Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

5 Anime Berdurasi Pendek Ini Wajib Kamu Tonton Untuk Menemani Waktu Istirahatmu!

Editor KapanLagi.com   | Rabu, 18 Agustus 2021 07:55 WIB
5 Anime Berdurasi Pendek Ini Wajib Kamu Tonton Untuk Menemani Waktu Istirahatmu!
HONOBONO LOG (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Anime merupakan film animasi buatan Jepang.  Biasanya, satu episode memiliki durasi sekitar 20 hingga 25 menit. Tentunya, durasi ini masih bisa dikatakan pendek untuk film yang memiliki beberapa episode. Namun, nyatanya 25 menit merupakan waktu yang cukup panjang bagi beberapa orang yang memiliki waktu istirahat yang singkat tapi ingin meluangkan waktunya untuk menonton.

Keberadaan anime dengan durasi yang pendek tentunya bisa menjadi solusi untuk menonton anime di tengah pendeknya waktu istirahat tanpa perlu khawatir menghentikan anime di tengah-tengah untuk kemudian dilanjutkan. Sederet anime pendek ini memiliki durasi kurang lebih 5 menit di setiap episodenya. Tak perlu khawatir, cerita yang disajikan pun tak kalah apik dan bervariasi dari anime berdurasi panjang. Kira-kira apa saja, ya? Simak ulasan berikut!

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. HONOBONO LOG (2016)

Gambar

HONOBONO LOG merupakan anime pendek yang diadaptasi dari kumpulan ilustrasi karya Naka Fukamachi. Anime ini berkisah tentang keseharian beberapa pasangan, baik yang sudah menikah maupun yang masih pacaran. Tak hanya tentang pasangan, kehidupan keluarga kecil yang hangat pun juga diceritakan melalui durasi yang singkat.

Anime ini bercerita tentang keseharian para karakternya, sehingga tidak ada konflik maupun karakter yang berambisi untuk mencapai sesuatu di dalamnya. Meski begitu, HONOBONO LOG sukses membuat hati penontonnya meleleh akan manisnya hubungan di antara karakter-karakternya. Bagi kamu yang sedang ingin baper, anime ini sangat direkomendasikan untuk kamu tonton!

2. HETALIA: AXIS POWERS (2010)

Gambar

HETALIA: AXIS POWERS  adalah anime yang diadaptasi dari webcomic karya Himaruya Hidekazu. Anime ini memiliki karakter yang cukup unik. Pasalnya, karakter dari anime ini merupakan personifikasi dari sebuah negara, sehingga nama panggilan yang mereka punya pun adalah nama sebuah negara.

Anime pendek ini bercerita tentang sejarah, keadaan politik, dan budaya dari suatu negara. Meski berkisah tentang sejarah, HETALIA tidak semena-mena menjadi anime yang membosankan. Banyak hal tentang dunia yang bisa kita pelajari dari anime ini sambil kita tertawa akan kekonyolan para karakternya. Bagi kamu yang suka dengan genre komedi, tentunya anime ini sangat cocok untukmu!

3. CHI’S SWEET HOME (2008)

Gambar

CHI'S SWEET HOME merupakan anime yang diadaptasi dari manga karya Kanata Konami. Anime ini berkisah tentang seekor anak kucing bernama Chi yang terpisah dari keluarganya. Saat sedang mencari keluarganya kesana kemari, Chi bertemu dengan seorang anak kecil bernama Youhei bersama ibunya. Mereka tanpa pikir panjang pun membawa Chi ke rumah mereka.

Namun, ternyata tempat tinggal Youhei tidak mengizinkan para penghuninya untuk memelihara binatang. Karena merasa tidak tega untuk meninggalkan anak kucing itu sendirian, Youhei dan keluarganya pun secara diam-diam memelihara Chi. Mulai dari sini, kehidupan sehari-hari Chi yang lucu dan menggemaskan pun dimulai. Bagi kamu pecinta kucing, anime ini harus kamu tonton!

4. KETSUEKIGATA-KUN (2013)

Gambar

KETSUEKIGATA-KUN adalah anime yang diadaptasi dari webtoon karya Real Crazy Man dengan judul A SIMPLE THINKING ABOUT BLOODTYPE. Seperti yang terlihat dari judul webtoonnya, anime ini berkisah tentang keseharian para karakter dengan golongan darah yang berbeda. Sifat yang dimiliki oleh setiap karakter didasarkan pada stereotip golongan darah masyarakat Jepang dan Korea.

Tidak seperti anime pada umumnya yang menyajikan karakter yang beragam, karakter dalam KETSUEKIGATA-KUN memiliki bentuk yang sama, yaitu bentuk orang yang seperti memakai helm astronot. Yang membedakan hanyalah tulisan di masing-masing helm yang menandakan golongan darah, serta warna biru dan merah muda untuk membedakan karakter laki-laki dan perempuan. Meskipun begitu, cerita yang disajikan sangat menarik untuk diikuti karena terkadang penonton menemukan kemiripan antara diri mereka dengan karakter yang ada. Cukup menarik, bukan?

5. YAMISHIBAI (2013)

Gambar

YAMISHIBAI merupakan anime horror yang diambil dari mitos dan urban legend dari Jepang. Anime horror ini selalu dibuka dengan seorang pria tua yang mengenakan topeng berwarna kuning yang seolah-olah menjadi pencerita dalam anime ini dengan kamishibai di sebelahnya. Kamishibai sendiri adalah teater jalanan yang terbuat dari kertas. Oleh sebab itu, animasi dari anime ini tidak memiliki banyak gerakan seperti anime pada umumnya.

Meski menyajikan animasi yang seolah-olah anime ini adalah kamishibai, tapi sensasi ngeri dan horror yang disajikan berhasil membuat para penontonnya bergidik ngeri. Ditambah lagi dengan instrumen yang sukses menambah kesan gelap dari anime ini. Bagi kamu pecinta cerita horror dan urban legend, tidak ada salahnya untuk menonton anime ini!

Nah, itulah deretan anime pendek dengan cerita yang tidak kalah menariknya dari anime pada umumnya. Mana yang membuatmu tertarik?

Ditulis oleh: Ursea Mayoriska

Editor:   Editor KapanLagi.com