4 Jenis jenis Riba Dalam Islam Beserta Hukumnya yang Wajib Diketahui

Dita Tamara   | Senin, 08 Februari 2021 13:11 WIB
4 Jenis jenis Riba Dalam Islam Beserta Hukumnya yang Wajib Diketahui
(credit: flicker)

4. Riba Nasiā€™ah

Jenis-jenis riba yang terakhir adalah riba Nasi'ah yang berarti tambahan yang disyaratkan diambil atau diterima dari orang yang dihutangi sebagai kompensasi dari penundaan pelunasan. Ulama Hanafiah memasukan ke dalam kelompok riba nasi'ah suatu bentuk barter yang tidak ada kelebihan, akan tetapi penyerahan imbalan atau harga diakhirkan. Riba ini hukumnya haram berdasarkan Al-Quran dan hadis.

Riba nasi'ah dikenal sebagai riba jahiliyah karena berasal dari kebiasaan orang jahiliah yang memberikan pinjaman kepada seseorang dan ketika jatuh tempo telah tiba akan menawarkan untuk diperpanjang sehingga membuat riba ini beranak atau berganda. Riba nasi'ah biasanya ada dalam praktek yang dilakukan lembaga-lembaga keuangan atau perbankan, dengan sistem pinjaman uang yang pengembaliannya diangsur dengan bunga bulanan atau tahunan sekitar 7-5%. Praktek seperti ini jelas disebut riba dalam jenis nasi'ah dan hukumnya haram.

Riba merupakan transaksi haram dan termasuk dosa besar. Pelaku riba mendapatkan laknat dari Allah dan dijauhi dari rahmat-Nya. Riba itu aniaya atau zalim secara realitasnya, meskipun yang terzalimi merasa terbantu, bagaimanapun mengambil tambahan adalah zalim. Riba memang sukarela, jika tidak secara sukarela maka bukan riba melainkan perampasan. Apapun jenis ribanya, yang pasti hukumnya haram dan harus dijauhi.

Selain itu, riba mendapat ancaman peperangan dari Allah dan Rasul-Nya. Hanya riba yang mendapat ancaman dari Allah dan Rasul-Nya sesuai dalam hadits Arba'in yang berbunyi "Barang siapa memusuhi wali-ku, maka Aku umumkan perang kepadanya..."

Halaman Selanjutnya Berita Populer Hari Ini

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait