Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

5 K-Drama Ini Dipilih Para Pelaku Industri Hiburan Korea Sebagai yang Terburuk di 2021

Iwan Tantomi   | Selasa, 09 November 2021 20:22 WIB
5 K-Drama Ini Dipilih Para Pelaku Industri Hiburan Korea Sebagai yang Terburuk di 2021
Credit via SBS & JTBC

Kapanlagi.com - Bicara kualitas, drama Korea memang tak pernah mengecewakan. Selain melibatkan banyak bintang top, juga budget yang digelontorkan juga tak main-main. Namun, para pelaku industri hiburan Korea, tampaknya amat kritis dalam menilai kualitas drama Korea.

Selain memilih mana yang terbaik, para pelaku industri hiburan yang terdiri dari pihak agensi, wartawan dan produser konten, juga menentukan mana drama Korea terburuk di 2021. Penilaian itu pun ditentukan berdasarkan beragam aspek.

Sebanyak 200 para pelaku industri hiburan Korea berkompeten pun dilibatkan untuk voting mana drama Korea yang menurut mereka paling buruk di 2021. Sebagaimana lansiran media Korea Joy News 24, berikut daftar lengkapnya. 

1. JOSEON EXORCIST

Gambar

Di urutan pertama sebagai drama Korea yang dianggap paling buruk di 2021 adalah JOSEON EXORCIST. Drama ini mendapatkan 75 vote dari para pelaku industri hiburan Korea. Bukan tanpa alasan, drama ini mendapatkan kritikan pedas, hingga terpaksa dihentikan di tengah jalan.

Menurut para pelaku industri hiburan Korea, drama Korea ini sarat distorsi sejarah. Misalnya, alat peraga yang digunakan di atas meja dalam drama ini ternyata lekat dengan budaya Cina, bukan Korea.

Padahal, awalnya drama ini berkisah tentang penyegelan roh jahat di masa lalu. Ketika naik takhta, Raja Taejong harus bertarung dengan roh yang ia segel waktu muda. Sementara putranya, Pangeran Yangnyeong, yang menginginkan tahkta atas saudaranya, justru menjalin kontrak dengan sang roh.

2. THE PENTHOUSE: WAR IN LIFE

Gambar

Dari 200 voters, drama Korea ini mendapatkan 43 vote sebagai drama Korea terburuk di 2021. Dibandingkan musim pertama dan kedua, musim ketiga drama Korea ini sangat jeblok. Ini karena plot semakin tidak jelas, dan banyak karakter mati yang lucunya dihidupkan lagi. Tentu saja hal ini bikin penonton sangat kecewa.

Secara singkat, drama Korea ini bercerita tentang kehidupan kaum kelas atas di Korea yang tinggal di gedung mewah. Unit penthouse paling disegani, dimiliki pasangan Joo Dan Tae dan Shim Su Ryeon.

Namun, kehidupan mereka mulai kacau, setelah adanya kematian dan misteri di balik rahasia kelahiran, perselingkuhan, dan hal-hal lain yang tak terduga.

3. LOST

Gambar

Di urutan ketiga ada LOST yang mendapatkan 17 vote dari para pelaku industri hiburan Korea. Drama Korea yang dibintangi Jeon Do Yeon sebagai Bujung, bercerita tentang ghost writer berusia 40 tahun yang merasa tak punya pencapaian dalam hidup.

Ia berjumpa Kangjae (Ryu Jun Yeol), seorang pemuda yang galau karena usia mudanya hampir habis. Sementara ia belum menjadi apa-apa di usia 27 tahun. Drama ini dapat banyak kritikan karena plot yang datar hingga akhir episode.

Menanggapi hal ini, Ryu Jun Yeol justru berpendapat jika drama semacam ini sesekali harus ada, agar penonton terbiasa untuk menentukan kesimpulannya sendiri.

4. LOVE (FT. MARRIAGE AND DIVORCE)

Gambar

Selanjutnya ada LOVE (FT. MARRIAGE AND DIVORCE) yang dipilih sebagai drama terburuk keempat di 2021. Drama ini mendapatkan 10 vote dari para pelaku industri hiburan Korea.

Padahal, musim kedua drama ini sempat mengalami peningkatan rating nasional sebesar 16,582%, menjadikannya sebagai drama Korea di peringkat ke-8 tertinggi dalam tv kabel Korea.

Drama ini sendiri bercerita tentang cobaan dan kesengsaraan dalam pernikahan, termasuk perselingkuhan. Namun, plot dan karakter yang dinilai ketinggalan zaman, membuat drama ini justru banjir kritikan.

Terlebih drama ini juga menempatkan perempuan sebagai sosok yang lemah dalam rumah tangga. Meski begitu, drama ini justru berencana melanjutkan musim ketiganya di 2022.

5. SISYPHUS: THE MYTH & YOUNG LADY AND GENTLEMEN

Gambar

Di urutan kelima ada dua K-Drama yang dinilai para pelaku industri hiburan Korea, menjadi yang terburuk di 2021. Pertama ada SISYPHUS: THE MITH yang bercerita tentang insinyur jenius bernama Taesul (Cho Seung Woo). Ia mencoba menemukan kebenaran di balik kematian kakak laki-lakinya.

Taesul kemudian berjumpa dengan Seohae (Park Shin Hye), penjelajah waktu misterius yang membantunya menyelamatkan dunia. Hanya saja, plot yang penuh celah di sana-sani, bikin penonton kurang puas, hingga akhirnya membuat drama ini banjir kritikan.

Credit via KBS2Credit via KBS2

Sementara YOUNG LADY AND GENTLEMEN berada di posisi yang sama, karena plot yang terlalu umum. Bak kisah Cinderella, K-Drama ini membahas perempuan miskin yang penuh semangat dan pria lebih tua yang kaya raya.

Ji Hyun Woo yang berperan sebagai duda kaya dengan tiga anak, mempekerjakan seorang gadis muda dari keluarga bermasalah yang diperankan Lee Se Hee, untuk mengurus anak-anaknya. Akting Ji Hyun Woo yang kaku makin membuat K-Drama ini susah memikat penonton.

Baik SISYPHUS: THE MITH maupun YOUNG LADY AND GENTLEMEN sama-sama mendapatkan 7 vote dari para pelaku industri hiburan Korea, sebagai salah satu drama Korea terburuk di 2021.

Dari beberapa K-Drama tersebut, adakah yang sudah pernah kamu tonton dan akhirnya sepakat dengan pilihan para pelaku industri hiburan Korea tersebut, KLovers?

https://www.newshub.id/interactive2/2575

Reporter:   Iwan Tantomi