Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

5 Cerita BTS Paling Mengharukan dari Masa Trainee, Bikin Fans Tak Kuasa Menahan Air Mata

Iwan Tantomi   | Sabtu, 06 Maret 2021 19:30 WIB
5 Cerita BTS Paling Mengharukan dari Masa Trainee, Bikin Fans Tak Kuasa Menahan Air Mata
credit: as tagged.

Kapanlagi.com - BTS memang tengah menikmati kesuksesannya sebagai idol K-Pop sekarang ini. Bukan saja diapresiasi banyak publik Korea, berkat prestasi yang membanggakan negaranya, BTS juga memukau publik dunia berkat torehan rekor yang dicek secara terus-menerus.

Hal itulah yang kadang membuat beberapa orang berpikir BTS sensasional. Padahal, jauh sebelum menikmati puncak kesuksesan dan ketenaran seperti sekarang ini, RM cs harus berjibaku dengan kerasnya proses menjalani masa trainee. 

Sampai-sampai ada cerita BTS dari masa trainee yang bisa membuat para penggemar tak kuasa menahan air mata, karena begitu mengharukannya.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Suga Kesulitan Finansial dan Kecelakaan saat Trainee

Gambar

Pada sebuah acara bernama TMI News yang ditayangkan di Mnet, Suga BTS pernah bercerita tengan masa trainee yang dijalaninya, sebelum debut bersama BTS. Ketika menjalani masa trainee, Suga banyak mengalami kesulitan masalah keuangan.

Ia bahkan harus memilih antara menggunakan uangnya untuk membeli makan atau membeli tiket bus pulang ke Daegu. Suga hanya mengandalkan pemasukan dari kontribusinya membuat beberapa lagu, karena latar belakangnya sebagai rapper underground di Korea. 

Alih-alih mendapatkan banyak royalti dari lagu yang dibuatnya untuk artis lain, Suga justru sering ditipu saat menjual lagu. Menyedihkannya lagi, Suga juga bekerja paruh sebagai pengantar makanan, bahkan sempat mengalami kecelakaan, hingga membuat bahunya cedera. 

Beruntungnya, Bang Si Hyuk menunggu Suga sembuh dan rela membayar biaya trainee-nya. Pada akhir 2020, Suga memutuskan hiatus sementara, demi melanjutkan operasi pada bahunya. Penggemar pun dibikin tak kuasa menahan air mata, karena Suga menahan sakit pada bahunya selama bertahun-tahun lamanya.

2. RM Menderita Clenching saat Trainee

Gambar

Ketika BTS jadi bintang tamu di acara Shindong Super Junior Shimshimtap, RM mengungkapkan jika ia pernah menderita clenching pada giginya. Gangguan tersebut menyebabkan gigi pada rahang atas dan bawah saling menekan, dan menyebakan rasa sakit yang hebat.

Penyebab clenching ini sendiri bisa diakibatkan karena stres maupun terlalu berkonsentrasi tinggi saat beraktivitas, sehingga menyebabkan rahang atas dan bawah saling mengunci secara tanpa sadar.

Menderita gangguan tersebut menyebabkan RM ragu untuk bisa debut, terlebih gara-gara clenching yang dialaminya, ia sempat tak bisa belajar rap sama sekali. Namun, Bang Si Hyuk meyakinkannya dengan sabar, jika ia membawa RM untuk menjalani trainee bukan tanpa alasan.

Hal itu pun memotivasi RM untuk sembuh, dan bekerja lebih keras, hingga akhirnya ia bisa jadi rapper profesional dan jenius seperti sekarang.

3. J-Hope Sempat Keluar dari Grup saat Trainee

Gambar

Dalam episode Burn The Stage, J-Hope BTS mengungkapkan jika pernah sekali meninggalkan grup saat menjalani masa trainee, sebelum resmi debut. Keputusan itu pun membuat Jungkook BTS sedih dan tak berhenti menangis.

Demi mengajak kembali J-Hope, RM berusaha keras bernegosiasi dengan pihak agensi Big Hit Entertainment. Ia meyakinkan mereka jika BTS tak akan bisa debut tanpa sosok J-Hope.

Beruntungnya, para member bisa meyakinkan J-Hope, hingga ia memilih untuk berubah pikiran dan kembali ke dalam grup. "Aku kembali karena aku percaya kalian," ungkap J-Hope kepada para member BTS saat itu.

4. RM Dilanda Kebimbangan saat Trainee

Gambar

Sebagai member pertama BTS, RM benar-benar tahu kondisi Big Hit Entertainment di awal-awal perjuangan. Banyaknya kesulitan yang dialami agensi itu, membuat beberapa trainee sampai meninggalkan Big Hit Entertainment kala itu.

Kondisi tersebut, membuat RM bimbang akan masa depannya. Sekalipun trainee yang meninggalkan agensi saat itu adalah kompetitornya, tetapi ia bingung harus bersikap bagaimana. Apakah mau bertahan atau menyerah?

Untungnya, RM memilih bertahan dan percaya penuh kepada pihak agensi. Meski harus menjalani masa trainee lebih lama dibandingkan member lainnya, tetapi hal tersebut terbayar dengan debutnya BTS.

Popularitas BTS pun turut membuat Big Hit Entertainment yang tadinya hanyalah agensi kecil, kini telah menjelma sebagai salah satu korporasi raksasa di Korea.

5. Suga Berkorban Demi Trainee Lain

Gambar

Seorang bernama Jihoon baru-baru ini membagikan cerita tentang Suga di akun YouTube miliknya, Brightoon TV. Rupanya ia adalah mantan trainee Big Hit Entertainment yang menjalani masa pelatihan bersama BTS.

Suatu hari, ia mengalami pusing dan mual, bahkan sampai muntah, usai makan malam. Suga yang tahu kondisi Jihoon begitu memburuk saat tengah malam, langsung mengantarkannya ke rumah sakit dengan naik taksi.

Semalaman Jihoon opname di rumah sakit dengan ditemani Suga. Bukan itu saja, Suga bahkan membayar semua biaya rumah sakit dengan uangnya. Padahal saat itu Suga juga mengalami kesulitan keuangan. Pengorbanan yang dilakukan oleh Suga di masa trainee itu pun tak akan pernah dilupakan oleh Jihoon sampai sekarang. 

Itulah beberapa cerita mengharukan BTS saat masa trainee. Beberapa penggemar mungkin sudah tahu, tapi tak jarang juga yang menitikkan air mata saat mengenang momen sulit sang idola berulang kali.

Pada akhirnya, semua perjuangan dan kerja keras yang pernah dilewati BTS saat trainee benar-benar terbayar penuh sekarang. BTS menjadi lebih bahagia, fans pun turut gembira merayakannya.

Reporter:   Iwan Tantomi