Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

5 Idol KPop Ini Pernah Debut di Grup Lain, Kamu Udah Tahu Belum?

Editor KapanLagi.com   | Selasa, 15 Maret 2022 10:37 WIB
5 Idol KPop Ini Pernah Debut di Grup Lain, Kamu Udah Tahu Belum?
HyunA (credit: Instagram.com/@hyunah_aa), Kwon Eunbi(credit: Instagram.com/@silver_rain.__), Solji (credit: Instagram.com/@soul.g_heo)

Kapanlagi.com - Artikel ini ditulis oleh Aricha Safira Rachma

Menjadi seorang K-Pop idol tidaklah mudah. Mereka harus menjalani masa latihan yang cukup panjang agar mereka siap untuk ddidebutkan. Selain latihan yang cukup sulit, tantangan lainnya juga datang dari ketatnya persaingan di industri musik korea.

Proses untuk debut menjadi idol juga banyak. Ada yang murni mengikuti latihan hingga mengikuti acara survival. Idol yang sudah debut juga belum tentu langsung mendapatkan kesuksesannya.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Beberapa grup rela dibubarkan karena kurangnya atensi yang mereka dapatkan. Banyak faktor yang mempengaruhi. Mulai dari pemilihan waktu debut yang kurang tepat hingga grup tersebut memang belum cukup matang. Namun beberapa dari mereka masih ada yang tetap berjuang dan mengambil kesempatan kedua mereka untuk menjadi sukses dengan cara debut kembali. Inilah beberapa idol K-Pop yang debut lebih dari sekali.

1. HyunA

Gambar

Kim Hyun Ah atau sering dikenal dengan nama HyunA merupakan penyanyi, rapper, dan model asal Korea Selatan. HyunA yang kini berada di bawah naungan agensi milik PSY ini ternyata sudah pernah debut di dalam girl group sebelumnya.

HyunA awalnya memulai debutnya sebagai anggota Wonder Girls pada tahun 2007 yang diawasi oleh JYP Entertainment. Pada tahun 2008, ia meninggalkan JYP Entertainment dan grupnya dikarenakan kekhawatiran orangtuanya akan kesehatan HyunA.

Satu tahun kemudian, HyunA menandatangani kontrak dengan Cube Entertainment dan debut kembali sebagai anggota girlgroup 4Minute. Namun pada tahun 2016 4Minute dibubarkan dan HyunA meninggalkan agensinya pada tahun 2018.

Akhirnya pada tahun 2019 ia menandatangani kontrak dengan P Nation, agensi milik PSY, dan ia sekarang aktif sebagai penyanyi solo.

2. Mino WINNER

Gambar

Penyanyi kelahiran tahun 1993 ini dulunya adalah seorang underground rapper bernama Hugeboy Mino dan dia bertemu banyak teman idol dekatnya, seperti Zico Block B. Mino awalnya debut sebagai anggota grup BoM pada tahun 2011 dibawah naungan Y2Y Contents Company.

Sayangnya grup BoM hanya bertahan sebentar saja. Pada tahun 2013 BoM resmi dibubarkan. Setelah itu Mino akhirnya diterima di salah satu agensi terbesar di Korea Selatan, YG Entertainment. Ia berpartisipasi dalam suatu acara survival "WIN: Who Is Next". Mino akhirnya berhasil menjadi anggota tim pemenang dan resmi menjadi anggota WINNER.

3. Somin K.A.R.D

Gambar

Somin telah memiliki beberapa debut sebelum bergabung dengan K.A.R.D. Ia awalnya memulai debutnya di girl grup PURETTY, yaitu grup yang debut di Jepang pada tahun 2012, tetapi grup tersebut bubar 2 tahun setelah debut mereka karena agensi mereka, DSP Media menjanjikan untuk mendebutkan girl group baru.

Pada tahun 2015, Somin memulai debutnya dengan girl group April, grup yang telah dijanjikan oleh DSP Media, tetapi dia akhirnya keluar beberapa bulan setelah debut grup tersebut. Somin meninggalkan grup untuk menemukan dirinya sendiri, seperti bereksperimen dengan musik untuk menemukan yang paling cocok untuk dirinya sendiri. Lalu pada tahun 2016 Somin akhirnya debut dengan grup K.A.R.D hingga sekarang.

4. Kwon Eunbi IZ*ONE

Gambar

Kwon Eunbi memulai debutnya pada tahun 2014. Ia debut menjadi bagian dari girl group Ye-A. Sayangnya, Ye-A tidak terlalu sukses dengan debut mereka dan hanya merilis 1 single untuk keseluruhan diskografi mereka. Eunbi akhirnya meninggalkan grup dan akhirnya menandatangani kontrak dengan Woollim Entertainment.

Eunbi berpartisipasi dalam Produce 48 dan menjadi anggota IZ*ONE, di mana dia menjadi sangat sukses. Setelah kesuksesannya itu, ia akhirnya debut sekali lagi pada tahun 2021, kali ini sebagai solois.

5. Solji EXID

Gambar

Solji memulai debutnya pada tahun 2006 di salah satu grup milik agensi Friday Entertainment, 2NB. Grup ini merupakan grup duo vokal. Namun pada tahun 2012 2NB resmi dibubarkan dan Solji ditambahkan dalah grup bernama EXID.

Uniknya, Solji dulu merupakan pelatih vokal anggota EXID dan kini ia bergabung dengan grup itu. Solji juga bergabung dengan sub-unit bernama SoljiHani bersama salah satu anggota EXID, Hani.

Editor:   Editor KapanLagi.com