Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

5 Group K-Pop Ini Ternyata Diproduseri Oleh Idol K-pop Lain, Salah Satunya Oh My Girl!

Sabtu, 02 Oktober 2021 15:00 WIB
5 Group K-Pop Ini Ternyata Diproduseri Oleh Idol K-pop Lain, Salah Satunya Oh My Girl!
Tribe dan B1A4 (credit:instagram/tribedaloca/b1a4ganatanatda)

Kapanlagi.com - Memiliki bakat yang luar biasa membuat seorang idol K-Pop dapat terus berkembang dalam dunia industri musik. Berkat kesuksesan yang diraih, idol-idol K-Pop ini mampu membangun perusahaan milik mereka sendiri dan membuat perusahaan tersebut menjadi semakin besar. Ilmu dalam industri menjadi bekal untuk idol-idol dalam memproduseri berbagai K-Pop group lainnya.

Selain menjadi produser, beberapa idol ini ada yang menjadi penulis dalam sebuah lagu K-Pop group. Rupanya seusai menjadi idol, mereka tidak berhenti berkarya melainkan terus menyalurkan bakatnya melalui orang lain. Pantas saja, group-group K-Pop yang mereka kelola berhasil meraih nama di dunia industri K-Pop.

Siapa saja sih group K-Pop yang diproduseri oleh idol K-Pop lainnya? Pasti group-group ini sudah kamu tau keberadaannya. Yuk simak Klovers!

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. B1A4

Gambar

B1A4 adalah K-Pop group yang berada di bawah naungan agensi WM Entertainment. Mereka melakukan debutnya pada 2011 yang kini berisi 3 anggota yaitu Sandeul, Gongchan, dan CNU. Grup ini masih aktif hingga saat ini dan telah berhasil memenangkan berbagai penghargaan bergengsi.

Album debut mereka berjudul LET'S FLY dengan single debut berjudul OK. WM Entertainment adalah sebuah agensi yang dimiliki oleh Kim Jung Soo. Dia adalah penyanyi solo K-Pop pada era 90-an dan B1A4 merupakan grup pertama yang berada di bawah naungannya.

2. CIIPHER

Gambar

Ciipher adalah boy group Korea Selatan yang berada di bawah naungan agensi R.A.I.N Company. Boy group ini memiliki 7 anggota yaitu Tan, Hwi, Hyunbin, Keita, Tag, Dohwan, dan Won. Baru saja debut pada 15 Maret 2021 lalu, Ciipher membawakan mini album berjudul AN GGULYEO dalam debutnya.

R.A.I.N Company adalah agensi miliki penyanyi K-Pop tahun 2000-an yang bernama Jung Ji Hoon atau yang akrab disapa Rain. Selain seorang penyanyi, Rain juga merupakan penulis lagu, produser, hingga aktor. Dalam masa kejayaannya, Rain berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi dan telah menjadi bintang internasional.

3. OH MY GIRL

Gambar

Kembali dengan WM Entertainment yang dimiliki oleh penyanyi Kim Jung Soo. Salah satu girl group di bawah naungan WM Entertainment adalah Oh My Girl. Oh My Girl atau yang biasa disingkat menjadi OMG adalah girl group beranggotakan 7 orang yaitu Arin, Hyojing, Jiho, Seunghee, YooA, Mimi, dan Binnie.

Oh My Girl dikenalkan kepada penggemar sebagai adik dari boy group B1A4. Hal ini juga didukung dari leader B1A4 yaitu Jinyoung yang sempat menuliskan lagu untuk OMG. Pada bulan Mei 2021 kemarin, OMG sempat melakukan comeback dengan album mini kedelapan yang berjudul DEAR OHMYGIRL. OMG telah sukses melambungkan namanya di industri musik Korea dan berhasil melakukan 5 kali konser di Korea Selatan.

4. ONF

Gambar

WM Entertainment terus mengembangkan agensinya dengan melahirkan girl dan boy group Korea yang berkualitas. ONF adalah boy group Korea di bawah agensi WM Entertainment yang memiliki kepanjangan On N Off. Boy group ini dibentuk pada tahun 2017 dengan 6 anggota yaitu Hyojin, E-tion, J-Us, Wyatt, MK, dan U.

ONF pertama kali diperkenalkan oleh WM Entertainment ketika mereka menjadi penari latar untuk grup B1A4 pada Dream Concert tahun 2016 lalu. Pada tahun 2017, ONF melakukan debut dengan album berjudul ON/OFF pada acara M COUTDOWN. ONF telah merilis album ONF:MY NAME pada Februari 2021 lalu dan berhasil mendapat tropi acara musik perdana mereka pada program THE SHOW.

5. TRI.BE

Gambar

Tri.be adalah girl group Korea Selatan yang berada di bawah naungan TR Entertainment dan Mellow Entertainment. Girl group ini memiliki 7 anggota yaitu Songsun, Kelly, Jinha, Hyunbin, Jia, Soeun, dan Mire. Baru saja debut pada 17 Februari 2021 lalu, Tri.be membawakan album perdana berjudul TRI.BE DA LOCA.

TR Entertainment sendiri adalah agensi yang didirikan oleh Lee Ho Yang atau yang akrab disapa Shinsandong Tiger. Dia telah melakukan debutnya pada umur 19 tahun, namun nama Shinsandong Tiger mulai dikenal di dunia industri musik Korea dalam perannya mengelola girlband EXID. Kini Shinsandong Tiger telah menjadi produser musik yang sukses  dan bertanggung jawab atas sejumlah musik popular hingga dinobatkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam industri musik Korea Selatan oleh OSEN pada tahun 2011.

Ternyata girl group dan boy group di atas selain berhasil sukses karena talenta, namun juga karena orang-orang hebat yang berada di belakangnya. Idol-idol Korea yang telah vakum dan memilih untuk mengelola group K-Pop patut diacungi jempol karena telah berhasil melahirkan karya-karya berkualitas di industry musik Korea. Salut banget!

Ditulis Oleh : Salma Tsabita Wiradara

 

 

Topik Terkait