4 Jenis jenis Riba Dalam Islam Beserta Hukumnya yang Wajib Diketahui

Dita Tamara   | Senin, 08 Februari 2021 13:11 WIB
4 Jenis jenis Riba Dalam Islam Beserta Hukumnya yang Wajib Diketahui
(credit: flicker)

Kapanlagi.com - Pernah dengar kata riba? terutama untuk yang beragam muslim pastinya sudah familiar ketika mendengar kata riba. Sebenarnya riba tidak hanya ada dalam ajaran islam saja, tapi agama lain seperti Kristen juga punya pembahasan terkait riba. Riba telah menjadi masalah serius jauh pada masa Yunani dan Romawi. Di masa itu riba menjadi pasang surut sesuai dengan keinginan penguasa pada masa itu.

Riba adalah kelebihan yang tidak disertai dengan imbalan yang disyaratkan dalam jual beli. Secara umum, riba adalah sebuah penambahan nilai atau bunga melebihi jumlah pinjaman saat dikembalikan dengan nilai tertentu yang diambil dari jumlah pokok pinjaman untuk dibayarkan oleh peminjam. Jika peminjam tidak mampu melunasi riba pada waktu yang ditentukan, pihak pemberi pinjaman akan menambahkan kembali biaya hingga pembayaran bisa dilunasi.

Dalam kehidupan sehari-hari masih banyak kebingungan dalam menentukan batasan mana saja yang termasuk riba. Dengan kondisi bingung, tanpa bertanya atau berkonsultasi kepada yang mengerti, mirisnya sering kali masyarakat membenarkan praktek riba. Nah biar tidak terjadi hal demikian, kalian harus memahami pengertian, hukum, dan jenis-jenis riba agar tidak terjebak dalam dosa besar ini. Berikut jenis-jenis riba yang wajib kalian ketahui:

(kpl/dtm)

Halaman Selanjutnya Riba Qardh

Editor:   Dita Tamara

Topik Terkait