5 Grup Wanita Dengan Konsep Girl Crush Paling Memukau Sepanjang Masa

Sabtu, 04 September 2021 21:00 WIB
5 Grup Wanita Dengan Konsep Girl Crush Paling Memukau Sepanjang Masa
ITZY dan (G)-IDLE (Credit: Instagram)

Kapanlagi.com - Setiap grup yang berada dalam industri musik K-Pop pasti memiliki gaya dan juga konsep masing-masing. Konsep dan gaya merupakan ciri khas dari grup tersebut. Dalam Industri ini umumnya grup memiliki dua gaya atau konsep yakni Girl Crush dan juga cute. Biasa hal tersebut ditentukan oleh agensi sesuai dengan lagu dan karakter personil.

Memiliki gaya yang nyentrik dan bold, membuat grup dengan konsep Girl Crush mudah diterima oleh masyarakat Internasional. Jika masyarakat Korea Selatan biasanya menyukai konsep yang fresh dan juga imut, hal tersebut berbeda dengan masyarakat Internasional  yang cenderung lebih suka konsep bold dan girl crush.

Tak banyak grup K-Pop yang memiliki konsep yang seperti itu, terkadang terdapat grup yang mencoba konsep tersebut tapi tidak cocok dengan karakter dan juga lagu mereka. Namun 5 grup ini merupakan girl grup dengan konsep yang memukau dan diakui oleh semua orang. Siapakah mereka?

1. 2NE1

Grup besutan YG Entertainment ini memang terkenal dengan konsep girl crush yang sangat luar biasa. Terlahir dari agensi yang memang memiliki ciri khas Hip-hop yang sangat kuat dan swag yang sangat kental. Tak heran jika 2NE1 merupakan girl grup dengan konsep girl crush paling legendaris.

2NE1 melakukan debut pada tahun 2009, dengan anggota CL, Bom, Minzy dan Dara. Namun, pada tahun 2016 Minzy memutuskan untuk keluar dan grup ini juga bubar pada tahun 2016. Ketika zaman itu, girl grup menggunakan konsep cute atau sexy, tapi 2NE1 menggebrak dunia K-Pop dengan konsep girl crush.

2. 4Minute

4Minute merupakan grup asal Korea Selatan asuhan CUBE Entertainment, yang dibentuk pada tahun 2009. 4minute terdiri dari lima anggota yakni Jihyun, Gayoon, Jiyoon, Hyuna dan Sohyun. Memiliki aura yang kuat serta lagu-lagu yang cukup menggambarkan girl crush, grup ini merupakan salah satu grup dengan konsep yang cocok dalam karakter masing-masing personil.

Lagu mereka seperti 'Crazy','Hot Issue' mengantarkan mereka pada posisi puncak kejayaan mereka. Memiliki leader dengan aura yang sangat kuat yakni HyunA menjadikan grup ini merupakan grup kenamaan Korea Selatan pada masanya, tapi grup ini harus bubar pada tahun 2016.

3. BLACKPINK

Sesuai dengan namanya BLACKPINK, grup ini memiliki dua konsep yang berbeda yakni BLACK yang berarti konsep girl crush dan juga swag, dan juga PINK yang berarti konsep yang ceria, fresh, dan imut. Dengan konsep tersebut BLACKPINK dapat mendapatkan jangkauan pasar yang luas dan popularitas yang semakin meningkat.

BLACKPINK debut pada tahun 2016 di bawah naungan YG Entertainment yang merupakan agensi yang memang dikenal dengan konsep swag, girl crush yang sangat matang. Memiliki banyak lagu hits yang memuncaki tangga lagu dunia membuat karir dan juga pencapaian BLACKPINK membuat grup ini mencapai puncak karir.

4. ITZY

Pada tanggal 13 Februari 2019 , grup beranggotakan lima gadis remaja itu mengungkapkan single digital perdana It'z Different pada media di Seoul, Korea Selatan. ITZY merupakan girl grup asuhan JYP Entertainment yang mengusung tema girl crush, hal ini berbeda dengan grup JYP Entertainment yang lain seperti Twice, dan Wonder Girl yang lebih mengusung konsep cute dan juga sexy.

Lagu-lagu yang dimiliki oleh ITZY seringkali bercerita mengenai menjadi diri sendiri, agar berani beda, dan tidak takut akan cibiran orang lain. Hal ini menjadi ITZY sebagai girl grup dengan tema girl crush yang cocok dengan lagu dan juga karakter dari setiap personil. ITZY sendiri baru saja comeback dengan lagu 'Mafia In The Morning' yang tema dan konsepnya sangat girl crush.

5. (G)-IDLE

(G)-IDLE merupakan  girl grup asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Cube Entertainment pada tahun 2018. Grup ini terdiri dari enam anggota yakni MiyeonMinnieSoyeonYuqiShuhua, dan Soojiin. Mereka memulai debut pada 2 Mei 2018 dengan album mini pertama berjudul 'I Am'. Grup dengan leader Soyeon ini merupakan grup dengan konsep girl crush yang sangat kental.

Lagu yang diciptakan oleh pemimpin mereka merupakan lagu dengan sentuhan girl crush yang sangat kuat. Konsep, musik video, serta lagu yang mereka bawakan menjadi satu kesatuan yang baik dan dapat mempresentasikan konsep girl crush mereka dengan baik. Tak hanya itu, aura alami yang terpancar membuat mereka masuk dalam konsep yang mereka buat.

Girl grup dengan konsep yang berbeda-beda menunjukkan bahwa mereka memiliki ciri khas masing-masing dan hal tersebut bukan untuk bahan membanding-bandingkan antara satu sama lain.

Ditulis Oleh: Andre'an Adhe Prastyo