5 Fakta Jimin 'Sujud Syukur' Usai BTS Nangkring di Urutan 1 Billboard Hot 100 Selama 8 Minggu

Iwan Tantomi   | Rabu, 21 Juli 2021 15:30 WIB
5 Fakta Jimin 'Sujud Syukur' Usai BTS Nangkring di Urutan 1 Billboard Hot 100 Selama 8 Minggu
credit via Big Hit Music

Kapanlagi.com - BTS terus mempertahankan prestasi mereka di tangga lagu paling bergengsi dunia, Billboard Hot 100. Usai Dynamite menjadi pembuka pintu bagi BTS karena mampu membawa idol K-Pop ini debut dan bertahan di Billboard Hot 100 untuk pertama kalinya bagi musisi Korea maupun Asia dalam sejarah, rekor pun berlanjut.

Single kedua BTSButter mampu menyusul kesuksesan, bahkan menumbangkan rekor Dynamite karena bisa debut sekaligus bertahan di puncak Billboard Hot 100 selama 7 minggu lamanya. Single ketiga BTS dalam bahasa Inggris Permission To Dance, ternyata mampu mempertahankan tonggak estafet kesuksesan.

Hasilnya, BTS berturut-turut bertahan di urutan 1 Billboard Hot 100 selama 8 minggu. Menariknya, Jimin BTS masih tak percaya dengan torehan prestasi ini, hingga beragam ekspresi tak terduga ditunjukkannya, bahkan sampai jadi headline berita nasional di Korea. Berikut fakta selengkapnya.

1. Gara-Gara Lagu 'Permission To Dance'

Pada 20 Juli 2021 waktu Korea, Jimin BTS memberikan tanggapannya di platform jejaring sosial Weverse atas banyaknya mention di akun Twitter BTS, setelah Billboard mengumumkan rangking tanggal lagu terbaru minggu ini.

Dalam rangking terbaru tersebut, Billboard mengumumkan jika lagu terbaru BTS Permission To Dance sukses debut di urutan 1 Billboard Hot 100.

"Tunggu, apakah kabar ini sungguhan?! Yakin ini bukan lelucon?" ungkap Jimin BTS dengan penuh ketidakpercayaan. 

2. Menumbangkan 'Butter'

Menariknya, pencapaian yang diraih Permission To Dance ini begitu menyita perhatian, gara-gara menumbangkan lagu BTS lainnya, Butter yang telah bertahan di urutan 1 Billboard Hot 100 selama 7 minggu lamanya.

Dengan perolehan ini, Permission To Dance bukan saja melanjutkan tonggak estafet Butter di minggu ke-8, tetapi juga mencatatkan BTS sebagai artis kedua setelah Drake dalam sejarah, yang menggusur lagu lamanya di urutan 1 Billboard Hot 100 dengan lagu baru.

Pada 2018, Drake mengganti lagunya sendiri yang lama nangkring di urutan Billboard Hot 100, yaitu God's Plan dengan Nice For What.

3. Jimin BTS Kehilangan Kata-Kata

Di tengah waktu yang sangat larut di Korea, Jimin BTS tampak terbawa perasaan, dengan apa yang tengah dialaminya sebagai member BTS. Setelah bertanya ketidakpercayaannya kepada para penggemar, ia kembali memastikan dengan bertanya sekali lagi.

Namun, kali ini Jimin terlihat mulai menyadari jika informasi yang memberondongnya saat dini hari tersebut benar adanya. Hanya saja, ia merasa berkata-kata saja tidaklah cukup untuk mengekspresikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada semua orang yang telah mendukung BTS.

"Apa ada kata-kata yang bisa mewakili perasaan campur aduk saya ini?" tanya Jimin kepada para penggemar di Weverse.

4. Jimin Memutuskan 'Sujud Syukur'

Tak berselang lama, Jimin BTS akhirnya mengejutkan banyak pihak, karena mengekspresikan rasa terima kasih dan syukurnya dengan melakukan 'sujud syukur'.

Bukan tanpa alasan, dalam budaya Korea, posisi sujud semacam ini menjadi bentuk penghormatan tertinggi. Biasanya hal ini ditunjukkan kepada Tuhan dan orang tua, atau di masa lalu hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada raja.

Namun, Jimin BTS melakukannya untuk memberikan penghormatan kepada ARMY, penggemar yang telah membuat mimpi BTS terwujud satu per satu sampai saat ini.

"Terima kasih banyak sekali lagi atas segala dukungan dan cinta tak terbatas kalian. Aku akan terus bekerja keras. Tolong tetaplah berbahagia. Kami juga ingin melihat kalian bahagia juga," tulis Jimin sebagai caption di foto 'sujud syukur' yang diunggah di Weverse tersebut.

5. Jadi Headline Nasional di Korea

Tentu saja, penghormatan yang dilakukan oleh Jimin BTS ini dianggap sangat berlebihan bagi para penggemar. Mereka bahkan merasa hal ini tak sepantasnya mereka terima, karena apa yang diberikan oleh penggemar masih tak sebanding dengan kerja keras BTS.

"Hanya orang Asia yang mengerti betapa besar bentuk penghormatan yang dilakukan dengan sujud dan tangan menyentuh tanah. Ini adalah bentuk penghormatan terbesar yang layak diberikan kepada Tuhan atau orang tua. Seorang artis melakukan ini kepada para penggemarnya... kita tak pantas menerimanya Jimin," ungkap salah seorang fans atas balasan penghormatan dan cinta yang diberikan kepada Jimin BTS.

Pagi harinya, apa yang dilakukan Jimin BTS ternyata menyita perhatian media massa. Foto Jimin 'sujud syukur' pun menghiasi headline media nasional Korea. Salah satunya media cetak Herald Corp yang menuliskan headlineLagu Baru BTS Sukses Debut di Urutan 1 Billboard Hot 100... Jimin Melakukan 'Sujud Syukur'.

Apa yang dilakukan oleh Jimin BTS ini pun dinilai media Korea maupun penggemar sebagai bentuk sifat rendah hati dan ketulusan yang dimiliki oleh Jimin BTS. Kalau menurut kamu gimana, KLovers?

 

Reporter:   Iwan Tantomi