Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Rating Terlalu Rendah, 5 Drama Korea Ini Terpaksa Dihentikan

Dhia Amira   | Selasa, 16 Juni 2020 14:37 WIB
Rating Terlalu Rendah, 5 Drama Korea Ini Terpaksa Dihentikan
Beautiful Mind,A Piece of Your Mind (credit: kdramalove.com; twitter.com/CJnDrama)

Kapanlagi.com - Drama Korea merupakan salah satu hiburan yang banyak diminati oleh berbagai jenis kalangan, dari remaja hingga dewasa. Tak hanya itu saja, genre yang diberikan oleh drama Korea juga beragam, sehingga kita dapat memilih ingin menonton genre apa saja dari drama tersebut. Banyak sekali drama yang sukses dengan rating tinggi, hal tersebut karena cerita yang menarik serta peran para pemain yang juga menarik. Walaupun ada beberapa drama Korea yang dihentikan karena rating rendah, dan tidak dapat dilanjutkan hingga akhir.

Drama Korea memang terkenal dengan rating yang harus didapatkan dari para penonton. Rating sendiri dapat mempengaruhi apakah cerita dalam drama tersebut menarik minat penonton atau tidak. Dan rating juga mempengaruhi, seberapa sukses drama Korea tersebut. Untuk itu inilah dilansir dari Koreaboo dan berbagai sumber, inilah 5 drama Korea yang diberhentikan karena rating yang rendah.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. A BEAUTIFUL MIND

Gambar

Drama Korea pertama yang dihentikan karena rating rendah yaitu ada A BEAUTIFUL MIND pada tahun 2016. Drama ini dimainkan oleh aktor ternama Jang Hyuk dan aktris cantik Park So Dam.

Drama yang menceritakan tentang seorang dokter bedah bernama Lee Young Oh yang diperankan oleh aktor Jang Hyuk, bertemu dengan polisi lalu lintas Gye Jin Sung yang diperankan oleh Park So Dam akibat kasus tabrak lari. Drama ini awalnya membuat para penonton tertarik, tetapi pada akhirnya gagal karena banyak adegan yang tidak masuk akal, sehingga membuat para penonton tidak tertarik pada drama ini.

Drama A BEAUTIFUL MIND seharusnya memiliki 16 episode, tetapi pada akhirnya harus dipotong menjadi 14 episode saja karena rating yang rendah. Drama Korea A BEAUTIFUL MIND hanya mendapatkan rating keseluruhan sebesar 3,7% saja, dan ini termasuk rating drama terendah yang disiarkan untuk publik. Tetapi dari semua hal menyedihkan tersebut, nyatanya Jang Hyuk tetap mendapatkan apresiasi karena aktingnya yang luar biasa pada drama itu. Walaupun rating rendah, Jang Hyuk mendapatkan pujian dan komentar positif dari para penonton karena berhasil membawakan peran dengan baik.

2. MOM IS ACTING UP

Gambar

Drama Korea selanjutnya yang dihentikan karena memiliki rating yang rendah yaitu ada drama MOM IS ACTING UP pada tahun 2012. Drama yang ditayangkan di stasiun televisi MBC ini memiliki rating yang sangat rendah, sehingga diberhentikan dan digantikan dengan program lain.

Drama MOM IS ACTING UP merupakan salah satu drama sitkom yang menceritakan tentang sekelompok anak dewasa tinggal dengan ibunya. Di luar dari itu sang ibu memperlakukan anak-anaknya yang telah dewasa tersebut dengan tegas seperti layaknya seorang ibu. Drama ini menyuguhkan kelucuan bagaimana sang ibu merawat anak-anaknya yang sudah dewasa dengan caranya yang tegas tetapi tetap ada sisi lucu.

Drama MOM IS ACTING UP ini harusnya memiliki 120 episode, tetapi karena rating yang rendah membuat drama MOM IS ACTING UP hanya menayangkan 27 episode saja. Minimnya pemirsa secara terus menerus membuat drama ini akhirnya diberhentikan oleh MBC dan digantikan dengan project lain.

3. A PIECE OF YOUR MIND

Gambar

Drama korea yang juga memiliki rating rendah selanjutnya yaitu ada A PIECE OF YOUR MIND pada tahun 2020. Drama ini diperankan oleh aktor tampan Jung Hae In dan juga aktris cantik Chae Soo Bin serta Lee Ha Na. Walaupun diperankan oleh bintang ternama, nyatanya drama ini memiliki rating yang rendah loh KLovers.

Drama yang disiarkan oleh tvN ini menceritakan tentang kisah cinta seorang programmer pendiri perusahaan M&H Company yang bertemu dengan seorang teknisi rekaman musik klasik. Drama ini merupakan drama bergenre komedi romantis yang tayang pada bulan Maret 2020 lalu.

Drama A PIECE OF YOUR MIND seharusnya memiliki 16 episode, tetapi karena rating yang sangat rendah membuat drama A PIECE OF YOUR MIND hanya memiliki 12 episode saja. Pada awal penayangan drama ini hanya mendapatkan rating 2,4% dan terus turun hingga 1,2% pada akhir episode. Total keseluruhan drama ini hanya mendapatkan rating sebesar 1,4% saja, dan menjadi salah satu drama dengan rating yang sangat rendah untuk drama televisi kabel.

4. EX-GIRLFRIENDS' CLUB

Gambar

EX-GIRLFRIENDS' CLUB menjadi salah satu drama Korea yang diberhentikan karena memiliki rating rendah. Drama EX-GIRLFRIENDS' CLUB ini merupakan drama yang tayang pada tahun 2015. Drama ini menceritakan tentang seorang pria yang bekerja sebagai komikus webtoon terkenal, membuat cerita tentang beberapa mantan pacarnya yang merupakan wanita tua, janda kaya raya, pekerja investigasi, serta aktris bodoh. Drama yang tayang pada televisi kabel milik tvN ini menyuguhkan aktris cantik Song Ji Hyo, Byun Yo Han, serta mantan member T-ARA Ryu Hwa Young. Tetapi walaupun begitu, drama ini tetap memiliki rating yang sangat rendah.

Pada awal penayangan saja drama EX-GIRLFRIENDS' CLUB ini hanya mendapatkan rating sebesar 1,16%, hingga akhir penayangan drama ini tidak mendapatkan rating yang tidak sampai 1%. Itulah mengapa drama EX-GIRLFRIENDS' CLUB ini hanya menayangkan 12 episode dari 16 episode yang harusnya ditayangkan.

5. LOVE FREQUENCY 37.2

Gambar

Dan drama Korea yang memiliki rating terendah terakhir yaitu ada LOVE FREQUENCY 37.2 pada tahun 2014. Drama garapan MBC ini menjadi salah satu drama yang gagal karena mendapatkan rating sangat rendah. Sehingga membuat drama ini hanya memiliki 6 episode saja dari 12 episode yang harusnya di tayangkan. Drama LOVE FREQUENCY 37.2 ini menceritakan tentang siaran radio bajak yang dilakukan oleh Kapten DJ, dengan menyuguhkan cerita tentang para pendengarnya. Pada drama ini kisah yang diberikan berbeda-beda di setiap episode. Walaupun memiliki cerita yang menarik, nyatanya drama ini sama sekali tidak dapat menarik minat penonton nasional.

Itulah 5 drama Korea yang dihentikan karena memiliki rating rendah. Nyatanya memiliki aktris dan juga aktor Korea yang terkenal tak menjamin sebuah drama akan memiliki rating tinggi. Harus ada keseimbangan antara cerita yang baik, dan juga akting luar biasa yang membuat penonton tertarik untuk menonton drama tersebut.

Editor:   Dhia Amira