. Sayangnya nih setelah merilis 4 WALLS di 2015, f(x) yang punya banyak lagu keren ini, vakum sampai sekarang.

Vokalis utama di f(x) adalah Luna, yang kebetulan juga jago banget nih ngedance-nya. Luna kini dikenal sebagai penyanyi solo dan segera menggelar konser tunggal. Wanita berusia 26 tahun ini juga seorang YouTuber lho.

10 dari 14 halaman

10. Baekhyun, Chen, D.O.

Baekhyun, Chen, D.O. Chen, Baekhyun, D.O. © MBN Star
EXO salah satu boyband paling sukses yang diproduksi oleh SM dan debut pada 2012. Sempat bikin heboh karena visualnya, EXO kemudian diakui sebagai grup dengan vokalnya. Semua membernya bisa nyanyi, tapi tiga vokalis utamanya selalu dapat pujian. Mereka adalah Baekhyun, Chen, dan D.O..

Ketiganya sudah menunjukkan kemampuan vokalnya bahkan sebelum EXO resmi debut lewat lagu What is Love. Setelah itu di tiap bagian bridge di lagu-lagu EXO, mereka bergantian dalam membawakan nada tinggi. Ketiganya juga punya lagu solo, bahkan Chen baru saja resmi merilis album tunggalnya yang dapat sambutan hangat. Chen bersama dengan Baekhyun juga masuk ke dalam sub unit EXO-CBX.

11 dari 14 halaman

11. Wendy

Wendy Wendy Red Velvet © SM Entertainment
SM mendebutkan girlband Red Velvet di 2014. Selain mencuri perhatian berkat kecantikan para membernya, lagu debut mereka, Happiness, yang catchy juga disukai. Salah satu bagian terbaik di lagu itu adalah bridge yang menampilkan suara keren Wendy, sang vokalis utama. Selain nyanyi, Wendy juga berbakat dalam main gitar. Wanita berusia 25 tahun ini sering dipercaya menyanyikan soundtrack drama dan juru bicara bahasa Inggris di grupnya.
12 dari 14 halaman

12. Taeil dan Doyoung

Taeil dan Doyoung Doyoung dan Taeil © SM Entertainment
Setelah debut di 2016, NCT dibagi ke dalam beberapa unit. Salah satunya adalah NCT 127. Sub unit ini sering kali tambah member, tapi walau begitu yang dipercaya sebagai vokalis utama adalah Taeil dan Doyoung. Di awal debutnya, Taeil bahkan sudah dipercaya menyanyikan soundtrack drama lho. Doyoung sendiri juga sering berbagi cover lagu di channel YouTube, NCT Music.
13 dari 14 halaman

13. Haechan dan Chenle

Haechan dan Chenle Chenle dan Haechan © Naver X Dispatch
Unit lainnya dari NCT adalah NCT Dream. Di sini ada Haechan, yang juga menjadi member dari NCT 127. Kalau di NCT 127, Haechan mendapat posisi sebagai seorang lead vocalist, ia 'naik jabatan' sebagai vokalis utama berkat suara indahnya yang unik. Vokalis utama lainnya adalah Chenle, yang berasal dari China. Meski imut, jangan ragukan kualitas vokal Chenle ya.
14 dari 14 halaman

14. Kun dan Xiaojun

Kun dan Xiaojun Kun dan Xiaojun © SM Entertainment
WayV adalah bagian dari NCT yang melakukan aktivitas di China. Semua membernya sudah diperkenalkan sebelumnya dalam SM Rookies. Kun, dipercaya sebagai leader dan main vocalist. Untuk vokalis utama ia didampingi oleh Xiaojun. Keduanya nggak cuma mengandalkan wajah ganteng saja, tapi suaranya juga bisa bikin merinding lho!

(kpl/pit)


Editor:  

Rahmi Safitri

↑